Sidebar

Selain Naik Gunung, Ini 9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tanggal 17 Agustus

Indonesia itu luas, jangan naik gunung aja bob.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Pada 17 Agustus 2016, Indonesia  merayakan hari jadi ke-71. Sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia, setiap hari kemerdekaan Indonesia selalu diramaikan dengan berbagai macam acara.

Ketika masih bocah, berbagai macam lomba pasti kita ikuti. Mulai dari lomba memasukan pensil ke dalam botol, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, hingga balap kelereng. Saat mulai menginjak dewasa, eh, kita jadi suka berlomba nikung teman.

Meski demikian, dibanding yang hobi nikung teman, tetap lebih banyak yang merayakan kemerdekaan dengan naik gunung, sih. Saking banyaknya, sudah bisa diprediksi jika setiap tanggal 17 Agustus, semua ‘gunung populer’ di Indonesia penuh dengan atribut pendakian dan bendera merah putih. Saya pikir, tahun ini pun, upacara di gunung masih menjadi kegiatan idola anak muda.

Nah, daripada kamu ke gunung yang sudah pasti ramai, ada alternatif kegiatan lain yang bisa dilakukan, ini 9 di antaranya:

1. Wisata museum sekali dalam setahun

Wisata Museum Tsunami Aceh. Foto berasal dari sini

Saya tahu, kamu pasti sangat malas buat jalan-jalan ke museum. Iya sih, emang wisata museum itu membosankan. Tapi, ini kan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia, nggak ada ruginya kok kalau kamu main ke museum. Kamu bisa mempelajari sejarah bangsa. Siapa tahu kamu bisa menemukan bukti bahwa atlantis benar-benar ada di nusantara.

2. Gimana kalau kamu ikut volunteering? Bisa sekalian jalan-jalan, lho!

Aduh, kalau teachernya kakak-kakak bule tampan gitu, mau dong jadi muridnya. Foto berasal dari sini

Kegiatan yang satu ini sangat cocok buat kamu yang berjiwa sosial tinggi. Mumpung hari kemerdekaan masih seminggu lagi, kamu bisa mencari rumah singgah yang membutuhkan bantuanmu. Salah satu tempat singgah yang menerima volunteer adalah Taman Bacaan Pelangi. Untuk info lebih lengkap, silakan kunjungi websitenya di tamanbacaanpelangi.com

3. Kalau masih kurang menarik, tanam magrove juga asik

Wow, upacara di area hutan mangrove, keren ya? Foto berasal dari Komunitas Relawan Mangrove Indonesia

Biasanya nih, menjelang 17 Agustus, ada banyak komunitas mangrove Indonesia yang mengadakan upacara 17 Agustus dan penanaman mangrove. Kamu bisa join Komunitas Relawan Mangrove Indonesia. Salah satu komunitas yang rutin mengagendakan upacara setiap 17 Agustus.

4. Atau upacara di dasar laut bersama ikan-ikan lucu?

Bisa mengibarkan bendera merah putih di dasar laut itu keren lho. Foto berasal dari sini

Terinspirasi dari film animasi garapan pixar, Finding Dory, kamu bisa melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di dasar laut dengan judul “Finding nationality”. Sounds great, huh?

5. Mungkin kamu bisa tunjukan rasa cinta tanah air dengan touring keliling Indonesia

Masnya keren, keliling Indonesia naik sepeda. Foto berasal dari sini

Kalau kamu masih nyelesain skripsi sedangkan dosenmu terlalu sibuk nggak bisa ditemui, daripada nganggur, gimana kalau kamu touring keliling Indonesia aja? Sambil bawa bendera Indonesia dan selembar kertas bertuliskan

“Indonesia itu luas, jangan cuma naik gunung aja bob”

*Anak gunung jangan baper, ye!

6. Bentangkan bendera di tebing-tebing tertinggi di Indonesia

Foto berasal dari sini

Kalau di gunung sangat ramai, kenapa tidak memanjat tebing saja? Kamu bisa upacara bendera di atas tebing. Setelah itu bentangkan bendera merah putih di sana.

7. Bisa mencontoh Tim SAR Yogyakarta, upacara bendera di pantai lepas Gunung Kidul

Foto berasal dari sini

Tahun-tahun sebelumnya, Tim SAR Yogyakarta melakukan upacara bendera di tengah laut lepas bersama masyarakat, nelayan, dan penggiat olahraga air. Kamu juga bisa ikut berpartisipasi lho.

8. Jika upacara di gunung sudah mainstream, coba deh upacara di destinasi wisata Indonesia, misalnya di Raja Ampat!

Pak Jokowi nyari apa? Foto berasal dari sini

Kalau kamu berhasil melakukannya, kamu bakal jadi salah satu anak muda Indonesia keren! Karena kamu tidak ikut arus!

9. Raja Ampat kejauhan? Bikin upacara [perpisahan] di rumah mantan aja

Kok, yang upacara pocong, tuyul, dan sebangsanya ya? Foto berasal dari suryamalang.com

Karena Raja Ampat sangat jauh dan mahal, Kamu bisa upacara [perpisahan] di rumah mantan. Jadian baik-baik, putusnya juga harus yang terhormat lho, ya.

Ini saya kenapa? Mungkin saya sudah bingung mencari ide lagi. Kalau kamu punya ide seru buat mengisi hari kemerdekaan ke-71, silakan isi komentar di bawah. Terima kasih, salam abita! (aku bangga Indonesia Tanah Airku)

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END