KEINDAHAN ALAM YANG MEMPESONA


Alam

Cory Febdela Ulya
8 Oktober Pukul 20:47

Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Air Terjun Telunjuk Dewa Raung terletak di Dusun Mangaran
Budget : Rp. 6.000
berfoto, berkeliling, nongkrong, berenang, menikmati keindahan alam


“UNTUK LIBURANMU YANG LUAR BIASA JANGAN LEWATKAN BERKUNJUNG KE AIR TERJUN TELUNJUK DEWA RAUNG”
Apa yang terlintas jika mendengar kata BANYUWANGI ? pasti “Blue Fire dan Red Island”
Namun perlu kalian ketahui selain Blue Fire dan Red Island yang menggoda mata, Banyuwangi juga memiliki Air Terjun Telunjuk Dewa Raung dengan keindahan alam yang mempesoana. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung terletak di Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun ini dinamakan Air Terjun Telunjuk Raung karena tepatnya di lereng Gunung Raung dengan ketinggian 20 meter. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik yakni menyerupai telunjuk orang dewasa. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung ini mata airnya langsung bersumber dari Gunung Raung itu sendiri, sehingga dinginnya air dan kebersihan air ini menambah suasana kealamian yang dijamin mampu menentramkan hati serta memberikan nuansa kenyawanan bagi wisatawan. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa, apabila mandi dengan menggunakan air tersebut akan membuat seseorang menjadi awet muda.
Pepohonan yang siap menyambut mulai jalan menurun sampai tibanya di air terjun, memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Bukit ini menjadi pemasok oksigen utama yang akan bekerja sama menambah suasana keasrian dan kesejukan. Pepohonan-pepohonan yang ada, mendiskripsikan bahwa detinasi yang ada di Desa Mangaran ini sangat bebas dari polusi, yang benar-benar sanagat mendukung Air Terjun Telunjuk Raung sebagai wisata alam. Keunikan air terjun ini semakin terbukti, dimana dibalik air terjun ini terdapat goa yang belum diketahui kedalamannya DAN KONON DIDALAM GUA TERSEBUT ADA SEBUAH AIR JATUH MEMBENTUK TIRAI YANG DINAMAKAN AIR TERJUN TIRAI PUTRI serta di area depan setelah area parkir, terdapat banyak pepohonan yang kokoh. Pepohonan ini dimanfaatkan oleh pengelola sebagai tempat untuk meletakkan hal unik lainnya, yakni Rumah Pohon. Rumah pohon yang dibangunpun bukan sekedar rumah pohon yang kecil dan sempit. Rumah pohon ini dibuat dengan arsitektur yang sangat baik, akan muat apabila dinaiki beberapa pengunjung dengan tetap mempertahankan keleluasaannya.
Kondisi jalan yang sudah ada perbaikan, sehingga lebih memudahkan kita untuk menuju ke destinasi wisata telunjuk raung ini, tidak seperti 1 tahun yang lalu jalan masih berupa tanah, bebatuan terjal, dan naik turun. Dalam perjalanan wisatawan kurang lebih 4 km dari pusat pemantauan Gunung Raung, wisatawan akan disuguhi dengan hamparan perkebunan tebu dan cegkeh milik Tirta Harapan. Perkebunan ini menjadi pesona tersendiri, ini yang akan menghibur para wisatawan diawal perjalanan mereka. Betapa kayanya desa ini akan sumber makanan, ditunjukkan dengan persawahan yang ditanami dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan seperti, bawang merah dan bawang putih, seledri, buah strobery dan durian, serta bunga kol. Hal ini menjadikan desa mangaran sebagai lokasi Air Terjun Telunjuk Raung semakin menarik.


Saran buat yang pengen coba

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung sangat cocok untuk berfoto, selain itu cocok juga untuk mengajak keluarga, kerabat, pasangan untuk bersantai menikmati kesejukan, keasrian dan kealamian yang disuguhkan.


Hashtag

#airterjun #rumahpohon #telunjukraung #gunungraung #alam


Join our community or log in now to start posting replies!

Komentar

Belum ada komentar




Post Terkait








Hapus Komentar

Kamu yakin akan menghapus komentar ini?