facebook pixel

PT KAI Siapkan Belasan Ribu Tiket Mudik Tambahan

Masih ada harapan bagi Anda yang kehabisan tiket mudik periode sebelumnya, karena ada 14.000 tiket tambahan yang disiapkan untuk sambut momen lebaran 2016


tiket-mudik

Foto diambil dari sini

Antuasisme masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi kereta api, menjadikan tiket mudik lebaran 2016 ludes dalam beberapa hari. Saat melakukan pemesanan tiket pun, masyarakat sudah kesusahan mengakses situs resmi PT KAI sejak jadwal pembelian dibuka. Selain itu, mengantre di loket stasiun pun butuh perjuangan, karena harus mengantri selama berjam-jam. Inilah fenomena mudik di negara kita.

Hal tersebut agaknya membuat PT KAI menambah jumlah tiket mudik untuk libur lebaran nanti. PT Kereta Api Indonesia menawarkan 14.088 tiket promo selama masa Lebaran 2016 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Untuk menambah antusiasme masyarakat menggunakan moda transportasi KA sebagai pilihan mudik dan balik, KAI juga memberikan program ‘Promo Mudik Lebaran 2016’ dengan jumlah total kursi promo sebanyak 14.088 kursi,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Dalam press rilis yang diterbitakan oleh PT KAI, penjualan tiket KA tambahan akan dilakukan mulai tanggal 30 April 2016 pukul 00.00 WIB. Pembelian dapat dilakukan di Contact Center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan mesin e-kios. Penjualan tiket KA tambahan akan dilakukan mulai tanggal 30 April 2016 pukul 00.00 WIB.

Pembelian dapat dilakukan di Contact Center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, mesin e-kiosk, dan berbagai channel resmi lainnya. Pada masa angkutan Lebaran 2016, tarif yang berlaku untuk KA bersubsidi tetap mengacu pada Permenhub No. 35 Tahun 2016, sementara untuk KA komersial tarifnya tetap berada pada rentang TBA-TBB. Perlu diketahui bahwa tiket promo ini tidak dapat ditunda/ganti dan dibatalkan serta tidak dapat digabung dengan reduksi/diskon lainnya.

Selama masa angkutan Lebaran 2016, PT KAI juga kembali bekerja sama dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk melayani angkutan sepeda motor pemudik gratis dengan KA di lintas utara dan selatan. Untuk memfasilitasi penyelenggaraan angkutan motor gratis ini PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1, dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2, dengan target kapasitas angkut sebesar 15.834 motor, meningkat dari tahun 2015 yang hanya berkapasitas angkut 9900 motor.

Kereta api angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni – 3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016, dengan stasiun pemberhentian sbb:

  1. Lintas Utara Stasiun Jakartagudang – Stasiun Surabayapasarturi
    Stasiun pemberhentian: Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Semarangtawang, Ngrombo, Cepu,   Bojonegoro, Babat
  2. Lintas Selatan 1 Stasiun Jakartagudang – Stasiun Kutoarjo
    Stasiun pemberhentian: Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo
  3. Lintas Selatan 2 Stasiun Jakartagudang – Stasiun Kediri
    Stasiun pemberhentian: Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono

Pendaftaran angkutan motor gratis ini sudah dibuka sejak 8 Maret 2016 hingga 6 Juni 2016 di Stasiun Jakartagudang dan Pasarsenen, Jakarta. Bagi masyarakat yang telah mendaftar pada periode 8 Maret s.d. 6 Mei 2016, PT KAI memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak max. 11 tahun) untuk satu unit motor. Sementara bagi mereka yang mendaftar untuk angkutan motor gratis dengan KA setelah tanggal 6 Mei 2016 tidak tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA.

Tips berburu tiket mudik lebaran

Padatnya angkutan mudik lebaran kereta api memang jadi penyebab banyak masyarakat yang tidak mendapatkan tiket mudik. Agar Anda tidak lagi kehabisan tiket yang dijual pada periode sebelumnya, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

  1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket
  2. Traffic akan sangat penuh pada beberapa jam pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan       pemesanan tiket pada jam-jam berikutnya. Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan yang berhasil        memesan tiket pada beberapa jam pertama setelah tiket dirilis tidak segera melakukan pembayaran sehingga    tiket “hangus” dan kembali available pada jam berikutnya
  3. Untuk pemudik dari area Jakarta dan sekitarnya, cobalah untuk memesan tiket dengan rute keberangkatan dari       Stasiun Gambir yang persaingannya tidak seketat jika memesan tiket dengan keberangkatan dari Stasiun       Pasarsenen
  4. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen – Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang
  5. Belilah tiket melalui e-kiosk yang tersedia di stasiun

Selamat berburu tiket “Promo Mudik Lebaran 2016”!

Baca juga:

banner experience