9 Keunikan Mudik yang Cuma Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Mudik [n] : Saat di mana Kamu harus siap stok jawaban saat ditanya “kapan nikah?”

Setiap tahunnya Indonesia melakukan tradisi unik berupa mudik. Jutaan orang berbondong-nodong pulang kampung dari kota perantauan demi bisa kumpul bareng keluarga di momen hari raya Idul Fitri. Tradisi mudik ini terbilang unik, soalnya cuma ada setahun sekali dan nggak semua negara di dunia punya tradisi ini.

Ini dia fakta unik seputar mudik yang perlu Kamu tahu:

1. Mudik adalah momen di mana jutaan orang melakukan “traveling” bareng, wow keren ya?

keunikan tradisi mudik di indonesia

Mudik adalah ajang traveling bareng. Sumber foto

Kapan lagi bisa ketemu momen di mana jutaan orang pergi traveling bareng di waktu yang sama? Ya cuma diwaku mudik libur lebaran pastinya. Kamu bisa lihat euforia para pemudik yang antusias banget melakukan perjalanan jauh demi bisa kumpul bareng keluarga. 

Duh kadang suka ngerasa terharu kalau lihat semangat para pemudik ini.

2. Kamu bakal ketemu sama ribuan sepeda motor di sepanjang perjalanan, dan bahkan kadang jumlahnya lebih banyak dari jumlah bus atau mobil pribadi

keunikan tradisi mudik di indonesia

Lautan motor saat musim mudik. Sumber foto

Kalau Kamu pernah ngerasain mudik, pasti pernah dong ngeliat lautan pesepeda motor di jalanan. Mereka juga sama-sama pemudik yang mau pulang ke kampung halaman masing-masing lho.

Mereka ini rela naik motor sampai ribuan kilometer, bahkan nggak jarang juga ada pengendara yang sampai boncengan lebih dari dua orang. Ngeri sih, tapi salut juga sama perjuangan mereka yang mau mudik gini.

3. Sepanjang jalan adalah “tempat piknik baru” yang bisa dijadikan tempat untuk refreshing sejenak

keunikan tradisi mudik di indonesia

Bagi pemudik piknik bisa dimana aja. Sumber foto

Tempat piknik mungkin identik sama tempat yang cantik atau indah. Tapi selama musim mudik berlangsung, sepanjang jalanan juga bisa kok jadi tempat piknik dadakan.

Banyak pemudik yang bakal gelar tiker sambil istirahat sambil melihat lalu lalang ramainya kendaraan di pinggir jalan. Kadang ada juga pemudik yang nggak puasa, mereka duduk santai di pinggir jalan sambil minum kopi buat ngusir ngantuk. 

4. Tempat wisata kuliner juga mendadak membanjiri pinggir-pinggri jalanan yang ramai dilewati pemudik

keunikan tradisi mudik di indonesia

Tiba-tiba jadi banyak pedangan makanan. Sumber foto

Kalau di hari-hari biasa area pantura hanya berisi sawah-sawah yang panas dan gersang, saat musim mudik tiba banyak pedagang makanan yang membuka lapak di sepanjang jalan. Berbagai jenis kuliner yang nggak biasanya ada dijual di sini. 

Jadi berasa ada destinasi wisata kuliner baru saat musim mudik datang. 

5. Motor yang disulap jadi kendaraan pengangkut dengan alat dan bahan ala kadarnya, demi bisa mudik dengan bawa banyak barang

keunikan tradisi mudik di indonesia

Motor bisa bawa barang banyak saat mudik. Sumber foto

Umumnya sih motor cuma bisa bawa sedikit barang, apalagi kalauudah dinaikin 2 atau 3 orang. Tapi saat mudik datang, motor disulap jadi alat pembawa yang tiba-tiba bisa muat banyak barang. 

Biasanya pemudik sih memasang alat tambahan berupa kayu yang diikatkan di body motor biar bisa menampung barang bawaan yang menggunung. Ini semata-mata demi bawain oleh-oleh keluarga di kampung.

6.Kamu pasti pernah lihat motor yang dipasang tulisan lucu-lucu yang bikin suasana mudik makin rame

Karena saking bahagianya mau mudik, kadang pengendara sepeda motor sampai kasih tulisan lucu-lucu yang dipasang di bagian belakang motor. Kayak pemudik yang satu ini misalnya, saking bahagianya mau mudik dan ketemu sama pasangannya di kampung sampai nulis beginian di motornya,

keunikan tradisi mudik di indonesia

Bahagia banget nihyang mau mudik. Sumber foto

7. Hampir dua minggu penuh TV isinya berita soal mudik terus, sampai-sampai Kamu yang nggak mudik jadi ikutan ngerasain euforianya

keunikan tradisi mudik di indonesia

Sepanjang hari isinya berita mudik terus. Sumber foto

Dari H-7 sampai H+7 lebaran TV di rumah Kamu pasti bakal penuh sama berita speutar mudik, dan bahkan setiap sejam sekali selalu ada berita mudik terbaru. Sampai-sampai Kamu yang cuma di rumah dan nggak ikutan mudik bakal ikut negrasain gimana susah senangnya para pemudik yang lagi melakukan perjalana panjang menuju ke rumah masing-masing. 

8. Mudik jadi salah satu ajang silaturahmi terdahsyat sepanjang masa

keunikan tradisi mudik di indonesia

Bisa nambah kenalan saat mudik. Sumber foto

Percaya nggak kalau mudik itu bisa jadi ajang silaturahmi paling dahsyat sepanjang masa? Bayangin aja, di jalanan tuh ada jutaan pemudik. Dan saat istirahat bareng-bareng, meskipun saling nggak kenal pasti Kamu kenalan dan banyak ngobrol sama pemudik lain. At least nanya dari mana dan mau pulang kemana. 

Malahan nih ada juga yang ujung-ujungnya saling tukeran nomor hp dan terus berlanjut komunikasinya. Jadi nambah temen dan saudara kan jadinya. Bahkan kadang sampe lenjut di mudik tahun depannya, jadi malah bikin mudik rombongan. Seru kan? Ada juga yang ketemu jodoh gara-gara mudik lho!

9. Musim mudik emang selalu menarik perhatian banyak orang, meski udah biasa dilakukan setiap tahunnya

keunikan tradisi mudik di indonesia

Ada aja lho orang yang nonton orang mudik. Sumber foto

Tahu nggak sih kalau di daerah-daerah tuh banyak banget orang yang rela duduk di pinggir jalan cuma buat nonton orang-orang yang lagi mudik. Mereka ikutan seneng aja gitu kalau lihat banyak pemudik yang lewat di daerah mereka lengkap dengan barang bawaannya yang menggunung. Buat mereka itu hal yang unik dan cuma bisa dilihat setahun sekali. 

Meski nggak kutan mudik, tapi nonton prang mudik udah bikin mereka bahagia banget. Serasa ikut kesruan mereka yang mudik. Tapi kadang orang-orang yang nonton ini malah bikin kemacetan makin parah sih, hehe….

***

Mudik emang selalu punya cerita tersendiri. Selalu ada cerita menyenangkan, menyedihkan dan mengharukan dalam setiap perjalanan mudik. Senang karena ngebayangin mereka yang mudik bisa segera ketemu keluarga di kampung. Sedih kalauada berita kecelakaan dan para pemudik jadi gagal ketemu keluarga. 

Pokoknya mudik itu selalu penuh dengan berjuta rasa. Tahun ini Kamu mudik kemana nih gais?

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar