Sidebar

Gunung Lawu Terbakar, Seluruh Jalur Pendakian Ditutup

Hingga saat ini, belum terdapat kejelasan penyebab Gunung Lawu terbakar. Namun, dipastikan hutan seluas 1,5 hektare hangus terbakar.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Gunung Lawu terbakar, seluruh jalur pendakian Gunung Lawu via Gunung Lawu via Candi Cetho, Cemoro Kandang, dan Cemoro Sewu ditutup.

Baca juga: Mahluk gaib dalam mitos gunung Lawu

Melansir dari travel.kompas.com, Humas Paguyuban Giri Lawu, Arik Purnomo mengatakan bahwa kebakaran terjadi di jalur pendakian via Candi Cetho. Kurang lebih di bawah puncak Hargo Tiling. Untuk sementara waktu, seluruh jalur pendakian ditutup.

Masih melansir dari sumber yang sama, menurut Arik, para pendaki yang berada di puncak Gunung Lawu pun dikabarkan telah turun sejak Selasa (19/6). Mereka dibantu oleh para anggota Paguyuban Giri Lawu.

Gunung Lawu terbakar, pendaki yang terjebak dikabarkan sudah turun. Foto dari kriminologi.id

Sebelumnya dikabarkan, sebanyak 400 pendaki di hutan kawasan Gunung Lawu masih berada di Puncak Hargo Tiling, Petak 63 RPH Nglerak, BKPH Lawu Utara, Kecamatan Jenawi, Karanganyar yang terbakar. Mereka diimbau melalui radio maupun pesan singkat agar turun terkait kebakaran tersebut.

Hingga saat ini, belum terdapat kejelasan penyebab Gunung Lawu terbakar. Namun, Asisten Perhutani Lawu Utara, Edy Saryono menjelaskan bahwa kebakaran hutan telah mencapai 1,5 hektare. Tanaman yang terbakar seperti semak-semak dan perdu. Untuk sementara waktu, api sudah mengecil karena kondisi cuaca gerimis.

Baca juga: Misteri pasar setan Gunung Lawu (video)

Saat ini Paguyuban Giri Lawu sedang melakukan koordinasi penanganan api di base camp Reco. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab kebakaran di Gunung Lawu.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

5 Jalur Pendakian Lawu, Gunung dengan Segudang Misteri

Bangunan Tertinggi di Dunia Adalah Sebuah Warung

Asyik! Ada WiFi di Cemoro Sewu, Gunung Lawu

Mengenal Sosok Mbok Yem, Berjualan di Atas Gunung Lawu Lebih dari 30 Tahun

Menguak Misteri Gunung Lawu Angker, Benarkah?

FALLBACK
The END