facebook pixel

Menjadi salah satu bagian dari 10  Bali Baru, akses menuju abjek wisata Danau Toba semakin diperbaiki. Perbaikan ini dilakukan agar danau vulkanik terbesar kedua di dunia ini semakin berkembang.

danau toba

Foto dari sini

Jalur kereta sepanjang 127 kilometer akan membawa para wisatawan menuju Danau Toba dengan mudah

Jalur kereta sepanjang 127 kilometer dari Medan ke Pematang Siantar via Lubuk Pakam dan Tebing Tinggi akan dibangun sebagai salah satu cara percepatan 10 Bali Baru.

Hiramsyah Sambudy Thaib, Ketua Pokja Percepata 10 Bali Baru mengatakan bahwa proses pembangunan jalur semakin baik. Kementerianpun juga telah melakukan rapat koordinasi untuk mempercepat pembangunan jalur kereta ini.

Jalur lama akan dimanfaatkan untuk akses ke Danau Toba

Berdasarkan keterangan Hiramsyah, saat ini masih terdapat jalur lama MedanSiantar yang beroprasi sekali sehari. Nantinya, jalur akan diteruskan ke Parapat dan bisa menjadi alternatif menuju ke Danau Toba, baik dari Medan maupun Kualanamu.

Hal ini sangat memungkinkan karena jarak tersebut hanya 40 kilometer dari jalur lama.

Pembangunan jalur kereta api ini akan serius digarap agar mampu bersaing dengan destinasi wisata kelas dunia

Melihat perkembangan Danau West Lake di China dan Danau Victoria Lake di Afrika menjadi salah satu alasan mengapa Danau Toba harus bisa bersaing dengan danau-danau vulkanik kelas dunia. Apalagi, Danau Toba lebih berpotensi, baik dari segi keindahan maupun budaya.

***

Selain Danau Toba, tiga kawasan dalam daftar 10 Bali Baru lainnya pun akan mendapatkan prioritas pembangunan infrastruktur, mulai dari akses jalan, akses baku dan sanitasi.

banner experience