facebook pixel

Pulau Pahawang, Pulau Cantik yang Masih “Perawan”

Pulau Pahawang, destinasi baru yang asyik buat anak kantoran Jakarta!


Penat dengan urusan pekerjaan itu berbahaya, harus segera diselamatkan dengan liburan!

Banyak banget nih pasti dari Kamu yang sering ngerasa penat dan capek kerja, apalagi kalau Kamu tinggal di kota besar macam Jakarta. Mau liburan bingung mau ke mana, karena mayoritas destinasi wisata di Jakarta udah ramai. 

Nah, buat Kamu yang tinggal di Jakarta dan pengen liburan asyik tanpa diganggu keramaian, datang aja ke Pulau Pahawang. Di Pulau Pahawang ini Kamu bisa melepas segala penat sekaligus menenangkan pikiran dan ngelupain segala hal tentang kerjaan. 

FYI, Pulau Pahawang ini berada di Lampung. Jadi sebetulnya nggak terlalu susah untuk sampai di tempat ini kalau Kamu tinggal di Jakarta.

Di pulau ini ada beberapa destinasi dan aktivitas yang bisa Kamu lakukan, misalnya nih:

Bersantai menikmati suasana pantai yang sepi dengan pasir putih dan deburan ombaknya yang lembut

pulau pahawang

Santai di tepi pantai. Sumber foto

Pulau Pahawang ini emang cocok jadi tempat menyepi dan melupakan sejenak semua kepenatan kerjaan. Pulau ini punya pantai yang jernih, garis pantai yang landai dan juga suasananya masih sepi. 

Pantai-pantai di kawasan Pulau Pahawang ini bisa dibilang masih cukup perawan, karena emang masih baru dan belum banyak yang tahu. 

Pulau Pahawang ini punya dua pulau utama, yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Masing-masing punya pantai yang bisa Kamu nikmati keindahannya. Tapi biasanya wisatawan lebih banyak yang datang ke Pahawang Besar, karena fasilitas yang disediakan lebih lengkap.

Memanjakan mata dengan sunset cantik yang bikin Kamu makin bersyukur hidup di Indonesia

pulau pahawang

Sunset cantik di Pulau Pahawang. Sumber foto

Destinasi pantai emang selalu identik dengan sunset dan sunrise. Nah kalau di Pantai Pulau Pahawang ini emang lebih terkenal dengan keindahan sunsetnya. 

Suasana pantai yang tenang jadi makin romantis saat matahari udah mulai turun. Langit perlahan jadi gelap dan matahari pelan-pelan berubah jadi orange. Banyak yang bilang kalau saat-saat sunset inilah waktu yang tepat untuk sejenak diam dan merenung. Hanya menikmati saja tanpa harus sibuk memotret. 

Dan kalau Kamu pengen bener-bener menenangkan diri, mungkin emang ada baiknya biarkan dirimu puas menikmati suasana senja yang damai di Pahawang ini. Tanpa harus terlalu menyibukkan diri dengan berfoto-foto.


Ayo tuliskan serunya pengalaman jalan-jalan Kamu di fitur baru kami! Klik di sini

Menyapa nemo-nemo kecil di Taman Laut Pahawang

pulau pahawang

Taman Laut Pulau Pahawang. Sumber foto

Dengan ombak yang kecil, air laut yang jernih dan tumbuhnya terumbu karang harusnya pantai-pantai di Pahawang ini bisa jadi tempat snorkeling. Dan betul aja, di kawasan Pantai Pahawang ini emang jadi salah satu spot favorit untuk snorkeling para wisatawan.

Di Pahawang ini Kamu bakal melihat cantiknya ikan nemo yang berenang ke sana kemari. Dengan warna-warninya yang cerah, bikin terumbu karang di Pahawang makin hidup dan cantik. Selain bisa berfoto dengan terumbu karang dan ikan-ikan nemo, Kamu juga bisa berfoto dengan foreground plang bertuliskan ‚ÄúTaman Laut Pahawang”. 

Biar liburanmu makin berfaedah, Kamu bisa juga ikut melestarikan biota terumbu karang. Ada satu spot transplantasi terumbu karang yang dibuat oleh penduduk setempat. Di sini Kamu bisa juga ikutan bantu konservasi terumbu karang. Asyik banget kan?

Menyeberangi Pahawang Besar dan Pahawang Kecil lewat Pasir Timbul

pulau pahawang

Menyeberang di Pasir Timbul. Sumber foto

Sebetulnya di antara Pahawang Besar dan Pahawang Kecil ini dipisahkan oleh lautan. Tapi saat air laut surut, Kamu bisa menemukan spot yang menarik di antara dua pulau ini. Namanya Pasir Timbul, hamparan pasir di tengah laut yang bisa Kamu gunakan untuk menyeberangi dua pulau ini. 

Pasir Timbul yang hanya ada saat air laut surut ini jadi spot yang cantik buat hunting foto. Dengan latar bukit hiijau dan air laut yang bersih dan biru, dijamin foto perjalananmu makin apik. Dan, kapan lagi kan bisa nyeberang pulau cuma dengan jalan kaki? Tapi harus tunggu air laut surut dulu ya gais!

Menjelajah pulau-pulau kecil di sekitaran Pulau Pahawang 

pulau pahawang

Jelajah Pulau di Pahawang. Sumber foto

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga pulau-pulau kecil lainnya di sekitar Pulau Pahawang. Beberapa di antaranya adalah Pulau Kelagian Besar, Pulau Tanjung Putus dan Pulau Kelagian Kecil. 

Masing-masing pulau ini punya keindahan yang nggak kalah cantik dengan pulau utama di Pahawang. Bukit hijau, laut biru dan garis pantai yang putih. Cocok buat Kamu yang pengen hunting foto dengan latar kepulauan kecil. 

Khusus buat kamu yang suka diving, coba deh selami keindahan Pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi

pulau pahawang

Diving di Pahawang. Sumber foto

Di Pahawang ini ternyata Kamu nggak cuma bisa snorkeling, tapi bisa juga nyobain free diving. Spot yang paling bagus adalah di Pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi. 

Keunikan spot diving di Pulau Tanjung Putus adalah terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan-ikan laut. Sedangkan spot diving di Pulau Legundi punya banyak goa bawah laut. Kalau Kamu emang pencinta diving, maka wajib hukumnya mencoba spot ini. Dijamin nggak nyesel!

***

Nah udah nggak bingung lagi kan mau liburan ke mana kalau udah mulai stress sama kerjaan? Kalau dari Jakarta sih Pulau Pahawang ini nggak terlalu sulit buat dijangkau. Dari Pelabuhan Merak Kamu bisa menyeberang ke Plebuhan Bakauheni, lalu meneruskan perjalanan ke Dermaga ketapang dengan menyewa kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. 

Dari Dermaga Ketapang ini Kamu hanya tinggal menyeberang ke dengan kapal, dan sampailah Kamu di Pulau Phawang yang super cantik ini. 

banner experience