Istilah-istilah Dalam Dunia Backpacking yang Harus Anda Pahami

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘hitchhikin’g atau juga populer disebut ‘hitching’? Bagi Anda yang masih awam dengan dunia traveling, mungkin akan mengernyitkan dahi sambil berkata “apa sih hitching itu?”

‘Hitchhiking’ atau ‘hitching’ merupakan istilah yang digunakan backpacker untuk meminta tumpangan saat di jalan. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

istilah kata

Foto hitching ini diambil dari sini

Selain ‘hitching’, masih banyak istilah-istilah kata dalam dunia backpacker yang sebaiknya Anda pelajari. Ini beberapa di antaranya:

Hostel

Saya tak salah tulis, bukan ‘hotel’, melainkan ‘hostel’. Memang benar ada istilah hostel dalam dunia traveling.

Hostel merupakan tempat menginap yang menyediakan dormitory room maupun private room. Fasilitas yang disediakan seperti kamar mandi, dapur, ruang internet, tempat menyetrika, dan lainnya bisa digunakan untuk bersama-sama. Tujuannya adalah agar para penghuni hostel bisa saling berbagi dan berinteraksi satu sama lain.

Biaya yang diberikan untuk menginap di hostel pun jauh lebih murah dari pada hotel. Maka dari itu, hostel biasa diidentikan dengan ‘penginapan ala backpacker’.

Youth Hostel

Tak ada bedanya dengan hostel pada umumnya. Hanya saja, Youth Hostel merupakan nama yang digunakan oleh hostel-hostel yang tergabung dalam Youth Hostel Federation.

Pension

Sebenarnya, pension mempunyai arti yang sama seperti guesthouse. Istilah kata ini banyak Anda jumpai di daerah wisata seperti Turkey dan negara-negara di sekitar laut Mediterania.

Dormitory Room 

Dormitory room merupakan tipe kamar. Biasanya tipe kamar ini dimiliki oleh hostel atau guesthouse. Dalam satu dormitory terdapat 4 hingga 12 tempat tidur.

Bunk Bed

Bunk bed merupakan tempat tidur susun. Kamar bertipe dormitory biasanya menyediakan fasilitas ini.

Bed and Breakfast (B n B)

Bila Anda memesan hotel dan menemukan istilah B n B, berarti hotel tersebut juga menyediakan sarapan bila Anda menginap di sana.

Boutique Hotel 

Sama halnya seperti hotel, Boutique Hotel mempunyai fasilitas dan kenyamanan selayaknya hotel. Beda boutique hotel dengan hotel biasa terletak pada ciri khas interior ruangan dan pelayanan yang ditawarkan lebih personal.

Flashpacker

Jika backpacker dikenal dengan tipe pejalan hanya dengan bujet minim, maka flaspacker adalah tipe pejalan yang memposisikan dirinya di antara backpacker dan turis. Jadi, bisa dikatakan, si flashpacker ini mempunyai bujet yang cukup besar namun tak sebesar bujet perjalanan yang dimiliki para turis.

Glamping

Perjalanan dengan bujet murah, namun sedikit lebih mahal dari bujet backpacker. Hampir sama seperti flashpacker. Bedanya, flashpacker adalah orangnya, sedangkan glamping merupakan istilah atau tipe perjalanan. Seperti backpacker dan backpacking. Backpacker ialah orang yang melakukan backpacking sedangkan backpacking adalah traveling dengan bujet seminim mungkin.

Flocation

Artinya adalah wisata di negeri sendiri.

Budget Travel

Merupakan orang yang berjalan-jalan dengan budget yang terbatas tanpa mengurangi kenimkatan perjalanan.

Budget atau Low-cost Airlines 

Pesawat yang menerapkan tarif murah dan memberikan biaya tambahan untuk setiap fasilitas lain yang ditawarkan. Contoh low-cost Airlines adalah AirAsia, Jetstar, TigerAirways, Cebu Pacific

Career Break 

Istilah ini biasa digunakan di UK dan US. Career Break merupakan masa istirahat setelah seseorang berhenti dari pekerjaannya. Mereka menggunakan periode ini untuk jalan-jalan ke berbagai negara.

Couchsurfing 

Sebuah jaringan pertemanan yang anggotanya merupakan orang-orang dari seluruh dunia yang mempunyai minat pada traveling. Para backpacker banyak yang ikut jaringan ini untuk menghemat biaya perjalanan dan mencari teman. Karena Anda bisa menginap di salah satu anggota couchsurfing. Jaringan serupa lainnya adalah bewelcomed dan hospitality. Couchsurfer adalah sebutan bagi mereka yang bertindak sebagai tuan rumah. Sedangkan, surfer adalah tamu atau mereka yang hanya ingin sekedar singgah dan bertemu couchsurfer.

Gap Year

Istilah ini mempunyai konsep arti yang sama dengan break career. Gap year biasa digunakan di negara Barat. Pelaku Gap year adalah mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Bahkan beberapa negara seperti New Zealand sangat menganjurkan warganya untuk melakukan Gap Year. Negara-negara di Asia dan Eropa menjadi tujuan pelaku Gap year ini.

Life on Board 

Istilah ini banyak digunakan ketika traveler harus tinggal beberapa waktu di atas kapal atau kereta.

Globetrotter / Globehopper

Mereka yang kerap jalan-jalan keliling dunia atau ke banyak negara biasa disebut dengan Globetrotter. Trinity penulis buku The Naked Traveler sudah bisa disebut sebagai Globetrotter.

RTW

Pernah membaca #RTW? RTW merupakan singakatan dari Round Trip World di mana para traveler melakukan perjalanan keliling dunia.

Travel Bug

Bukan berarti serangga perjalanan, travel bug merupakan sebuah dorongan yang sangat kuat untuk terus traveling dan mengeksplore tempat baru.

Vagabond

Merupakan traveler yang kerap melakukan perjalanan nomaden, atau selalu berpindah-pindah. Mereka tak memiliki tempat tinggal tetap.

Wanderlust

Artinya sama saja seperti Travel Bug, sebuah dorongan untuk terus menjelajah.

Addict Trip

Travel Bug, Wanderlust dan Addict Trip adalah istilah kata yang artinya sama saja dengan kecanduan jalan-jalan.

VoA

Visa On Arrival yang artinya adalah Anda bisa memperoleh visa pada saat Anda datang di negara tersebut.

***

Ouch! This travel bug bites me! I can’t hardly hold this wanderlust feeling, let’s go get ticket!

 

Baca Juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....