facebook pixel

PT. Kereta Api (KA) Wisata yang merupakan anak perusahaan PT. KAI meresmikan gerbong khusus bernama kereta wisata prioritas pada Jumat (4/8). Tiket gerbong ini nantinya bisa dipesan secara personal, tak harus rombongan atau pemesanan 1 gerbong seperti sebelum-sebelumnya. Gerbong khusus kereta wisata prioritas tersebut melayani rute Jakarta (Gambir) – Solo PP dan Jakarta (Gambir) – Yogyakarta PP.

Kereta api wisata dengan trayek Gambir – Jogja – Solo akan beroperasi setiap akhir pekan

kereta wisata personal

Potret kereta wisata personal. Sumber foto

Kereta wisata perorangan yang baru diluncurkan 4 Agustus 2017 lalu sementara baru melayani trayek yang terbatas dan hanya beroperasi saat akhir pekan. 

“Untuk awal peluncuran ini, kami memang baru melayani trayek Gambir – Jogja – Solo. Yang mana nanti akan dijalankan saat akhir minggu dan dirangkaikan dengan kereta penumpang yang satu relasi,” ungkap Listiono, Humas PT. KA Wisata.

Kereta wisata yang diperuntukan bagi perorangan ini memang baru bisa dinikmati di trayek Gambir – Jogja dan Gambir – Solo. Untuk kereta wisata dengan tujuan Gambir – Jogja akan dirangkaikan dengan kereta api Argo Lawu. Sedangkan untuk trayek Gambir – Solo akan disambungkan dengan kereta api Taksaka Malam. Kereta wisata ini akan beroperasi mulai hari Jumat malam. 

Untuk Minggu malam, pemberangkatan dari Jogja dan Solo tujuan Gambir juga akan disambungkan dengan kereta penumpang. 

“Kalau dari Jogja akan ikut rangkaian kereta Taksaka Malam, dan untuk Solo – Gambir mengikuti rangkaian Argo Dwipangga karena kereta itu yang berangkatnya malam,” tambah Listiono.

Nikmati harga promo untuk setiap penumpang di awal peluncuran kereta wisata

kereta wisata personal

Nikmati harga promonya. Sumber foto

Beberapa saat lalu sempat tersebar kabar tentang promo diskon 10% untuk pembelian tiket kereta wisata perorangan ini. Namun saat kami mengonfirmasi tentang kebenaran berita tersebut, justru informasi lain yang kami dapat. 

“Untuk diskon 10% itu bukan promo dari kami PT. KA Wisata. Tapi promo diskon 10% tersebut dari agen-agen penjualan tiket di luar, ” jelas Listiono.

Meski kabar tentang promo ini tidak benar, tapi di awal peluncuran kereta api wisata ini, calon penumpang memang bisa menikmati tarif promo. Dari harga normal yang seharusnya Rp900.000, penumpang cukup membayar Rp750.000 saja. 

“Harga promo ini akan berlaku sampai dengan akhir bulan Oktober nanti,” tambah Listiono

Perbedaan fasilitas kereta wisata carter (rombongan) dan perorangan

kereta wisata personal

Beda fasilitas kereta wisata personal. Sumber foto

Kereta wisata sendiri sebetulnya bukan produk baru dari PT.KAI, karena sebelumnya sudah ada layanan kereta wisata rombongan dengan sistem carter. Jadi dengan kereta wisata rombongan ini, calon penumpang bisa menyewa satu kereta (gerbong) dengan kapasitas 19 – 28 orang. Biaya yang dikeluarkan untuk carter satu kereta adalah Rp17.500.000. 

Calon penumpang juga bisa menyewa lebih dari tiga kereta, yang nantinya akan dibuatkan jadwal tersendiri oleh pihak PT. KA Wisata. Selama perjalanan nantinya penumpang bisa mengajukan permintaan, apabila ingin berhenti di stasiun tertentu. 

Berbeda dengan kereta wisata perorangan, biaya yang dikeluarkan untuk masing-masing penumpang adalah Rp750.000 (promo) atau Rp900.000 (harga normal). Dalam setiap rangkaian kereta api, disediakan tiga kereta untuk penumpang khusus kereta wisata, yang mana masing-masing kereta memiliki kapasitas 30 orang. 

Perbedaan fasilitas yang didapatkan dari kereta wisata rombongan (carter) dan perorangan adalah:

Kereta wisata rombongan:

  • Makan prasmanan (untuk jarak menengah – jauh)
  • Snack (jarak pendek)
  • Welcome drink
  • Layanan karaoke sepanjang perjalanan
  • Pelayanan crew khusus
  • Petugas khusus OTC (Kebersihan)

Kereta wisata perorangan:

  • Makan malam nasi box
  • Welcome drink
  • Pelayanan crew khusus
  • Petugas khusus OTC (Kebersihan)
  • Teh dan kopi sepuasnya selama perjalanan

Bagaimana cara memesan tiket kereta api wisata perorangan ini?

kereta wisata personal

Cara pesan tiket kereta wisata personal. Sumber foto

Untuk memesan tiket kereta wisata perorangan, calon penumpang bisa mengakses langsung ke situs website resmi PT. KA Wisata. Bisa juga datang langsung ke Gedung Jakarta Railway Center di Jl Ir H Juanda 1B no 8, Jakarta Pusat di dekat Stasiun Juanda.

Untuk calon penumpang yang tak punya banyak waktu dan ingin memesan lewat telepon bisa menghubungi nomor 021-3452310 dengan menekan ekstensi 105. 

banner experience