Bukit Mungil Yang Extreme


Petualangan

Ridwan Arifin Mojjins
6 Juli Pukul 14:25

Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Gunung Munara
Budget : Free


Buat pecinta Hiking tempat ini sangat cocok untuk sekedar melepas kangen apabila belum bisa pergi keluar kota untuk naik gunung-gunung ternama seperti Prau, Semeru, Slamet, Papandayan dan Ciremai, DLL. 


Letaknya tidak jauh dari Ibukota DKI Jakarta hanya sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua. Kenapa saya kasih judul Bukit Mungil Yang Extreme? secara ketinggian Bukit/Gunung Munara memang tidak terlalu tinggi hanya 367 MDPL (ada yang bilang sekitar 1000an meter) tapi pendapat saya setelah saya mendaki lebih klop ketinggian 367 MDPL daripada 1000an meter. Bukit/Gunung Munara ini benar-benar menguras energi saya, banyak sekali tanjakan setan (mungkin agak lebay) yang terdiri dari jalan bebatuan berpadu dengan tanah liat. Saya sangat tidak sarankan untuk kesini saat musim hujan, karena pasti akan licin sekali dan sangat berbahaya. Bukit Munara terdiri dari 3 pos dan setelah pos 3, perjalanan dilanjutkan menuju puncak yang terdiri dari beberapa puncak batu (Batu Adzan, Batu Belah, Bukit Bintang) "Info dari warga sekitar".  Saya mencoba menaiki 2 Puncak yaitu Batu Adzan yaitu puncak yang terdiri dari bukit batu menjulang keatas yang untuk menaiki-nya mesti meniti tali yang kebetulan sudah disediakan di puncak ini, mirip-mirip rock climbing lah.

Lalu saya lanjutkan menaiki Puncak Bukit Bintang, puncak ini adalah puncak paling tinggi yang ada di Bukit Munara, analisa saya kenapa dinamai bukit bintang mungkin karena kalau anda camping diatas puncak ini (kapasitas hanya 1-2 tenda saja) bisa melihat milky way.

Kesimpulan saya tentang bukit ini sangat cocok untuk pecinta hiking yang belum ada waktu keluar kota bisa untuk melepas rindu disini karena pendakian kesini bisa dilakukan ODT (One Day Trip) bahasa Travelnya.


Saran buat yang pengen coba

Buat yang mau kesini lebih bagus pakai kendaraan roda dua walaupun roda 4 juga bisa sih nanti parkir di deket rumah-rumah warga.


Rute kesini kalau dari Jakarta lebih enak lewat Pondok Indah lurus Lebak Bulus ikutin jalan terus hingga Ramayana Ciputat tetap ikutin jalan hingga sampai Pasar Parung lalu ambil jalan ke arah Ciseeng Rumpin, kalau bingung bisa pakai panduan GPS kok karena Bukit Munara sudah ada di GPS.

Untuk menaiki Bukit Munara anda tidak perlu bingung stock logistick banyak warung di sepanjang perjalanan walaupun harga lebih mahal sedikit tapi anggap saja ongkos yang jualan naik bukit. Bahkan di atas Puncak Bukit Bintang ada warung kok, jadi ayo tunggu apalagi anda bisa Ngopi sambil makan bala-bala atau Indomie rebus diatas Puncak sambil menikmati pemandangan sekitar.


Join our community or log in now to start posting replies!

Komentar

Belum ada komentar




Post Terkait








Hapus Komentar

Kamu yakin akan menghapus komentar ini?