KERENNYA SPOT WAYAG DI WADUK BAJULMATI


Wisata Kota

indra dian
7 Januari Pukul 22:10

Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
Waduk Bajulmati
Budget : Free
bersepeda, berkeliling, berfoto, jalan-jalan, memancing, dll


Hai.. para pencinta wisata
SALAM PARIWISATA - WONDERFUL INDONESIA
.
Jika rekan-rekan traveller sudah menikmati wisata yang ada di seluruh kota di Indonesia, Cobalah untuk mampir dan menunjungi wisata yang satu ini yaitu Waduk Bajulmati. Wisata waduk rersebut terletak di perbatasan Wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Uniknya di Waduk tersebut memiliki sebuah bendungan bertipe Center Core Fill Dam yang eksotis sekali, dan memiliki gundukan-gundukan tanah yang meyerupai pulau-pulau kecil di tengah Waduk sehingga mirip dengan Raja Ampat di Papua ( fersi kecilnya ^^ ). Tetapi, ada satu lagi keunikan yang harus diketahui Waduk ini juga memiliki kelihaian pemandangan ketika memasukinya. Jika kita sudah pernah ke Pantai Pandawa Bali, pastinya sudah tahu bahwa bangunan tebing batu besar danjalan yang berbelok-belok, tetapi di wisata Waduk ini juga ada dan hampir menyerupai dengan pantai pandawa ketika kalian memasukinya. Waduk tersebut memiliki luas berkisar 113 hektar, bisa menampung 10 juta meter kubik air, dan di poyeksikan untuk mengairi lahan pertanian seluas 1.800 hektar terbagi untuk 1.400 hektar dalam area Banyuwangi dan 400 hektarnya untuk area Situbondo.

Adapun fasilitas yang diberikan adalah rest area yang dnikmati adalah Balai Begong yang terdapat di patung gandrung di atasnya. Banyak para pengunjung untuk beristirahat disana dengan menyantap makan siangnya sambil menikmati indahnya pendangan alam di area tesebut. Jika , rekan-rekan kesana saya sarankan untuk membawa bekal sendiri, karena disana tidak adatempat kedai untuk berjualan di area Waduk tersebut. Untuk fasilitas-fasilitas lain masih belum diberikan.

Hal lain harus dikmati rekan-rekan traveler yaitu pemandangan savana diatas bukit. Terlihat sudut pandang yang jelas membentuk perbukitan dengan pola-pola yang indah. Jika diperdalam lagi sama dengan melihat Raja Ampat di Papua. Juga terdapat samar-samar pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Ijen yang berada di Banyuwangi Kota. Adapun di pandang dari timur yaiti terlihat jelas Gunung Baluran yang gagah dan nampak dekat. Lokasi ini merupakan spot selfie faforit karena sekilas bukitnya yang tergenang mirip Wayag Raja Ampat.

Untuk bisa mencapai ke tujuan wisata tersebut jika dari arah Banyuwangi, Banyuwangi Kota - Pelabuhan Ketapang - Pantai Watu Dodol - Desa Bangsring - Desa Bengkak - Desa Wongsorejo - Desa Alasmalang - Desa Sumber Anyar - Desa Sidodadi - Pasar Bajulmati - Desa Bajulmati - Desa Wonorejo - Pintu Masuk Taman Nasional Baluran setelah melewatinya kira-kira 8 menit, kiri jalan ada gapra dan gerbang masuk Waduk Bajul Mati. Untuk rekan-rekan yang menggunakan transportasi Bus, bisalangsung menuju jurusan Situbondo.

Biaya Masuk ke wisata Waduk Bajul Mati hanya berkisar Rp. 5000 , untuk pengguna Sepeda Motor dan Rp. 10.000 untuk pengguna Mobil.


Saran buat yang pengen coba

Satu lagi yang harus kalian pahami Waduk ini mempunyai multi fungsi selain sarana irigasi, penyediaan air baku, penahan banjir, dan pembangkit listrik berkekuatan mikro hido 340 kilowatt.


Hashtag

#waduk #wadukbajulmati #situbondo_banyuwangi #pesonaindonesia


Join our community or log in now to start posting replies!

Komentar

Belum ada komentar




Post Terkait








Hapus Komentar

Kamu yakin akan menghapus komentar ini?