Peduli Lingkungan Wisata Kawah Ijen


Alam

rela agustin
9 Oktober Pukul 08:03

Banyuwangi
Kawah ijen
Budget : Free
Mendaki, melihat blue fire, melihat sunrise, camping


Kawah Ijen merupakan salah satu pesona alam yang menakjubkan di Indonesia. Kawah Ijen juga sedang di optimalkan promosinya sebagai destinasi unggulan Indonesi. Hal tersebut terbukti dengan munculnya destinasi Kawah Ijen di vidio pariwisata Wonderful Indonesia yang terbaru. Sehingga banyak turis mancanegara dan masyarakat lokal yang ingin menyaksikan langsung keindahan alam dan keunikan penambang belerang tradisional di Kawah ijen.

Pesona dari Kawah Ijen tak hanya itu saja. Blue Fire, merupakan fenomena alam yang sangat indah dan tidak mudah ditemui. Dan isu yang tersebar api biru tersebut hanya dapat ditemukan di Kawah Ijen, sedangkan di Hawai dikabarkan tidak bisa disebut blue fire.

Akan tetapi ribuan wisatawan yang datang setiap harinya ke Kawah Ijen secara tidak langsung memberikan dampak negatif terhadap wisata tersebut. Pariwisata yang baik merupakan industri yang menjaga lingkungannya. Karena lingkungan itulah yang sebenarnya dijual. Jika lingkungan sudah rusak destinasi tersebut tentunya tidak dapat berkembang.

Dengan pengunjung yang sebanyak itu akan ada banyak pula pencemaran oleh limbah sampah yang dapat merusak pandangan, sikap penduduk yang tidak ramah, dan juga pergerakan tanah menjadi padat tidak berpori. Hal tersebut tidak pernah terfikirkan dampak panjangnya. Fenomena blue fire dapat terjadi karena gas bumi yang keluar dari pori-pori bumi. Jika setiap hari terjadi kelebihan daya muat maka akan menutup pori bumi. Dan dampaknya? Blue fire tidak dapat kita jumpai lagi. Inginkah itu terjadi?

Tentunya tidak. Karena setiap daerah wisata tentunya memiliki kemampuan daya muat atau daya angkutnya. Maka dari itu hal tersebut dapat di cegah dengan pengadaan pembatasan kuota atau carrying capacity di wisata Kawah ijen.


Saran buat yang pengen coba

Kawah Ijen memiliki pesona alam yang menakjubkan maka dari itu, kita harus peduli dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah, merusak lingkungan, dan peduli akan banyaknya kunjungan


Hashtag

#Mendaki #berpetualang #pedulilingkungan


Join our community or log in now to start posting replies!

Komentar

Belum ada komentar




Post Terkait








Hapus Komentar

Kamu yakin akan menghapus komentar ini?