Sidebar

Belum Ada Acara Buat 17 Agustusan? Ikut Program Volunteer Aksi Tepian Negeri Saja

Yuk mencoba kegiatan baru di hari kemerdekaan!

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Foto berasal dari sini

Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan program volunteering yang terpusat di daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia.

Aksi Tepian Negeri 2016 terfokuskan di Pulau Enggano, Bengkulu

Kegiatan terpusatkan di pulau Enggano yang merupakan pulau terluar Provinsi Bengkulu. Selain Pulau Enggano, pulau-pulau terluar lain pun tetap menjadi perhatian Ditjen Kelautan seperti Pulau Siberut, Pulau Subi Kecil, Pulau Sebatik, Maratua, Lingayan, Marore, Kakorotan, Bepondi, Panambulai, Liran, Alor, Masela, Selaru, Larat, Kolepom, dan Pajenekang.

Kegiatan berlangsung pada 13 Agustus hingga 17 Agustus 2016

Acara yang bertajuk Aksi Tepian Negeri ini berlangsung dari tanggal 13 Agustus hingga 17 Agustus 2016. Program volunteering ini bisa diikuti oleh siapapun termasuk wisatawan dan warga lokal.

Relawan berhak memilih pulau terluar sesuai dengan minat

Setiap relawan akan terjun langsung di pulau-pulau yang mereka pilih. Nantinya, para relawan akan melakukan program-program yang telah ditetapkan.

Nantinya, relawan wajib melakukan program yang telah ditetapkan panitia Aksi Tepian Negeri

Program tersebut meliputi kelas inspirasi, aksi bersih pantai, pemutaran film tentang lingkungan, gerakan rumah baca, dan monitoring terumbu karang. Tidak semua pulau menjalankan program tersebut. Sebagai contoh, gerakan monitoring terumbu karang hanya dilakukan di Alor dan Maratua. Kamu juga bisa memilih program yang kamu suka lho.

Selain turun langsung membantu masyarakat di daerah tepian negeri, relawan juga bisa menyumbangkan dana, buku, atau pun barang-barang lain yang dibutuhkan masyarakat.

Yang perlu kamu tahu, biaya transportasi dan makan selama di sana ditanggung peserta

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar di sini. Yang patut kamu perhatikan, panitia hanya menyediakan penginapan selama di lokasi saja. Transportasi menuju pulau terluar dan biaya makan ditanggung oleh peserta.

Program ini hanya untuk mereka yang berjiwa sosial dan nasionalis tinggi

Aksi Tepian Negeri ini bertujuan untuk membangkitkan kembali jiwa nasionalisme masyarakat pulau terluar serta menyampaikan rasa kepedulian kita pada masyarakat di pulau terdepan. Jika kamu adalah orang yang memiliki jiwa nasionalis dan sosial yang tinggi, Aksi Tepian Negeri bisa menjadi wadah untuk menyampaikan idemu dalam bentuk aksi nyata.

Baca juga:

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Cara Unik Traveler Menghindari Biaya Bagasi Pesawat

Cara Mengatasi Stres Terbaik: Kembali ke Alam!

Drone Dapat Sebabkan Kecelakaan Pesawat, Benarkah? Ini Jawabannya

Pedra de Gavea, Tempat Selfie Paling Berbahaya di Dunia

Banjarbaru Buka Sentra Oleh-oleh Baru

Prediksi Tren Wisata yang Akan Naik Daun Tahun 2018

FALLBACK
The END