Sidebar

Kebun Coklat Banyuwangi, Penghasil Coklat Terbaik Dunia

Kebun Coklat Banyuwangi, destinasi baru di Banyuwangi yang konon punya coklat terbaik dunia. Penasaran seperti apa rasanya?

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Kebun Coklat Banyuwangi atau Doesoen Kokoa Banyuwangi, tempat wisata di Banyuwangi yang cocok bagi pencinta coklat. Di sini para pasangan bisa menikmati aneka olahan coklat dengan puas sambil menikmati sejuknya suasana perkebunan.

Doesoen Kokoa Banyuwangi. Credit foto: instagram @oh.ibel

Kebun Coklat Banyuwangi konon jadi salah satu penghasil coklat terenak di dunia

Kebun Coklat Banyuwangi sendiri merupakan tempat terbaik menikmati coklat Glenmore yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Bahkan coklat Glenmore hasil Kebun Coklat Banyuwangi ini telah dieskpor ke berbagai negara seperti Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika, Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Inilah 23 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Patut Kamu Coba

Glenmore merupakan sebuah kawasan perkebunan yang memiliki hawa sejuk. Nama ini konon berasal dari kata “glen” yang menggambarkan daerah berkontur dengan hawa yang sejuk. “More” lebih menggambarkan tentang kondisi daerah yang memiliki kontur lebih banyak dibanding daerah di sekitarnya. Versi lain menyebutkan kalau nama Glenmore berasal dari seorang bangsawan Skotlandia yaitu Ros Taylor.

Coklat Glenmore yang dihasilkan di Doeseon Kakao. Foto dari detikfood

Nama Glenmore ternyata juga banyak digunakan di Skotlandia, nama ini mengacu pada daerah dengan kontur perbukitan. Kawasan Glenmore di Doesoen Kakao Banyuwangi ini ternyata terkenal sebagai penghasil coklat Glenmore yang memiliki kualitas terbaik di dunia.

Rasa unik coklat Glenmore dari Kebun Coklat Banyuwangi

Menikmati secangkir kopi panas di tengah perkebunan coklat. Foto dari instagram @makananjemberbanyuwangi

Rasa coklat Glenmore ini cukup unik dan berbeda dari karakteristik coklat daerah lain. Coklat dari Kebun Coklat Banyuwangi ini memiliki rasa yang lebih cenderung asam seperti buah-buahan,mirip seperti kismis. Namun untuk after taste-nya justru menghasilkan rasa madu.

Baca juga : Wisata di Songgon yang Harus Dikunjungi Saat Liburan ke Banyuwangi

Ada dua jenis coklat Glenmore yang dibudidayakan di Kebun Coklat Banyuwangi yaitu edel dan bulk. Varian Edel adalah jenis coklat yang berkualitas dunia dan menjadi jenis yang diekspor.

Di Kebun Coklat Banyuwangi tepatnya di Doesoen Kakao ini masyarakatnya mulai mengolah coklat menjadi berbagai menu makanan. Misalnya pisang crispy topping cokelat, minuman cokelat panas, permen cokelat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya menikmati berbagai menu makanan berbahan coklat langsung di area perkebunan, para pasangan yang datang ke Doesoen Kakao juga bisa berkeliling dengan shuttle car sambil mempelajari budidaya kakao yang merupakan bahan baku coklat. Mulai dari proses pembibitan hingga panen serta pengolahannya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

Pantai Kedung Tumpang, Pesisir Indah Tulungagung dengan Kolam Alami

Kampung Lumbung Hotel, Akomodasi Unik Ramah Backpacker di Malang

Ubud Hotel & Cottages Malang, Akomodasi Murah Ala Alam Tropis Bali

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Suku Osing di Banyuwangi, Kenapa Berbeda dengan Suku Jawa Lainnya?

FALLBACK
The END