facebook pixel

Selalu ada banyak rencana sebelum pergi mendaki.

Pengen lihat sunrise yang cantik, sambil duduk santai dan nyeruput kopi. Tapi, selalu ada juga hal yang bikin rencana Kamu gagal. Bisa jadi karena cuaca, bisa jadi juga karena emang Kamu yang males.

Nah ini dia beberapa rencana yang biasanya cuma tinggal rencana dan nggak bisa direalisasikan saat naik gunung. 

#1 Sebelum berangkat semangat banget, udah rencana pengen jalan cepet biar cepet sampai puncak juga

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Maunya sih jalan cepet, tapi baru selangkah udah capek. Sumber foto

Eh tapi ternyata baru jalan sebentar udah ngos-ngosan. Boro-boro jalan cepet sampai puncak, bisa sampai puncak aja udah bersyukur banget. Akhirnya sih jalan pelan-pelan aja, yang penting bisa sampai puncak dengan selamat. 

Dari pada maksain buat jalan cepet tapi malah bikin celaka, kan malah bikin bahaya. 

#2 Pengen foto di puncak sama sunrise dan pemandangan cantik yang biasa Kamu lihat di internet, bahkan udah nyiapin pose foto yang keren juga

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Tahunya di puncak malah mendung dan badai. Sumber foto

Ternyata malah cuaca lagi nggak mendukung, tiba-tiba mendung, dan nggak bisa dapet momen sunrise yang udah diimpikan dari awal pendakian. Lebih parah lagi malah kena badai. Udah gagal foto sama sunrise, harus kehujanan pula.

Tapi ini nggak bikin Kamu patah semangat, justru bikin Kamu makin matang buat mempersiapkan pendakian selanjutnya. Dengan cari waktu yang pas, jadi nggak zonk!

#3 Maunya sih bangun pagi, ngopi cantik sambil lihat pemandangan indah di gunung

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Lupa sama rencananya malah asyik tidur. Sumber foto

Kenyataannya malah molor sampe siang karena udah kecapean. Kadang udah bangun pun males buat keluar tenda karena dingin, alhasil malah tarik sleeping bag dan lanjut tidur lagi. 

Bangun-bangun matahari udah tinggi, jadi males mau ngapa-ngapain karena cuaca udah mulai panas. 

#4 Bawa makanan banyak, niatnya sih biar bisa nyemil dan nggak kelaparan pas mendaki

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Logistik banyak, akhirnya malah dibawa pulang lagi. Sumber foto

Padahal nggak tahunya pas pulang makanan masih banyak di dalam tas. Ada biskuit, roti, sampai mie juga masih utuh belum tersentuh. Kadang ngerasa sia-sia udah bawa berat-berat tapi nggak dimakan.

#5 Udah berniat buat masak ini itu pas lagi naik gunung, biar nggak melulu makan mie

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Ujung-ujungnya yang dimasak cuma mie. Sumber foto

Kenyataannya kadang tetep mie juga yang dimasak. Karena simpel dan nggak ribet, udah gitu nggak butuh waktu lama buat masaknya. 

Biasanya sih kalau Kamu udah bawa sayuran, ujung-ujungnya dipake buat campuran masak mie. Ada yang sering kayak gini?

#6 Ngarepnya naik gunung buat ngelupain mantan atau gebetan

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Bukannya lupa malah tambah inget sama mantan. Sumber foto

Eh ternyata pas sampai di gunung malah tambah inget kenangan pas naik gunung bareng mantan. Haduh, gagal move on deh jadinya!

Makanya lain kali kalau habis putus sama mantan Kamu yang pendaki, mending nggak udah naik gunung. Bikin tambah inget!– Hehe..

#7 Sengaja naik gunung sekalian nyari gebetan, siapa tahu gitu ada yang bisa diajakin kenalan terus bisa digebet

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Dan akhirnya cuma diem nggak berani ngajakkenalan. Sumber foto

Tapi ternyata selama di gunung nggak ketemu orang yang bisa dikecengin. Atau ada juga yang ketemu tapi malah Kamu-nya yang nggak  berani ngajak kenalan karena saking groginya.

Ya udah alhasil pulang-pulang dengan tangan kosong, rencana cuma tinggal rencana aja!

#8 Dari rumah udah rencana mau santai di gunung, nikmatin suasana yang sepi sambil ngopi 

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Ngarepnya sepi ternyata rame. Sumber foto

Seketika rencana itu buyar waktu tahu kalau ternyata gunungnya rame banget. Jangankan bisa cari tempat santai yang sepi, dapet tempat buat bangun tenda aja udah sukur banget. 

Ekspektasi Kamu tentang santai leha-leha sambil minum ngopi di gunung tiba-tiba sirna gitu aja. Kecewa!

#9 Mendaki gunung pengennya biar makin deket sama Sang Pencipta, niatnya mau sholat 5 waktu pas lagi muncak

rencana pendakian yang nggak sesuai ekspektasi

Yang niatnya mau sholat 5 waktu di gunung, ternyata lupa! Sumber foto

Tapi selalu kelewatan jam sholat. Bahkan kadang malah nggak sholat sama sekali karena udah terlanjur males. Mending tidur karena capek dan dingin, enakan juga tidur sambil pake SB. Kadang juga lupa sama kewajiban karena terlalu fokus sama puncak dan pemandangan yang cantik!

Duh, ini nggak boleh ditiru. Kalau Kamu pernah khilaf kayak gini juga, jangan diulangin lagi ya gais!

***

Kadang emang banyak  rencana yang udah Kamu bikin jauh-jauh hari gagal waktu udah di gunung. Bisa jadi karena emang faktor cuaca, bisa jadi karena diri Kamu sendiri. Tapi yang jelas, meski banyak rencana yang gagal dieksekusi, naik gunung itu selalu asyik dan selalu punya cerita yang beda. 

Baca juga:

banner experience