Hutan Bambu Bangli, Wisata Alam Ala Jepang di Bali

Hutan Bambu Panglipuran, Bangli (Instagram/@dedik_armawann).

Tahukah kamu di Bali terdapat hutan bambu yang sangat mirip dengan hutan bambu di Jepang. Terletak di Desa Adat Panglipuran, Kabupaten Bangli, hutan ini memiliki panorama indah, asri, dan pastinya instagramable. Hutan Bambu Bangli memiliki luas 75 Ha. Baca selengkapnya tentang hutan bambu surabaya.

Hutan bambu ini adalah jantung utama Desa Adat Panglipuran, karena keberadaannya menjaga ketersediaan suplai air serta menjadi bahan utama untuk rumah-rumah tradisional di Desa Adat Panglipuran. Tanaman bambu di hutan ini memang salah satu yang disakralkan oleh masyarakat setempat, sehingga selalu dijaga turun temurun.

(Instagram/@desawisata_panglipuran)

Terdapat waktu-waktu khusus untuk bisa menebang atau mengambil sumber kekayaan alam di hutan bambu ini. Penebangan diatur oleh kepercayaan masyarakat desa sejak dulu. Kepercayaan semacam inilah yang menjaga kelestarian hutan ini dari upaya eksploitasi alam yang berlebihan. Di hutan ini juga terdapat pura-pura kecil yang disimbolkan dengan sebongkah batu.

Dahulu hutan bambu disini terkenal angker sehingga hanya sedikit yang berani menyusurinya. Seiring berjalannya waktu maka dibangunlah jalan setapak yang membelah hutan ini yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Adat Panglipuran.

Menuju Hutan Bambu Bangli dapat dilalui dengan berkendara selama dua jam dari pusat Kota Denpasar menuju Desa Panglipuran, Bali. Letaknya berada di sebelah utara Desa Adat Panglipuran. Belum banyak yang tahu keberadaan Hutan Bambu ini, sehingga suasananya masih sepi dari wisatawan.

Dapatkan ulasan menarik tentang bangli dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar