Nonton Konser Sambil Liburan Jadi Tren Terkini

Selain event olahraga dan kuliner, musik tak kalah untuk dijadikan daya tarik pariwisata, apalagi jika yang tampil adalah musisi dunia. Mereka yang nonton konser bukan sekadar dari daerah lain, tapi juga dari berbagai negara.

Ditulis Oleh Shabara Wicaksono

Meriahnya Sunburn Festival 2017 di Pane, India. (Foto/festicket).

Selain event olahraga dan kuliner, musik tak kalah untuk dijadikan daya tarik pariwisata, apalagi jika yang tampil adalah musisi dunia. Mereka yang nonton konser bukan sekadar dari daerah lain, tapi juga dari berbagai negara. Dan pasti mereka tertarik berkunjung ke beberapa spot wisata di dekat lokasi konser.

nonton konser

Meriahnya Sunburn Festival 2017 di Pane, India. (Foto/festicket).

Baca juga: Instagram membuat liburan tidak lagi bahagia?

Indonesia mungkin masih disebut ‘anak kemarin sore’ dalam hal tersebut, namun tidak dengan beberapa negara lain.

Di Inggris, ada kawasan Abbey Road dan Festival musik Glastonbury yang jadi jujugan utama para pencinta musik dunia. Namun 2 hal itu bukan satu-satunya alasan para pecinta musik menyebut Britania Raya sebagai pusatnya industri musik. Tahun 2017 lalu, badan untuk mengurus segala hal tentang industri musik di Britania Raya yakni UK Music, merilis data tentang wisata musik tahun 2016.

Pada tahun itu, sektor wisata musik di Inggris meraup keuntungan sebesar £4 miliar (lebih dari Rp76 triliun), atau meningkat 11 % dibanding tahun sebelumnya. Di tahun yang sama, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke sana sebanyak 19 juta orang. Negara kita menyumbang jumlah kedatangan sebanyak 32 ribu.

Ada juga Ibiza, Spanyol, yang sampai sekarang masih ditasbihkan sebagai Pulau Pesta karena setiap hari sepanjang minggu ada saja event musik yang digelar di sana.

Tak perlu jauh-jauh, negara tetangga kita, Thailand juga punya Full Moon Party atau Festival Bulan Purnama di Phuket. Atau Singapura yang tak pernah absen menjadi pilihan tempat konser musisi internasional.

Yang paling baru, ada India. Upaya peningkatan pariwisata mereka dari event musik dimulai dengan gebrakan Festival musik elektronik Sunburn Festival yang digelar pada tahun 2015 dan berhasil mendatangkan lebih dari 1,5 juta pengunjung!

Baca juga: BaliSpirit Festival digelar kembali pada 2-8 April 2018.

Melihat potensi konser musik menjadi daya tarik pariwisata itulah, salah satu akun travel influencer dan trip organizer di Indonesia yaitu @KartuPos, membuat program bernama #KartuPosTrip. Paket wisata yang ditawarkan disesuaikan dengan perhelatan konser, pertunjukan musikal, ataupun festival-festival mancanegara.

Berdasar pengamatan kami di laman tentang KartuPosTrip, konsep yang diberikan @KartuPos mengutamakan kebebasan. Anda tidak akan mendapat pemandu wisata saat nonton konser atau festival di sana dan bebas melakukan apa saja.

Contoh untuk konser Celine Dion di Bangkok pada 23-24 Juli 2018, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp4,3 juta, dengan fasilitas yang didapat adalah tiket budget air (AirAsia) tanpa bagasi dan meals Jakarta-Bangkok-Jakarta, 1 tiket konser kelas termurah (bisa upgrade), 1 malam di hotel bintang 2 untuk single traveler dan hotel bintang 3 untuk twin sharing (boleh berangkat lebih dulu atau extend lebih lama).

Jika tertarik, ikuti akun @KartuPos di Instagram dan Twitter karena #KartuPosTrip selalu diumumkan melalui akun tersebut.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang INSPIRASI, tulisan lain Shabara Wicaksono

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post