Sidebar

Ini yang Terjadi Jika Anda Tak Merubah Ponsel ke 'Mode Pesawat' Saat Terbang

Mengaktifkan mode pesawat dalam penerbangan adalah hal yang krusial. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi, jika Anda lupa tidak mengaktifkannya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Desti Artanti

Anda masih mematikan ponsel atau tablet Anda setiap kali naik pesawat? Pertanyaannya, mengapa Anda melakukannya? Apakah karena takut pesawat akan mengalami kecelakaan jika ponsel atau tablet Anda tidak dalam keadaan mati? Well sebenarnya, Anda tidak perlu mematikan total gadget yang Anda bawa. Cukup mengaktifkan mode pesawat yang tersedia pada gadget Anda.

Foto diambil dari sini

Mungkin Anda penasaran, apakah hanya dengan mengaktifkan mode pesawat, penerbangan akan aman? Jika dikaitkan, sebenarnya kecelakaan pesawat karena kelalaian penumpang mematikan ponsel atau mengaktifkan mode pesawat bukanlah faktor utama. Meski demikian, mengaktifkan mode pesawat pada gadget Anda tetaplah hal yang krusial.

Berikut adalah hal-hal yang sebenarnya terjadi jika Anda tidak mengaktifkan gadget Anda ke mode pesawat.

Mengganggu sistem navigasi pesawat terbang

Jika Anda tidak mengaktifkan flight mode selama penerbangan, dikhawatirkan pancaran sinyal telpon seluler dapat menggangu sistem kerja si burung besi. Telepon genggam, tablet, dan segala macam gadget lainnya yang memancarkan gelombang elektromagnetik memang menjadi faktor besar keselamatan penumpang.

Pancaran gelombang tersebut akan menimbulkan bunyi yang mengganggu komunikasi pilot melalui headphones dengan ground control yang mengatur lalu lintas udara. Anda bisa bayangkan kan apa yang akan terjadi jika pilot susah berkomunikasi dan terganggu komunikasinya di udara?

Pilot mendengar bunyi buzzing

Jika ponsel dibiarkan dalam keadaan normal ditengah penerbangan, pilot dapat mendengar bunyi buzzing yang kurang lebih terdengar seperti, “bzzzzztt…..bzzztt……..bzzzzzttt” di dalam headphonesnya. Bunyi tersebut akan terdengar secara terus-menerus dan mengganggu.

Bunyi tersebut dapat mengganggu komunikasi pilot dengan air traffic control, di mana jika komunikasi dengan pengatur lalu lintas di udara tidak terlaksana dengan baik, akibatnya bisa fatal.

Oleh karena itu, mengaktifkan mode pesawat pada gadget Anda sangatlah penting untuk dilakukan. Jika Anda merasa kurang puas hanya mengaktifkan mode pesawat, Anda boleh saja mematikan gadget Anda selam perjalanan (padahal sesungguhnya tidak perlu).

Foto diambil dari sini

Federal Aviation Authority (FAA) Badan Penerbangan Federal Amerika serikat menyatakan bahwa pengaktifan mode pesawat pada gadget selama penerbangan sudah cukup aman.

Sejak peraturan dikeluarkan FAA beberapa tahun lalu, penumpang pesawat kini tidak perlu lagi mematikan smartphone, tablet, dalam penerbangan, asal mengaktifkan mode pesawat selama take off dan landing.

Dengan mengaktifkan mode pesawat di smartphone atau tablet ataupun gadget elektronik modern, Anda sudah bisa menggunakan smartphone atau tablet Anda untuk bermain game, membaca ebook, mendengar musik dari MP3 dan bukan dari radio, menonton film, asal semua aplikasi game dan ebook, musik mp3 sudah didownload pada gadget sebelum take off. Dan cara ini bisa menghilangkan kepenatan, dan rasa suntuk dan mengurangi air sickness selama penerbangan.

Meskipun Aman menurut FAA yang memperbolehkan penumpang pesawat menggunakan smartphone dengan mode terbang saat bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, sebaiknya Anda meninjau kembali peraturan penerbangan sipil di setiap negara, karena peraturan penerbangan sipil setiap negara berbeda-beda

Jika di suatu penerbangan Anda ditegur Flight Attendant mengatakan Switch Off Your Cell Phone!, maka Anda harus patuhi, ataupun awak kabin memerintahkan untuk matikan smartphone maka Anda juga harus indahkan, semua ini demi keamanan penerbangan Anda. Jadi patuhi peraturan penerbangan sipil demi keselamatan bersama.

 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Cara Refund Tiket Pesawat di Tokopedia, Mudah dan Dijamin Kembali!

Cara Refund Tiket Pesawat Online dari OTA, Mudah dan Uang Kembali!

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

Cara Refund Tiket Air Asia Domestik, Dijamin Uang Kembali!

FALLBACK
The END