Soekarno-Hatta Masuk dalam Jajaran Bandara Terbaik Dunia Versi OAG Megahubs

Dengan pencapaian ini, tak berlebihan bila menjajarkan Bandara Soetta dengan Changi, bandara terbaik dunia yang kerap dapat penghargaan dari berbagai ajang.

Ditulis Oleh Echi

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Foto dari sini

Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam tiga kategori pemeringkatan bandara paling terhubung internasional versi OAG Megahubs Index 2018. Diketahui, OAG sendiri merupakan perusahan analisis perjalanan udara asal Inggris yang memberikan penilaian berdasarkan rasio penerbangan terjadwal paling banyak atau paling terkoneksi di dunia.

Baca juga: Wajah Bandara Soekarno-Hatta, dulu, kini, dan nanti

The OAG Megahubs International Index 2018 mengungkapkan 50 bandara yang paling terkoneksi secara internasional. Bandara diberi peringkat dengan membandingkan jumlah koneksi terjadwal ke dan dari penerbangan internasional dengan jumlah tujuan yang dilayani dari bandara.

Selama melakukan analisis, OAG memanfaatkan basis data jadwal paling komprehensif di dunia untuk membangun secara dinamis koneksi melalui platform analitik khusus, Connections Analyzer, dan lebih jauh disempurnakan oleh Tabel Pengecualian MCT (Minimum Connection Time) OAG.

Berikut penghargaan yang diperoleh Bandara Soekarno-Hatta dari OAG Megahubs Index 2018.

Terminal 3 bandara soekarno hatta. Foto dari detik.com

Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 2 Asia-Pasifik dalam kategori Top International Megahubs by Region

Melansir dari halaman oag.com, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat kedua kategori Top International Megahubs by Region Asia-Pasific. Pada kategori ini, Bandara Soekarno-Hatta memperoleh nilai indeks konektivitas 249. Nilai indeks ini berjarak 4 poin dari Bandara Internasional Changi, Singapura yang menduduki posisi pertama dengan nilai indeks konektivitas 253.

Bandara Soekarno-Hatta pun mendapatkan peringkat 10 sebagai bandara tersibuk di dunia

Dalam Top 50 International Megahubs, Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat ke-10 sebagai bandara tersibuk di dunia dengan nilai konektivitas 249. Bandara Soekarno-Hatta berada satu peringkat di bawah Bandara Charles De Gaulle, Paris, Perancis, di mana nilai indeks konektivitasnya sebesar 250.

Sedangkan, peringkat pertama diduduki oleh Bandara Heathrow, London, Inggris dengan nilai indeks konektivitas 333. Kemudian Bandara O’hare International, Chicago, Amerika Serikat (nilai indeks konektivitas 306); Bandara Frankfurt, Jerman (nilai indeks konektivitas 302); Bandara Schipol Amsterdam, Belanda (nilai indeks konektivitas 286).

Peroleh peringkat 2 kategori low-cost airport 

Terakhir, Bandara Soekarno-Hatta menduduki posisi ke-2 dalam kategori bandara dengan maskapai penerbangan berbiaya rendah dengan nilai indeks konektivias 92.

Posisi pertama kategori ini ditempati oleh Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), Malaysia dengan indeks konektivitas 135. Bandara Internasional Manila-Ninoy Aquino, Filiphina menempati posisi ketiga dengan nilai indeks konektivitas 91.

Sedangkan Bandara Changi Singapura di posisi 4 dengan nilai 82 dan Don Mueang berada di peringkat 5 dengan nilai 80.

Baca juga: Fakta Bandara Soekarno-Hatta dari masa ke masa yang belum Anda tahu

Dengan pencapaian tersebut, bukan hal yang berlebihan bila menjajarkan Bandara Soetta dengan Changi, bandara yang kerap langganan penghargaan dari berbagai ajang.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BANDARA SOEKARNO HATTA, tulisan lain Echi

PHINEMO AKAN MELUNCURKAN FITUR TERBARU AGAR ANDA DAPAT MEMESAN PAKET LIBURAN TERBAIK DENGAN MUDAH. MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK TAHU LEBIH BANYAK.

* indicates required

Tag : , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post