Malam Ini, Pawai Lampion Cap Go Meh di Singkawang!

Pawai lampion cap go meh di Singkawang akan digelar pukul 19.00 dengan rute berkeliling Kota Singkawang. Peserta pawai tak hanya dari Singkawang, namun juga dari luar kota.

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

Rangkaian acara perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat endekati masa-masa puncaknya. Malam ini, Rabu, (28/2) akan digelar pawai lampion cap go meh di Singkawang.

Gerbang Cap Go Meh terbesar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat dihiasi lampion. (Foto/Edo Pavo).

Baca juga: Ini susunan acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2018 

Acara akan dimulai pukul 19.00 dengan rute keliling Kota Singkawang. Pawai lampion cap go meh menjadi salah satu sajian atraksi yang ditawarkan dalam puncak perhelatan akbar di kota kecil yang dikenal dengan seribu kelenteng ini.

Ada 56 kendaraan hias dengan aksesoris lampion khas Imlek dan 9 replika naga lampion tercatat akan memeriahkan pawai ini.

Untuk rute pawai lampion cap go meh, seluruh peserta akan berkumpul terlebih dahulu di Kantor Wali Kota Singkawang.

Dari titik kumpul tersebut, peserta selanjutnya akan melewati Jalan Firdaus, Jalan Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, Jalan Nusantara, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kalimantan, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Stasiun dan berakhir di Gedung Happy Building di Jalan GM Situt.

Menurut keterangan Humas Panitia Imlek dan CGM 2569, Yoris Anes, tahun ini peserta pawai lampion cap go meh yang ikut berpartisipasi tak hanya dari kota Singkawang saja, tetapi juga dari luar Kota Singkawang.

Baca juga: Jembatan Kaca Singkawang, destinasi menarik untuk wisatawan yang rayakan Cap Go Meh di Singkawang

“Iya tidak dari Singkawang saja, ada juga dari Jawa, Bengkayang dan beberapa daerah lain,” jelas Yoris, Rabu (28/2).

Yoris menambahkan, pawai lampion cap go me tersebut juga tidak hanya diikuti oleh masyarakat Tionghoa saja, tapi juga dari berbagai kalangan.

“Seluruh lapisan masyarakat mendapatkan kebahagiaan menyaksikan Pawai Lampion Cap Go Meh kali ini, itu harapan kami,” pungkas Yoris.

Rekomendasi tempat wisata di Singkawang

Kota Amoi, Kota Seribu Kuil atau Hong Kong van Borneo, begitulah orang menyebut Kota Singkawang. Kota yang tiap tahunnya selalu dibanjiri puluhan ribu wisatawan saat perhelatan tahun baru imlek maupun cap go meh. Singkawang sendiri menjadi salah satu pusat penyelenggaraan perayaan imlek di Indonesia, selain digelar juga di kota lain seperti Semarang dan Jakarta. Hal ini karena Singkawang menjadi tempat tinggal etnis Tionghoa terbesar di Indonesia.

Kota Singkawang sendiri berasal dari kata San Kew Jong atau biasanya dibaca Shan Kou Yang. Kata ini memiliki arti gunung mulut laut, yang artinya Kota Singkawang merupakan kota yang berada di antara gunung dan laut. Karena kondisi geografis inilah Kota Singkawang punya banyak pilihan destinasi alam yang menggoda untuk dijelajahi.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Singkawang yang tak boleh dilewatkan:

Baca juga: Deretan Wisata Favorit di Pontianak dan Sekitarnya

Danau Biru Singkawang

Danau Biru, tempat wisata di Singkawang yang asyik untuk berfoto. Foto oleh @claudiyana

Danau Biru merupakan tempat wisata di Singkawang yang hampir mirip dengan Danau Aik Bara di Bangka atau Danau Kaolin di Belitong. Warna air yang hijau kebiruan membuat Danau Biru jadi salah satu tempat favorit untuk berfoto para wisatawan.

Danau Biru berada di sekitar Roban, tepatnya 6 km dari pusat Kota Singkawang. Tak terlalu jauh dan tak terlalu sulit dijangkau oleh wisatawan yang sedang berada di pusat kota. Selain panorama air birunya yang cantik, pepohonan hijau di skeitar Danau Biru juga membuat suasana di sekitar danau makin indah dan asri.

Pantai Pasir Panjang

Bersantai di Pantai Pasir Panjang. Foto oleh @nanangsuryaillahi

Salah satu tempat wisata di Singkawang dengan nuansa alam adalah Pantai Pasir Panjang yang terletak di Kecamatan Singkawang Selatan, sekitar 17 km dari Singkawang. Seperti pantai pada umumnya, pantai ini tampak begitu cantik dengan pasir putihnya yang lembut dan barisan pohon kelapa yang menari indah saat terpapar angin laut. Di bagian tepi pantai juga terdapat beberapa batuan yang mempercantik Pantai Pasir Panjang ini.

Tak hanya menyediakan panorama alam yang cantik, Pantai Pasir Panjang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari restoran, hotel dan beberapa cottage.

Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura yang asyik untuk camping. Foto oleh @unikuu_

Pantai Kura-Kura memiliki garis pantai landai dan ombak yang cukup besar. Berpasir putih agak kecoklatan, pantai ini kerap dijadikan sebagai tempat berenang wisatawan. Beberapa pengunjung juga biasanya menikmati pantai ini dengan duduk santai di gazebo tepi pantai, atau ada juga yang camping di sekitara pantai.

Meski sudah cukup ramai pengunjun, tempat wisata di Singkawang yang satu ini terbilang bersih dan tearawt dengan baik. Pemandangan yang bisa dinikmati selain ombak yang berdebur adalah adanya pulau-pulau kecil di seberang yang masih terlihat dari Pantai Kura-Kura ini.

 

Sinka Island Park

Pantai Banjau di Sinka Island park. Foto oleh @ericaquenn

Sinka Island Park adalah salah satu tempat wisata di Singkawang tepatnya di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Sinka Island Park termasuk destinasi wisata favorit di Singkawang karena paket wisata yang lengkap. Mulai dari kebun binatang, pantai dan kolam renang.

Sinka Zoo, merupakan kebun binatang mini yang memiliki koleksi berbagai jenis hewan. Ada setidaknya 200 ekor binatang dengan 62 jenis spesies yang berbeda. Untuk wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai bisa langsung menuju ke Pantai Banjau yang terletak tak jauh dari Sinka Zoo. Pantai ini berkarakter bebatuan di bagian tepi pantai, jadi kurang cocok untuk area berenang.

Baca juga: Pulau Lemukutan, Mutiara Tersembunyi di Kalimantan Barat

Wisatawan juga bisa berjalan menyusuri dermaga panjang untuk menyeberang menuju ke Pulau Simping. Sebuah pulau kecil yang ternyata menyimpan keindahan bangunan klenteng di dalamnya.

 

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU