Kapal Wisatawan Tenggelam di Perairan Pulau Padar, Ini Videonya

Semoga kejadian ini nggak terjadi lagi ya gaes! Amin!

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Siapa sih yang nggak tahu Pulau Padar? Pulau yang berada di wilayah NTT ini memang punya keistimewaan luar biasa, bahkan para artis luar negeri pun ke sini untuk melihat keindahannya.

Tapi, di balik keindahan itu, ternyata pulau ini juga punya ombak yang cukup berbahaya. Rombongan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menjadi saksi keganasan ombak di Pulau Padar. Kapal KLM Versace Jaya yang ditumpangi oleh mereka terbalik di perairan Pulau Padar pada Minggu (30/7), sekitar pukul 08.00 WITA.

Tenggelamnya kapal dan proses evakuasi sempat diabadikan oleh regu penyelamat. Berikut ini adalah videonya:

 

Dalam video, nampak para penumpang kapal terlihat panik saat proses evakuasi. Beruntung semua penumpang selamat. Sebanyak 19 mahasiswa dan 6 ABK kini sudah menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Semua korban selamat sudah dievakuasi dan mendapat penanganan lanjutan,” ujar Edim, Kepala Pos Sar Labuan Bajo.


Ayo tuliskan serunya pengalaman jalan-jalan Kamu di fitur baru kami! Klik di sini

Kronologi tenggelamnya kapal wisata Versace Jaya

pulau padar

Ini proses evakuasi tenggelamnya para wisatawan di perairan Pulau Padar. Sumber foto

Awalnya kapal berbobot 43 GT ini berangkat dari Labuan Bajo pada Sabtu (29/7) menuju ke Taman Nasional Komodo. Namun saat hendak pulang kembali ke Labuan Bajo, kapal yang ditumpangi para mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) tersapu ombak yang cukup besar di perairan Pulau Padar sehingga mengakibatkan terbaliknya Kapal Versace Jaya.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan dua unit speedboat milik Basarnas dan KULP Labuan Bajo. Mereka tiba di pelabuhan pukul 13.15 WITA, kemudian para korban langsung dibawa ke Puskesmas Labuan Bajo pada Minggu (30/7) untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

***

Semoga kejadian ini tidak terjadi lagi ya, gaes!

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang NTT, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post