facebook pixel

Pernah lihat film-film petualangan yang menampilkan hamparan es dan gua es seperti dalam film The Secret of the Ice Cave atau film animasi Ice Age? Kalau kamu pernah menonton kedua film itu, tentu kamu nggak akan asing dengan pemandangan hamparan es dan gua es nya.

Nah, gua-gua es semacam itu ternyata memang banyak terdapat di dunia nyata, lho! Berikut ini kumpulan fotonya:

1. Aletsch Glacier di Swiss

gua es dunia

Foto oleh Robbie Shone

Gua ini memiliki panjang hingga 23 kilometer yang mencakup lebih dari 120 kilometer persegi gua es. Foto di atas menjukkan para caver yang sedang menjelajahi poros gletser yang kedalamannya mencapai lebih dari 30 meter.

Lokasi: Aletsch Glacier, Swiss.

2. Gua es modern dan artistik di Islandia

gua es di dunia

Sumber foto

Gua ini terletak di gletser terbesar di Langjokull, Eropa. Di dalam gua, para pengunjung bisa menjelajahi gletser berliku-liku di terowongan yang telah diukir sedemikian rupa.

Banyak pengujung yang datang ke gua ini untuk acara pernikahan dan preweding. Romantis sekali.

Lokasi: Langjokull, Islandia.

3. Gua es terbesar di dunia

gua es di dunia

Sumber foto

The Eiskogelhöhle adalah gua terbesar di dunia. Meskipun menjadi gua es terbesar, namun tak banyak orang mengenal gua ini karena berada diketinggian 2.100 mdpl di pegunungan Alpen, tepatnya di gunung Eiskogel.

Untuk bisa sampai di gua ini, butuh waktu 12 berjalan dari pemukiman penduduk.

Lokasi: Austria.

4. Gua unik dalam film Goldfinger

gua es di dunia

Foto oleh Federica Grassi

Terowongan es ini merupakan bagian dari Furka Pass (lintasan gunung di Swiss) yang memiliki ketinggian 2. 429 meter dan menghubungkan bagian-bagian dari Swiss. Jika kamu pikir lokasi ini terlihat seperti bagian dari sebuah film, kamu benar. Lokasi adalah tempat syuting film James Bond, Goldfinger.

Lokasi: Furka Pass, Swiss.

5. Gua es beraliran listrik di Slowakia

gua es di dunia

Sumber foto

Gua ini bernama The Dobsinska Ice Cave. Gua ini telah menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 2000. Mayoritas gua ini tertutup es dan menjadi gua pertama di Eropa yang dilengkapi dengan pencahayaan elektronik.

Lokasi: Slowakia.

6. Gua berlantai es di Kanada

gua es di dunia

Sumber foto

Ini adalah salah satu gua yang berbahaya untuk dieksplor. Ada lapisan es yang luas di dalam gua, tapi satu slip bisa mengirim pendaki jatuh ke bawah. Ada juga gema besar di dalam gua. Keadaan inilah yang mempersulit komunikasi saat berada di dalam gua.

Lokasi: Kanada.

7. Gua dengan bunga es yang artistik di Amerika Serikat

gua es di dunia

Sumber foto

Daerah ini menjadi sangat mengagumkan di musim dingin, di mana sebuah gua es dengan bunga es menyelimuti Pulau Apostle.

Lokasi: Danau Superior, Wisconsin, Amerika Serikat.

***

Gua-gua es super megah ternyata bukan hanya CGI di film belaka, namun ada juga dalam dunia nyata. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri untuk dinikmati oleh para wisatawan. Keren ya!

Baca juga fenomena unik di dunia:

 

banner experience