wah .. indahnya wisata danau talang kab. solok sumatera barat


Alam

Fadhil Rahmadhanil
1 Oktober Pukul 09:36

Solok, Sumatera Barat, Indonesia
Danau Talang
Budget : Free
Berfoto


Beberapa objek wisata yang bisa ditemui kala jalan-jalan ke Kabupaten Solok adalah Danau Di Atas, Danau Di Bawah, Danau Talang dan Gunung Talang. Kedua danau yang disebut pertama sering dikenal dengan nama Danau Kembar.

Beberapa kilometer dari Danau Kembar, ada sebuah objek wisata yang namanya Danau Talang. Lokasinya di Kenagarian Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Memang tidak seterkenal Danau Singkarak yang sudah go Internasional yang berasal dari Sumatera Barat juga, namun keindahannya tak kalah indahnya. Dikelilingi dengan pemandangan Gunung Talang dari danau tersebut, dan dengan air danau yang sangat jernih, menjadikan Danau Talang salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi jika suatu saat mampir ke Kabupaten Solok di Sumatera Barat.

Danau Talang juga terlihat sunyi, dengan ekosistem ikan yang tak terlalu banyak di dalamnya. Ada batu-batuan di sekitar danau dan Gunung Talang di sisinya. Gunung Talang ini pernah meletus, dan bebatuan di sekitar danau diyakini berasal dari sisa-sisa letusan gunung tersebut.

Memang agak sulit untuk bisa mencapai objek wisata Danau Talang di Solok ini. Bisa ditempuh melalui simpang Polsek Danau Kembar. Jauhnya kira-kira sekitar 3 sampai 4 kilometer, namun dengan kondisi jalan yang banyak lubangnya. Lebih baik jika menggunakan sepeda motor untuk datang ke sana. Mobil hanya bisa mencapai jalanan yang pada akhirnya buntu.

Yang mengasyikkan, adalah kondisi cuaca di sekitar danau yang sejuk. Karena posisi Solok yang berada di dataran tinggi, makanya banyak penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani sayur mayur dan menghasilkan sayur untuk wilayah Solok dan sekitarnya. Jika anda jalan-jalan ke Danau Talang, bisa sekaligus membelinya ke petani di sekitar lokasi objek wisata.

Untuk bisa mencapai hingga bibir dadanu, Anda diharuskan berjalan kaki menempuh beberapa puluh menit di jalan setapak dengan rumput dan tanaman liar. Hati-hati dengan batu kerikil, jangan sampai anda terpeleset.

Ketika sampai, tak jarang anda akan menemukan beberapa orang penduduk lokal yang sedang mencari ikan dengan sampannya. Kabarnya, ikan di Danau Talang besar-besar. Dalam sehari, beberapa kilogram ikan bisa didapatkan oleh nelayan. Kabupaten Solok, indah dengan danau-danau yang dimilikinya, karena kabupaten ini berjuluk Negeri Seribu Danau.
Satu lagi Danau ini , danau kecil seluas 5 km persegi ini adalah bekas dari salah satu kawah Gunung Talang. Danau ini terletak di Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar. Air danau ini sangat jernih, Danau ini patut anda jika suatu saat mampir ke Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
jika dilihat dari puncak Gunung Talang, maka Danau yang terkecil dan paling dekat adalah Danau Talang, Danau disebelah kirinya adalah Danau Bawah, sedangkan yang paling jauh adalah danau Ateh. Pemandangan 3 danau ini sangat cocok dijadikan background foto anda jika berada di puncak Talang disamping Hutan Mati.

rugi nggk mampir kesini..


Saran buat yang pengen coba

rugi lo.. klo nggk pernah kesini ,, krn disini masih bnyak tempat yang alami tanpa polusi.. sambil nikmatin danau talang, and juga dapat menikmati 3 danau sekaligus dengan duduk tenang minum kopi


Hashtag

#solok_travelling


Join our community or log in now to start posting replies!

Komentar

Belum ada komentar




Post Terkait








Hapus Komentar

Kamu yakin akan menghapus komentar ini?