17 Gunung di Indonesia yang Perlu Kamu Coba Daki, Setidaknya Sekali Semasa Hidup

Rekomendasi gunung di Indonesia dari Valentine Dinar ini bisa jadi panduan untuk Kamu yang masih bingung mau naik ke gunung mana!

Ditulis Oleh Rizqi Y

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya banyak gunung dan pegunungan. Ini tak lepas dari pengaruh wilayah Indonesia yang masuk dalam jalur pertemuan lempeng dunia (Lempeng Benua Asia di kawasan Barat dan Lempeng Benua Australia di kawasan Timur), sehingga banyak menghasilkan rangkaian gunung api. Indonesia sendiri dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Makanya, nggak heran kalau di Indonesia ada begitu banyak gunung. 

gunung di indonesia

Sebaran gunung berapi di Indonesia. Sumber foto

Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, ada gunung yang layak dan tak layak di daki. Berikut di antaranya 17 gunung cantik layak daki rekomendasi dari Valentine Dinar (27), salah satu pendaki gunung wanita yang juga admin aktif dari Komunitas Pendaki Gunung Indonesia Raya (KPGIR).

#1 Gunung Rinjani dengan keindahan segara anaknya

gunung di indonesia

Valentine Dinar di Puncak Rinjani. Foto oleh Valentine Dinar

Kenapa Kamu harus mendaki ke Gunung Rinjani? Karena Rinjani merupakan salah satu gunung dengan banyak spot indah, dari savana yang luas, bukit penyesalan, segara anak sampai hutan lebat. Semua ini bisa dinikmati kalau pendaki lewat jalur Senaru. 

Di Gunung Rinjani sendiri sebetulnya ada jalur pendakian lain, yaitu jalur Torean dan Sembalun. 

#2 Merasakan sensasi naik Gunung Binaiya dari mulai titik 0 mdpl 

gunung di indonesia

Puncak Binaiya. Foto oleh Valentine Dinar

Kalau kebanyakan gunung bisa didaki dari ketinggian ribuan mdpl, maka tidak dengan Gunung Binaiya. Untuk mendaki gunung ini, Kamu harus berjalan kaki dari titik 0 mdpl. Di sepanjang Taman Nasional Manusela, Kamu akan banyak menemukan berbagai jenis hutan, mulai dari vegetasi hutan lumut, vegetasi hujan dataran rendah dan vegetasi hujan pegunungan.
Ada dua jalur pendakian resmi yang bisa ditempuh pendaki, yaitu Desa Piliana (sisi selatan) dan Desa Kanikeh (sisi utara). Tapi memang selama ini jalur pendakian utara jauh lebih populer. 

#3 Gunung Argopuro yang memiliki sisa-sisa kerajaan jaman dahulu

gunung di indonesia

Berhasil sampai di Puncak Argopuro. Foto oleh Valentine Dinar

“Salah satu gunung yang menarik, karena ada peninggalan sisa-sisa kerajaan jaman dahulu di puncak Rengganis, meski sekarang sudah tak utuh lagi,” cerita Valentine Dinar.

Gunung Argopuro ini juga menjadi gunung yang memiliki jalur pendakian terpanjang di Jawa. Ada dua jalur pendakian yang aktif digunakan untuk pendakian, yaitu Bremi dan Baderan. Salah satu panorama yang bisa dinikmati kalau mendaki lewat jalur Baderan adalah padang sabana Cikasur. 

#4 Gunung Raung yang konon memiliki jalur summit terekstrem

gunung di indonesia

Jalur menuju Puncak Gunung Raung. Foto oleh Valentine Dinar

Pendaki yang senang dengan tantangan pasti tak akan melewatkan Gunung Raung. Tapi yang jelas untuk mendaki ke gunung ini Kamu harus menyiapkan alat pengaman diri yang lengkap untuk bisa sampai di Puncak Sejati. 

Panorama kaldera yang begitu luas akan menjadi obat untuk semua usaha kerasmu setelah mendaki dengan jalur yang ekstrem. Ada dua jalur pendakian yang bisa ditempuh pendaki, yaitu jalur Kalibaru dan Sumber Waringin. 

#5 Gunung Semeru yang menjadi tempat bersemayamnya para dewa

gunung di indonesia

Bersyukur tiba di Puncak Semeru. Foto oleh Valentine Dinar

Hal mengesankan bagi Valentine Dinar saat mendaki Gunung Semeru adalah keindahan Ranu Kumbolo dan juga trek pendakian menuju puncak yang cukup ekstrem. Butuh tekad, keyakinan, semangat dan juga tenaga lebih untuk bisa berpijak di puncaknya. Karena memang jalur pendakian menuju puncak merupakan kawasan berpasir gembur dengan kemiringan hampir 75 derajat. 

Tapi berdasar peraturan terbaru TNBTS, untuk saat ini pendaki hanya boleh mendaki sampai di Kalimata saja dan pintu gerbang pendakian hanya lewat Ranu Pane. Peraturan ini dibuat demi keamanan pendaki, karena kawah Semeru memang masih sangat aktif. 

#6 Gunung Kerinci dengan jalur pendakian “merangkak”-nya

gunung di indonesia

Mensyukuri anugerah Tuhan di Puncak Kerinci. Foto oleh Valentine Dinar

Gunung yang berada di Jambi ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Untuk mencapai Puncak Indrapura, pendaki harus melewati jalur pendakian dengan cara memanjat akar pepohonan dan merangkak (pendaki biasa menyebutnya dagu bertemu lutut). 

Jalur pendakian untuk Gunung Kerinci ada dua, yaitu jalur Kersik Tuo dan jalur Solok. Tapi biasanya pendaki lebih banyak menggunakan jalur Kersik Tuo. 

#7 Gunung Slamet yang terkenal dengan keangkerannya

gunung di indonesia

Gerbang pendakian Gunung Slamet. Foto oleh Valentine Dinar

Pendaki yang belum pernah ke Gunung Slamet pun pasti tahu, bahwa di gunung ini ada satu pos yang terkenal sangat angker yaitu pos Samarantu. Tapi selama pendaki nggak macam-macam, sebetulnya tak jadi masalah.

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan hampir di sepanjang jalur pendakiannya selalu menanjak. Jadi siapkan fisik yang kuat sebelum mendaki ke gunung ini ya! Jalur resmi pendakian Gunung Slamet adalah jalur Bambangan, sedangkan jalur ilegal yang masih sering digunakan pendaki adalah Gunung Malang, Baturraden, Guci, dan Dukuh Lewung.

#8 Gunung Latimojong yang konon memiliki tumbuhan peninggalan dewa

gunung di indonesia

smapi juga di Puncak Latimojong. Foto oleh Valentine Dinar

Banyak hal yang akan ditemui pendaki saat naik ke Gunung Latimojong di Kabupaten Enrekang Sulawesi ini, di antaranya hutan lumut dan juga pohon kalpataru yang konon sering disebut sebagai tumbuhan peninggalan dewa. Tumbuhan ini sering dijumpai di antara pos 3 dan pos 4.

Tak perlu repot membawa banyak air saat mendaki gunung ini, karena di pos 2 Kamu akan bertemu dengan sumber air yang cukup deras. Jalur yang bisa ditempuh pendaki adalah jalur Desa Karangan.

#9 Gunung Papandayan yang menakjubkan dengan hutan matinya

gunung di indonesia

Tegal Alun Gunung Papandayan. Foto oleh Valentine Dinar

“Dengan hutan matinya dan area luas yang di tumbuhi edelweis di Tegal Alun membuat kita merasa berada di tempat yang paling indah,” ungkap Valentine Dinar.

Ya, salah satu yang menjadi daya tarik Gunung Papandayan adalah kawasan hutan mati dan Tegal Alun. Bahkan saking terkenalnya hutan mati, tempat ini sering digunakan sebagai spot untuk foto prewedding. Untuk mendaki ke Gunung Papandayan, pendaki bisa lewat Camp David dari Alun-alun Cisurupan.

#10 Gunung Merbabu yang memesona saat savananya mulai menghijau

gunung di indonesia

View Gunung Merapi dari Puncak Merbabu. Foto oleh Valentine Dinar

Saat paling tepat untuk mendaki Gunung Merbabu adalah setelah musim hujan, di mana padang savananya mulai menghijau. Gunung ini memang dikenal sebagai gunung dengan padang savana terindah di kalangan para pendaki. Untuk mencapai padang savana ini pendaki harus mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Selo. Jalur ini juga dikenal sebagai jalur terindah yang ada di Merbabu. 

#11 Gunung Sumbing yang selalu membuat “kapok” pendaki

gunung di indonesia

Puncak Sumbing yang bikin kapok. Foto oleh Valentine Dinar

Gunung yang masuk dalam kawasan Temanggung dan Wonosobo ini memang sering membuat pendaki kapok. Alasannya karena gunung ini memiliki jalur pendakian yang terjal dan tanjakannya pun tak habis-habis. Tapi begitu sampai di puncak rasanya puas. 

Salah satu pos yang paling terkenal di Gunung Sumbing adalah pos pestan atau pasar setan yang konon menyimpan banyak cerita mistis. Untuk sampai ke puncak pendaki bisa menggunakan tiga jalur pendakian yaitu jalur Garung, Cepit Parakan dan Bogowongso. 

#12 Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat

gunung di indonesia

Selfie di Puncak Ciremai. Foto oleh Valentine Dinar

Ya, Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat. Gunung ini memiliki tiga jalur pendakian resmi di antaranya Linggarjati, Pelutungan, dan Apuy. Jalur Linggarjati merupakan jalur pendakian yang paling berat. Namun setelah sampai di puncaknya, Kamu akan bisa melihat kawah dari puncaknya. 

#13 Gunung Lembu dengan view waduk Jatiluhur

gunung di indonesia

Senja di Gunung Lembu. Foto oleh Valentine Dinar

Ketinggiannya memang hanya 792 mdpl, tapi dari atas Gunung Lembu ini Kamu bisa menikmati pemandangan waduk Jatiluhur yang cantik. Sebetulnya Gunung Lembu ini lebih bisa disebut sebagai bukit. Tapi bukit ini cocok juga untuk pendaki asal Jakarta dan sekitarnya yang rindu dengan ketinggian tapi tak punya banyak waktu dan tenaga untuk mendaki gunung yang tinggi. 

#14 Gunung Gede dengan lembah Surya Kencananya

gunung di indonesia

Berpose di Puncak Gunung Gede. Foto oleh Valentine Dinar

Lembah Surya Kencana, tempat di mana pendaki bisa menikmati keindahan edelweiss sampai puas. Lembah ini juga yang menjadi daya tarik pendaki untuk mendaki ke Gunung Gede. Surya Kencana juga digunakan pendaki sebagai tempat untuk camping. 

#15 Gunung Pangrango dengan lembah kasih Mandalawanginya

gunung di indonesia

Air panas di jalur pendakian Gunung Pangrango. Foto oleh Valentine Dinar

Gunung ini masuk dalam satu kawasan dengan Gunung Gede. Lembah kasih Mandalawangi menjadi satu spot paling terkenal di Pangrango. Bahkan ada juga puisi yang menceritakan tentang keindahan Mandalawangi ini yang diciptakan oleh Soe Hok Gie. 

Mandalawangi ini juga jadi spot untuk menikmati keindahan edelweiss, dan juga air panas di jalur pendakiannya. 

#16 Gunung Parang dengan via ferrata tertinggi kedua se-Asia

gunung di indonesia

Selfie di Gunung Parang. Foto oleh Valentine Dinar

Gunung Parang Purwakarta merupakan batuan andesit yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan climbing (via ferrata). Bahkan, via ferrata yang ada di Gunung Parang ini merupakan yang tertinggi kedua se-Asia. 

Pastinya akan memberikan pengalaman mendaki yang sama sekali beda!

#17 Bukit Batas dengan panorama lanskap yang cantik

gunung di indonesia

Seringd ibilang Raja Ampatnya Kalimantan. Foto oleh Valentine Dinar

Bukit Batas terletak di Riyam Kanan Kalimantan Selatan. Banyak yang menyebutkan bahwa Bukit Batas ini merupakan Raja Ampatnya Kalimantan. Sebab dari atas bukit ini pendaki bisa melihat indahnya panorama sungai dan hijaunya pepohonan. 

***

Dari ketujuh belas gunung di atas, mana yang ingin Kamu daki untuk memperingati hari kemerdekaan RI esok? Yang pasti rekomendasi dari Valentin Dinar ini belum mencakup semua gunung yang ada di Indonesia. Jadi Kamu juga bisa kasih beberapa rekomendasi ke pendaki lain di kolom komentar. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang GUNUNG, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post