Foto-Foto Ini Tunjukkan Betapa Ekstremnya Suhu Dingin Ranu Kumbolo Saat Kemarau

Buat orang Indonesia yang biasa hidup di daerah tropis, keberadaan es di gunung emang jadi fenomena yang unik dan langka.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Ada satu hal unik yang bakal Kamu temui kalau sering naik gunung, yaitu suhu udara yang jauh lebih rendah atau dingin saat musim kemarau. Padahal kalau dipikir-pikir, saat musim kemarau justru nggak ada hujan, tapi kok bisa ya udaranya lebih dingin?

Ternyata ini ada hubungannya sama ilmu fisika. Di mana saat musim kemarau, uap air di bumi cenderung lebih rendah. Uap air ini merupakan salah satu penghantar panas yang baik, jadi saat jumlahnya berkurang maka makin sedikit juga panas matahari yang bisa sampai di bumi. Berbeda saat musim penghujan, suhu udara cenderung lebih tinggi karena tingkat uap air di udara juga cukup tinggi. 

Sekarang udah sedikit paham kan, kenapa saat musim kemarau suhu udara justru lebih rendah?

Nah, di beberapa tempat, biasanya akan terjadi penurunan suhu yang cukup drastis bahkan sampai minus. Salah satunya di Ranu KumboloSemeru, yang kadang suhu rendahnya yang ekstrem sampai membentuk salju atau es. 

Dan foto-foto ini bakal nunjukin betapa ekstremnya suhu di Ranu Kumbolo saat kemarau.

#1 Saat musim kemarau, kadang tenda pendaki di sekitaran Ranu Kumbolo bakal diselimuti salju 

salju di ranu kumbolo

Salju di atas tenda. Sumber foto

Waduh, nggak kebayang kan tidur di dalam tenda yang luarnya berselimut es? Nggak ada esnya aja udah dingin banget, apalagi ada esnya begini. Bbbrrrr….!

#2 Ketebalan saljunya juga nggak main-main, sampai bisa dibuat nulis kayak gini

salju di ranu kumbolo

Saljunya bisa dipakai buat nulis. Sumber foto

Kalau sampai bisa dipakai buat nulis begini, itu artinya saljunya tebel banget guys. Dan ini juga berarti kalau suhu udara di Ranu Kumbolo saat itu emang lagi rendah banget, bahkan sampai minus. 

#3 Nggak cuma bagian atas tendanya aja yang beku, tapi bagian bawah tendanya juga

salju di ranu kumbolo

Kayaknya dingin banget nih! Sumber foto

Gara-gara suhu ekstremnya, seluruh bagian tenda pendaki jadi berselimut es kayak gini. Makanya kalau Kamu lagi naik Gunung Semeru pas musim kemarau, mending sepatu dan peralatan lainnya masukin aja ke dalam tenda. 

#4 Butiran esnya juga nggak tanggung-tanggung, berasa kayak habis ambil es di kulkas

salju di ranu kumbolo

Butiran es di Ranu Kumbolo. Sumber foto

Esnya mirip sama yang ada di kulkasmu kan? Jadi pasti bisa bayangin deh gimana dinginnya Ranu Kumbolo kalau lagi musim es kayak gini. 

#5 Tidur di dalam tenda ini mungkin berasa kayak tidur di bawah selimut berlapis es

salju di ranu kumbolo

Salju merata di bagian luar tenda. Sumber foto

Meski kelihatannya cuma lapisan tipis, tapi percayalah kalau tidur di dalam tenda itu dinginnya kayak tidur di bawah lapisan es. Apalagi buat Kamu yang nggak terbiasa hidup di tempat yang udaranya rendah atau dingin.

#6 Makanya jangan lupa buat bawa pakaian tebal dan hangat kalau mau naik ke Semeru pas musim kemarau

salju di ranu kumbolo

Harus pakai baju super tebal. Sumber foto

Tuh kan, esnya tebel banget sampai bisa diambil pakai tangan gitu. Jadi jangan sampai lupa bawa pakaian atau jaket tebal kalau mau naik ke Semeru di musim kemarau ya, bulan Agustus-September. 

#7 Dari pada peralatan pendakianmu rusak karena tertimbun es, jadi mending masukin semua barangmu ke tenda 

salju di ranu kumbolo

Barang-barang juga diselimuti salju. Sumber foto

Masih mending kalau alat yang kena es masih bisa dipakai, kalau rusak gimana? Jadi rugi sendiri kan? Makanya jangan lupa buat masukin semua peralatan ke dalam tenda biar nggak ketimbun es kayak foto di atas.

8. Begini akibatnya kalau Kamu taruh peralatan sembarangan, pagi-pagi udah membeku

salju di ranu kumbolo

Cover tenda yang jadi beku, Sumber foto

Dan beginilah jadinya kalau Kamu sampai taruh barang sembarangan di luar tenda. Tahu-tahu udah ikut beku aja!

9. Rumput bersalju ini bakal jadi pemandangan cantik yang bakal susah Kamu dapetin di gunung lain

salju di ranu kumbolo

Rumput juga bersalju. Sumber foto

Salah satu keuntungan mendaki ke Gunung Semeru saat musim kemarau adalah, Kamu bisa melihat rerumputan di Ranu Kumbolo diselimuti es kayak gini. Cantik banget kan?

***

Buat orang Indonesia yang biasa hidup di daerah tropis, keberadaan es di gunung emang jadi fenomena yang unik dan langka. Makanya sesekali kamu bisa nyobain buat naik gunung pas kemarau, siapa tahu bisa ketemu fenomena ini. Tapi jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan keselamatan. Bawa perlengkapan dan peralatan yang memadai biar Kamu nggak hipotermia. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PENDAKIAN, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post