facebook pixel

Inilah Wujud Rumah Rapunzel di Dunia Nyata

Di Kalimantan dan di Klaten ternyata ada! Keren banget!


” I’ve been looking out of a window for eighteen years, dreaming about what I might feel like when those lights rise in the sky.”-Rapunzel

Kamu tahu sebuah film animasi berjudul Rapunzel? Itu tuh film yang mengangkat cerita seorang putri berambut panjang yang dikurung oleh seorang wanita (yang mengaku ibunya) di atas sebuah menara. Nih, lihat foto ini dulu biar tahu.

rumah rapunzel di dunia nayata

Rapunzel, pangeran, dan menara. Sumber foto

Dalam kisahnya, Rapunzel tinggal di atas menara tanpa pintu, tanpa tangga, dan tak seorangpun bisa ke atas puncak menara di mana Rapunzel tinggal. Ia makan dan minum dari keranjang yang ia timba menggunakan rambut panjangnya, yang diberikan oleh penculiknya.

Yang jadi tanda tanya besar adalah apakah di dunia ini ada rumah mirip dalam film Rapunzel?

Jawabannya ada! Setelah kami menelusuri dunia (maya) #halah, kami menemukan ada beberapa rumah di atas bukit mirip dalam film Rapunzel. Rumah itu ada di Georgia, Yunani dan bahkan Indonesia! Rumah-rumah ini tegak berdiri di atas tebing tinggi dan konon ditinggali manusia. Yuk intip di bawah ini!

Ditinggali oleh seorang bikkhu, ternyata rumah Rapunzel di Georgia ini dibangun demi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan

rumah rapunzel

Rumah di atas tebing mirip dalam film Rapunzel. Sumber foto

Rumah mirip dalam Film Rapunzel ini dikenal dengan sebutan Pilar Katskhi. Rumah ini berdiri di atas ketinggian 40 meter dan ditinggali oleh seorang bhikkhu bernama Maxime Qavtaradze hingga saat ini.

Ia telah tinggal sejak tahun 90’an dan hidup di sana. Katanya sih biar bisa lebih dekat dengan Tuhan. Wow keren banget ya!

rumah rapunzel

Tangga menuju rumah. Sumber foto

Untuk bisa naik ke rumah ini Kamu harus naik tangga besi, sesampainya di atas Kamu bisa melihat pemandangan super keren di sana. Yang lebih penting lagi, di atas Kamu nggak cuma bisa melihat satu rumah saja, tapi gereja juga. Banyak sekali jemaat datang ke sini untuk beribadah dan mencari ketenangan.

rumah rapunzel

Di depan Rumah. Sumber foto

Memasuki rumah, Kamu bakal menemukan barang mewah. Nggak cuma itu saja, di dalam rumah juga terdapat beragam fasilitas layaknya rumah beneran. Wow!

rumah rapunzel

Kamar di dalam Rumah. Sumber foto

Beralih ke Indonesia, dua rumah di atas tebing ini juga sering dibilang mirip rumah Rapunzel

Di Indonesia juga ada rumah Rapunzel di atas tebing juga lho gaes. Rumah Rapunzel ini berada di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan Desa Wisata Jimbung Klaten.

Rumah mirip dalam Film Rapunzel di Kalimantan ini dinamakan Rumah Jomblo

rumah rapunzel

Rumah Jomblo Kalimantan. Sumber foto

Rumah Jomblo ini sekilas memang bikin penasaran. Mengapa bisa ada rumah di atas tebing ya? Kata warga setempat sih rumah itu ditinggal sama penghuninya sejak adanya penggalian dan pengembangan perumahan disekitar tempat itu. Setelah ditinggalkan, tempat itu dijadikan tempat istirahat para tukang, lalu ditinggalkan.

Terlepas dari kisah dibalik munculnya rumah ini, yang jelas banyak sekali wisatawan yang datang ke pemukiman ini untuk berfoto karena keunikannya.

Di Klaten, rumah kosong di atas tebing ini dinamakan dengan ‘Rumah Demit’

rumah rapunzel

Wow keren banget! Sumber foto

Kenapa ya dinamakan rumah demit? (demit: setan) Menurut warga sekitar, rumah ini sudah berdiri sejak zaman Belanda menjajh Indonesia. Sejak Indonesia merdeka, rumah ini ditinggalkan dan konon ditinggali oleh para demit.

Meskipun sering dibilang angker, namun rumah ini nyatanya sangat unik dan sering jadi tempat foto para wisatawan.

Terakhir, rumah Rapunzel di Yunani yang keren banget buat jadi tempat foto-foto

rumah rapunzel

Keren banget! Sumber foto

Layaknya film animasi, rumah Rapunzel di Yunani ini tegak berdiri di atas tebing yang sangat tinggi.

Rumah ini punya sebutan sendiri di Yunani, yaitu Meteora. Meteora adalah kompleks biara-biara ortodok Timur paling besar dan paling penting di Yunani. Disini ada enam biara dan dibangun di atas pilar batu alami di Thessaly, Yunani Tengah.

rumah rapunzel

Banyak wisatawan datang ke sini. Sumber foto

Saat ini Meteora menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan sering jadi tontonan para turis dari berbagai negara.

***

Wow, nggak nyangka ya ternyata di dunia nyata ada rumah mirip dalam film. Lucu sekaligus aneh.

Baca juga:

banner experience