facebook pixel

Korban Virus Zika Bertambah, Indonesia Larang Ibu Hamil dan Menyusui Traveling ke Singapura

Meski kamu bukan wanita menyusui, selalu waspada terhadap nyamuk penyebar virus zika saat traveling ke Singapura.


travel warning

Foto berasal dari sini

Hati-hatilah saat traveling ke Singapura. Negara tetangga kita ini dikabarkan terserang virus zika. Korban yang ditumbulkan virus ini pun semakin meningkat. Paling tidak, total 45 negara dunia positif terjangkit virus zika.

Pemerintah Singapura pun telah menyidak ratusan rumah termasuk 5 asrama pekerja asing. Hasilnya didapatkan bahwa seorang warga Indonesia di Singapura terinfeksi virus Zika.

Menindaki hal ini, Kemenkes belum lama ini mengeluarkan travel warning ke Singapura bagi wanita hamil dan menyusui. Pemberlakuan larangan ini dikarenakan semakin bertambahnya korban jiwa akibat virus Zika.

travel warning zika

Kepala bayi yang mengecil adalah dampak dari infeksi virus zika. Foto berasal dari sini

Menurut Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, virus zika memberikan dampak yang membahayakan bagi perkembangan otak bayi. Bayi yang terinfeksi virus zika, kemungkinan besar akan mengidap mikrosefali. Sebuah keadaan dimana otak dan kepala bayi berkembang secara tidak normal.


Baca juga:


Nila menambahkan, bila kepergian ke Singapura bisa ditunda, itu lebih baik. Namun, jika memang harus ke Singapura, wanita hamil dan menyusui harus berhati-hati terhadap dampak buruk yang disebabkan oleh virus zika.

Virus zika sendiri merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Gejala yang ditimbulkan pun sama dengan gejala penyakit demam berdarah. Agar tidak terserang virus ini, hindari interaksi dengan nyamuk.

Upaya pencegahan masuknya virus zika ke Indonesia pun telah dilakukan pemerintah. Setiap turis atau pun warga Indonesia yang baru saja datang dari Singapura entah melalui Bandara Soekarno Hatta ataupun pelabuhan Batam harus dicek menggunakan alat khusus.

***

Walaupun kamu bukan wanita hamil atau ibu menyusui, selalu berhati-hati terhadap nyamuk yang membawa virus zika saat traveling ke Singapura.

 

banner experience