facebook pixel

Nusa Lembongan, Eksotisme Lain dari Pulau Bali yang Selalu Bikin Kangen!

Bali nggak cuma tentang Ubud dan Kuta, karena di Nusa Lembongan Kamu bakal nemuin sesuatu yang beda dari Bali!


Percayalah bahwa Bali lebih indah dari apa yang sekadar terlihat di lensa.

Bali selalu jadi primadona tersendiri di kalangan para traveler. Tapi biasanya mayoritas dari mereka datang ke Bali cuma ke tempat-tempat yang udah umum, kayak misalnya Ubud, Kuta atau Gianyar. Padahal keindahan Bali nggak terbatas di situ aja. Ada beberapa pulau kecil yang pesonanya nggak kalah cantik, seperti salah satunya Nusa Lembongan. 

Nusa Lembongan merupakan bahasa Bali yang artinya Pulau Lembongan. Nusa Lembongan ini terletak di Selat Badung sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau ini punya panjang 4,6 km dan lebar 1–1,5 km dan berada kira-kira 11 km di sebelah tenggara Bali.

Nah pasti banyak yang nggak tahu nih kalau ternyata di Nusa Lembongan ini ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan, kayak misalnya:

Mencicipi liburan “mewah” di Nusa Lembongan dengan Day Cruises

day cruises nusa lembongan

Salah satu cruise di Nusa Lembongan. Sumber foto

Menemukan kapal-kapal cruise di Lembongan Bali itu nggak susah. Bahkan kalau Kamu menginap di hotel yang menghadap langsung ke laut, pasti bakal gampang banget nemuin kapal cruise berseliweran. 

Nah ternyata nih, Kamu bisa juga lho ikutan mencicipi liburan mewah dengan cruise selama di Nusa Lembongan Bali. Day Cruises ini bakal ngajak Kamu naik kapal besar sambil melakukan banyak hal. Misalnya snorkeling, makan siang BBQ di atas kapal, nyobain banana boat, lihat pemandangan indah bawah laut dari glass bottom board, sliding dari cruise langsung ke laut dan juga tur ke desa-desa di Lembongan. Seru kan?

Kalau pengen ikutan Day Cruises, Kamu bisa pesan tiket secara online. Banyak kok travel lokal Bali yang buka jasa pelayanan Day Cruises ini. Tinggal nyari aja di google dengan keywords “Nusa Lembongan Day cruise“, pasti langsung nemu. 

Menyusuri hutan bakau Lembongan Bali sambil menyegarkan mata

hutan bakau nusa lembongan

Kawasan hutan bakau yang hijau dan adem. Sumber foto

Salah satu tempat favorit di Nusa Lembongan Bali adalah kawasan hutan bakau atau Mangrove Forest. Kamu bisa merasakan serunya menembus hutan bakau hanya dengan sebuah perahu tradisional tanpa mesin. 

Selama perjalanan Kamu bakal dimanjakan dengan hijuanya alam dan udara yang sejuk meski saat siang hari. Kamu juga bisa foto-foto sambil bersantai di atas perahu. Untuk menjelajah kawasan hutan bakau Lembongan Bali ini Kamu perlu menyewa satu perahu yang berisi 6 orang. 

Info : Untuk satu perahu yang panjangnya 6 meter dan berisi 6 orang ini, Kamu cukup bayar Rp100.000 aja. Murah banget kan?

Menantikan sunset di Jungut Batu sekaligus menikmati kegagahan Gunung Agung dari kejauhan

jungut batu nusa lembongan

Sunset dan panorama alam yang cantik. Sumber foto

Nggak banyak yang tahu kalau Nusa Lembongan punya tempat yang asyik buat menikmati sunset dan Gunung Agung sekaligus, yaitu di Jungut Batu. Kamu bakal disuguhi lanskap alam yang cantik banget. 

Jejeran kapal-kapal nelayan, lembutnya pasir putih, dan ombak yang tenang adalah hal lain yang akan Kamu dapatkan di Jungut Batu Nusa Lembongan ini. Di sisi lain pantai, Kamu bisa menikmati Gunung Agung dari kejauhan, tampak gagah dan menawan. Apalagi saat matahari udah mulai turun ke peraduan, bakal makin cantik dan romantis!

Tempat ini cocok buat para backpacker yang hemat dana, karena di Jungut Batu ini ada banyak penginapan yang murah. Mulai dari 140an ribu rupiah. 

Melihat dan ikut langsung proses budi daya rumput laut dengan warga lokal Lembongan Bali

budi daya rumput laut

Menjajal budi daya rumput laut di Nusa Lemobngan. Sumber foto

Nusa Lembongan punya banyak pilihan aktifitas yang bisa Kamu lakukan, salah satunya adalah ikut melihat dan terjun langsung menjajal budi daya rumput laut. Di sini Kamu bisa melihat proses budi daya rumput laut mulai dari pembibitan, saat panen, proses penjemuran, sampai siap dijual.

Yang lebih asyik lagi, Kamu bisa nyobain langsung gimana caranya budi daya rumput laut bareng sama petani dan warga lokal. Jadi, selain bisa liburan sambil belajar, Kamu bisa kenal lebih jauh juga dengan warga lokal Lembongan.

Saran : Kalau Kamu mau dapet panorama alam yang cantik, coba naik kapal kecil yang sering digunakan petani untuk memanen rumput laut deh. Dijamin, Kamu bakal dapet pemandangan yang indah.

Memacu adrenalin di Tebing Devil’s Tears Nusa Lembongan Bali

tebing devil's tears

Duh tebingnya bikin ngeri. Sumber foto

Tebing Devil’s Tears atau Tebing Airmata Iblis emang kedengarannya menyeramkan. Tapi ternyata emang menyeramkan, kayak namanya. 

Di sini ada sebuah batu karang raksasa yang saat terhantam ombak besar akan menghasilkan buih-buih ombak yang turun kembali ke laut, mirip kayak jatuhnya air mata. Dipadukan dengan tebing karang yang runcing dan suara debur ombak yang bergemuruh, maka makin menantanglah tebing Devil’s Tears ini. 

FYI: Ada banyak wisatawan yang menantang diri dengan lompat dari atas tebing ini. Tapi kalau nyalimu ciut, jangan pernah coba. Oke?

Menyelami keindahan bawah laut Lembongan yang nggak pernah mengecewakan

snorkeling nusa lembongan

Pemandangan bawah lautnya juga cantik. Sumber foto

Snorkeling adalah aktifitas wajib kalau Kamu liburan ke Nusa Lembongan. Di sini ada tiga spot yang jadi favorit para wisatawan, di antaranya Gamat Bay, Ceningan Wall dan Mangrove Point. 

Ketiga spot ini juga punya keunikan masing-masing lho. Di Gamat Bay Kamu akan ketemu dengan arus yang cukup kuat dan deras, jadi emang agak butuh tenaga ekstra. Di ceningan Wall Kamu bakal ngerasain snorkeling bareng ikan-ikan hiu yang udah cukup besar. Seru banget ya kayaknya.

Nah kalau di Mangrove Point yang jadi pemandangan utamanya adalah terumbu karang dan ikan warna-warninya. 

Saran : Untuk menyewa kapal yang akan mengantarmu ke tiga spot ini, ternyata Kamu harus jago nawar. Harga yang ditawarkan biasanya 125.000 per orang. *Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Selfie di Yellow Bridge Lembongan Bali

yellow bridge nusa lembongan

Jangan lupa selfie di sini ya! Sumber foto

Yellow Bridge di Nusa Lembongan ini sebenarnya adalah jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Warga lokal sering menyebutnya Jembatan Kuning. Dari atas jembatan ini Kamu juga bisa melihat pemandangan bawah laut yang indah, karena airnya emang masih jernih banget. Tempat ini sering jadi lokasi foto selfie para wisatawan. 

Meski tahun lalu sempat roboh, tapi nggak usah khawatir karena tahun ini udah beroperasi lagi kok. 

Waktu terbaik untuk foto-foto di jembatan ini adalah saat pagi hari. Cahaya matahari pagi bisa menghasilkan cahaya yang nggak begitu kontras dan bisa menimbulkan efek dramatis. Atau kalau ingin foto siluet dengan sunset, bisa juga datang saat sore hari. 

***

Kan bener, ternyata ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan di Nusa Lembongan. Sekali-kali liburan ke Bali nggak cuma di kotanya aja dong. Tapi mampir juga ke pulau-pulau kecilnya yang nggak kalah eksotis. 

Baca juga:

banner experience