Sidebar

Inilah Wujud 'Raja Ampat Baru' di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

Kawasan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, digadang-gadang menjadi Raja Ampat baru. Apa keunggulannya?

SHARE :

Ditulis Oleh: Desti Artanti

Provinsi Sumatera Barat kian eksis dalam promosi pariwisata baik di Indonesia maupun dunia. Kementerian Pariwisata menyatakan wilayah Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, bakal menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dengan menonjolkan keindahan wisata bahari.

A photo posted by Gerry Saputra (@gersp) on

Sekitar 400 hektar lahan di Mandeh akan dibangun pusat amenitas, seperti hotel, balai pertemuan, restoran, dan sebagainya. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menetapkan wilayah Mandeh sebagai sentra pariwisata. Kawasan Mandeh sendiri terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, berbatasan langsung dengan Kota Padang.

Pertengahan 2017, kawasan Mandeh yang berjarak 56 kilometer dari Kota Padang itu menjadi KEK Pariwisata dan akan menjadi seperti kawasan Nusa Dua, Bali. Dulu, Nusa Dua jauh dari Denpasar, jauh dari keramaian Kuta, dan minim fasilitas publik. Sekarang, Nusa Dua sudah berkelas dunia dan menjadi pusat konvensi.


Pemerintah Sumatera Barat pun optimis kawasan Mandeh juga dapat bertransformasi menjadi demikian. Mantan Ketua Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia 2002 mengatakan dampak kawasan ekonomi khusus itu buat perekonomian sangat signifikan dan Mandeh kelak bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan industri di Sumbar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang menempatkan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan ini sebagai “Raja Ampat Sumatera” sebagaimana pesona yang dimiliki Raja Ampat di Papua Barat. Kekuatan pesona Mandeh ada di bahari, wisata laut, pantai dan bawah laut. Sekarang pun Mandeh sudah menjadi obyek wisata tetapi belum dioptimalkan. Saat ini Mandeh belum bisa dijadikan sebagai destinasi wisata utama. Maka dari itu perlu dilakukan pembangunan ini.

A photo posted by Alek Cysers (@khaliqliq) on


Meskipun pemanfaatan pariwisata Mandeh belum optimal, kawasan ini sudah dipadati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara setiap tahun. Anda tertarik untuk berkunjung ke Mandeh?

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Suku Minang, Etnis Petualang yang Mendirikan Negara Filipina

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang, Makanan Terenak di Dunia

Kelok 9 Payakumbuh, Konstruksi Jalan Super Megah di Sumatera Barat

Alasan Mengapa Orang Minang Memiliki Kebiasaan Suka Merantau

7 Hal Tentang Rumah Makan Padang yang Belum Kamu Ketahui

FALLBACK
The END