Sidebar

Pantai Mandeh Segera Bangun Wisata Kereta Gantung

Kawasan Pantai Mandeh sedang berbenah menjadi lebih baik lagi, dengan rencana pembangunan wisata cable car.

SHARE :

Ditulis Oleh: Desti Artanti

Daerah tujuan wisata Pantai Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyimpan segudang potensi wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah tinggi. Kawasan seluas kurang lebih 34.000 hektar ini, mempunyai banyak spot untuk berwisata dan menikmati keindahan alamnya, seperti Puncak Mandeh, wisata dengan menggunakan perahu, Taman Laut Mandeh, dan masih banyak lagi.

Foto diambil dari sini

Pantai Mandeh yang terletak di Kanagarian Telukraya Setara Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan ini, sedang berbenah untuk menjadi destinasi wisata yang ramah wisatawan. Sedikitnya, terdapat 10 pulau di kawasan wisata ini, dimana 4 pulau diantaranya berada di wilayah Padang dan sisanya berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni Pemkab Pesisir Selatan merencanakan akan membangun wisata kereta gantung di Pantai Mandeh ini dan akan menjadi kawasan eko wisata yang mensejahterakan penduduk setempat, Pemkab Psisir Selatan, dan Pemprov Sumatera Barat. Potensi wisata baharinya cukup luar biasa. Didukung dengan hasil perikanan laut yang melimpah, memadai untuk pasokan akomodasi dan kuliner pariwisata.

Saat ini Pemkab Pesisir Selatan sedang memperlebar infrastruktur jalan di di kawasan pariwisata tersebut. Mulai dari pintu gerbang kedatangan sampai seluruh kawasan wisata yang disebutkan di atas. Beberapa lereng bukit yang jalannya sempit di potong (cut) tebingnya lalu ditimbun (fill) ke lokasi rendah.

Pemerintah pusat menggelontorkan dana APBN 2016 ini untuk revitalisasi jalan lingkungan Pantai Mandeh hingga Rp200 miliar lebih. Saat ini kondisi jalan di sekitar lokasi wisata ini masih dalam kondisi jalan tanah dan sirtu sebagian, namun tetap bisa dilewati mobil minibus.

Kawasan Mandeh Menuju Destinasi Internasional

Kawasan Mandeh mempunayi potensi yang besar di bidang baharinya, dimana Anda bisa melakuakan berbagai macam olahraga air, seperti snorkeling, scuba diving, sky air, banana boat, dan beragam lainnya. Keindahan bawah laut Mandeh memang sudah tidak diragukan lagi, terlebih di kawasan tersebut terdapat bangkai kapal Boelongan peninggalan Belanda yang karam di kawasan tersebut.

Selain keindahan wisata bahari, terdapat pula wisata hutan mangrove seluas 400 hektare, yang bisa Anda nikmati dengan berwisata menggunakan perahu. Dari Kota Pekanbaru, lokasi Pantai Mandeh yang juga disebut sebagai Raja Ampatnya Pulau Sumatera ini bisa ditempuh melewati Payakumbuh-Bukittinggi-Padang dan tiba di Pantai Mandeh sebelum memasuki Kota Painan.

Kawasan wisata mandeh sejatinya telah banyak dikenal baik di ranah nasional bahkan internasional. Pembangunan dan pengembangan berbagai fasilitas di sana termasuk kereta gantung menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Suku Minang, Etnis Petualang yang Mendirikan Negara Filipina

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang, Makanan Terenak di Dunia

Kelok 9 Payakumbuh, Konstruksi Jalan Super Megah di Sumatera Barat

Alasan Mengapa Orang Minang Memiliki Kebiasaan Suka Merantau

7 Hal Tentang Rumah Makan Padang yang Belum Kamu Ketahui

FALLBACK
The END