Persaingan Bisnis Pariwisata Indonesia Membaik, Ini Alasannya

Daya saing bisnis pariwisata Indonesia mengalami kenaikan signifikan (Instagram/@nusatrip).

Secara umum, daya saing pariwisata Indonesia di Asia Tenggara mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan Vietnam dan Filipina. Namun Indonesia tetap saja masih kesulitan jika harus mengejar ketertinggalannya dengan negara raksasa pariwisata seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. Indonesia memiliki setidaknya tiga keunggulan di bidang pariwisata yaitu (1) wisata alam; (2) harga terjangkau; dan (3) keterbukaan internasional.

Indonesia sangat kaya akan wisata alam seperti gunung, pantai, hutan, danau, bahkan gurun pasir sekalipun. Indonesia menempati posisi 14 dunia sebagai negara dengan daya saing wisata alam terbaik. Sedangkan di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat dua dibawah Thailand.

Dari sisi harga, daya saing wisata Indonesia diperingkat lima dunia. Sudah sejak lama bahwa biaya hidup di Indonesia terbilang relatif terjangkau dibandingkan negara lainnya. Hal ini kaitannya dengan nilai tukar Rupiah yang masih rendah dibanding beberapa mata uang dunia lainnya. Dengan biaya hidup yang murah, Indonesia akan menjadi tujuan favorit wisatawan dunia karena persaingan harga sangat penting dalam indeks daya saing pariwisata suatu negara.

Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik dengan hampir seluruh negara di dunia. Sebanyak 77 negara telah memberikan fasilitas bebas visa untuk mengunjungi Indonesia. Hal ini akan semakin membuka lebar pintu untuk wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Dalam rangka untuk meningkatkan daya saingnya dengan pasar pariwisata dunia ada dua hal yang harus dilakukan yakni memperbaiki infrastruktur dan memperbanyak jumlah hotel. Jika kedua hal ini terus digenjot oleh pemerintah bukan tak mungkin pariwisata Indonesia akan mengungguli negara raksasa pariwisata lainnya.

Melihat kondisi bahwa kondisi daya persaingan pariwisata Indonesia yang kian membaik tentunya memberi angin segar bagi setiap pelaku bisnis pariwisata. Hal ini mengindikasikan bahwa bisnis pariwisata akan selalu menjamin keuntungan bagi setiap pelakunya. Bagaimana apakah anda tertarik?

Anda yang sedang merintis bisnis pariwisata dan masih bingung karena belum menemukan media promosi yang tepat, kini tak perlu lagi khawatir. Bergabunglah bersama kami di Phinemo Marketplace, kami menyediakan wadah bagi anda untuk mempromosikan produk anda secara gratis. Daftar sekarang di link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar