facebook pixel

9 Hal yang Buktikan Mudahnya Pendakian Masa Kini

Pantesan naik gunung makin gampang, penjual makanan aja banyak di gunung!


Dunia pendakian, dunia yang makin hari makin rame. Nggak peduli hujan badai atau kering kerontang, gunung selalu ramai oleh pendaki. Hal ini nggak lepas dari makin mudahnya pendakian di zaman sekarang ini. Kayak misalnya;

1. Dulu mau naik gunung harus repot ganti angkutan buat sampai di basecamp, sekarang udah ada rental mobil khusus pendaki yang siap nganter jemput Kamu sampai basecamp

gampangnya pendakian zaman sekarang

Jasa carter mobil untuk pendaki. Sumber foto

Makin banyaknya orang yang berminat naik gunung justru dijadikan peluang usaha buat sebagian orang. Beberapa orang menyediakan jasa rental khusus pendaki. Jadi buat Kamu yang mau naik gunung nggak perlu repot mikir transportasi. 

Soalnya dengan jasa rental ini Kamu tinggal tidur nyenyak di mobil dan tahu-tahu udah sampai di basecamp. Lokasi penjemputan juga bisa diatur sesuai perjanjian. 

2. Dulu kalau mau naik gunung harus repot registrasi sebelum muncak, tapi sekarang udah digampangkan dengan sistem booking online

gampangnya pendakian zaman sekarang

Dengan sistem booking online, naik gunung jadi makin mudah. Sumber foto

Kalau dulu Kamu harus repot urus perijinan mendaki di pos pendakian tepat sebelum keberangkatan pendakian, sekarang beberapa gunung udah nyediain sistem booking online. Dengan sistem online ini, Kamu bisa lebih gampang untuk melakukan pendaftaran dan juga pesan tanggal dari jauh-jauh hari.

Dengan sistem booking online ini Kamu juga jadi lebih aman dari resiko overload pendaki.

3. Banyaknya grup di sosial media yang bisa Kamu manfaatin buat nyari temen mendaki

gampangnya pendakian zaman sekarang

Nyari barengan mendaki juga gampang. Sumber foto

Kalau dulu nyari temen mendaki harus “door to door” alias nanyain satu-satu, sekarang udah beda cerita. Dengan adanya sosial media dan komunitas di dalamnya, Kamu bisa cari barengan buat naik gunung dalam waktu sekejap. 

Tinggal kirim postingan yang isinya nyari barengan buat naik gunung, tahu-tahu Kamu bakal dapet temen mendaki. Kalau ada temennya otomatis pendakian jadi lebih seru dan murah, karena bisa berbagi biaya dan logistik. Sekalian bisa jadi ajang cari gebetan juga! hehe..

4. Enaknya mendaki di zaman sekarang, di gunung bahkan ada juga yang jual makanan. Jadi nggak perlu repot-repot lagi

gampangnya pendakian zaman sekarang

Penjual makanan di Gunung Papandayan. Sumber foto

Buat sebagian orang, tingginya minat pendakian emang bisa jadi ladang rejeki. Di gunung Papandayan misalnya, ada banyak penjual makanan di sepanjang jalur pendakian. Atau ada juga warung Mbok yem di puncak Lawu. Selain bermanfaat buat warga lokal, ini juga memudahkan para pendaki. 

Mereka jadi nggak perlu repot-repot bawa banyak makanan. Lebih hemat tenaga dan space ransel dengan membeli makanan di pedagang lokal dengan harga yang cukup terjangkau. 

5. Males naik gunung sambil gendong tas ransel dengan bobot berkilo-kilo? Tinggal nyewa porter aja, beres deh urusan

gampangnya pendakian zaman sekarang

Males bawa barang tinggal sewa porter. Sumber foto

Porter juga jadi salah satu terobosan baru di dunia pendakian. Dengan memakai jasa porter, Kamu nggak perlu repot bawa barang-barangmu sendiri. Porter ini biasanya menggunakan sistem sewa, bisa sekali jalan atau PP. 

Meski banyak yang nggak setuju dengan adanya porter, tapi banyak juga kok pendaki yang terbantu dengan adanya jasa porter ini. Karena mendaki jadi nggak perlu capek-capek lagi!

6. Banyaknya jasa open trip pendakian yang bikin Kamu makin gampang mendaki tanpa mikir banyak persiapan

gampangnya pendakian zaman sekarang

Mendaki praktis dengan ikutan open trip. Sumber foto

Kalau Kamu pengen naik gunung tapi nggak punya banyak waktu buat mempersiapkan segalanya, nggak perlu pusing lagi. Soalnya nih sekarang udah banyak banget open trip pendakian yang bisa Kamu ikuti. 

Cukup dengan bayar sejumlah uang, Kamu udah bisa mendaki dengan tenang tanpa perlu mikir banyak persiapan. Tapi Kamu harus hati-hati ya gais dalam memilih jasa open trip yang terpercaya. Jangan sampai nih mau naik gunung praktis malah jadi sial karena ketipu jasa open trip pendakian abal-abal.

7. Nggak punya alat pendakian bukan berarti nggak  bisa naik gunung, karena sekarang udah banyak banget outlet penyewaan alat-alat pendakian

gampangnya pendakian zaman sekarang

Nggak punya alat tinggal sewa. Sumber foto

Dulu kalau mau naik gunung ya paling nggak punya peralatan dasar sendiri. Kalau mau pinjem juga susah, soalnya yang punya alat pendakian masih jarang. 

Beda lagi dengan zaman sekarang, yang nggak punya alat pendakian pun bisa dengan mudah nyewa di outlet-outlet pendakian. Mulai dari tenda, matras, SB, headlamp, dan peralatan lainnya bisa disewa. Jadi nggak perlu modal banyak kalau sekadar ingin mencoba naik gunung.

8. Fasilitas di gunung yang makin lengkap, bikin pendakianmu makin mudah dan nyaman

gampangnya pendakian zaman sekarang

Meski sederhana di gunung juga udah ada kamar mandi. Sumber foto

Di beberapa gunung bahkan udah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet di beberapa titik tertentu. Kamu jadi nggak perlu bingung kalau mau buang air. 

Gunung saat ini juga udah dilengkapi dengan petunjuk arah yang jelas dan tersebar di berbagai titik pendakian. Jadi nggak perlu takut kesasar selama ikut petunjuk yang udah ada. Naik gunung jadi makin mudah dan nyaman kan kalau kayak gini?

9. Adanya kemajuan teknologi informasi bikin Kamu bisa update info tentang gunung dengan cepat dan akurat

gampangnya pendakian zaman sekarang

Info pendakian juga bisa dicari di website resmi gunung yang Kamu tuju. Sumber foto

Kamu berencana mendaki ke sebauh gunung tapimasih bingung gimaa kondisi jalur pendakian di gunung tersebut? Gampang, saat ini banyak gunung yang udah punya alamat website resmi. Di sana Kamu bisa dapetin info lengkap dan akurat seputar gunung yang ingin Kamu daki.

Mulai dari info jalur pendakian yang bisa Kamu pilih, kondisi jalur pendakian, kondisi terkini gunung (apakah bahaya atau nggak untuk didaki) sampai info buka tutup jalur pendakian. Jadi nggak perlu repot tanya sana-sini yang mungkin infonya belum akurat. 

BONUS, mendaki gunung sambil cari angle foto yang keren sekarang udah bukan jadi hal yang sulit

gampangnya pendakian zaman sekarang

Cari spot foto keren nggak perlu bingung lagi. Sumber foto

Dengan makin banyaknya foto-foto yang tersebar di internet, Kamu jadi bisa dengan bebas menjajal berbagai angle untuk hunting foto di gunung. Dapet hasil jepretan keren dengan angle yang pas bisa jadi bonus dalam pendakian Kamu. 

Beda dengan pendakian zaman dulu yang masih belum tahu, angle mana aja sih di gunung yang bisa dipotret dan menghasilkan foto yang bagus dan keren. 

***

Naik gunung saat ini emang bukan jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Ini juga karena makin bertambahnya kreatifitas pengelola gunung. Tapi ada hal yang harus Kamu perhatikan. Meski naik gunung sekarang makin gampang, tapi nggak berarti Kamu bebas merusak gunung.

Dengan banyaknya fasilitas yang ada di gunung, Kamu harusnya mau ikut serta menjaganya agar bisa dinikmati pendaki lainnya. Jangan semena-mena merusak cuma demi ego pribadimu. Ingat ya, gunung milik semua orang jadi mereka semua juga punya hak yang sama untuk menikmati keindahan gunung yang alami, tanpa ada kerusakan karena ulah manusia. 

Baca juga:

banner experience