Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Seluruh Gunung di Indonesia Ditutup Untuk Aktivitas Pendakian

Saat ini, gunung menjadi tempat yang memiliki popularitas yang melebihi bioskop dan mall. Tiket murah dan tak banyak penjual makanan menjadi pilihan liburan murah yang banyak diserbu. Namun, melihat pemandangan gunung yang penuh sesak dengan manusia dan mengganggu ekosistem gunung, lalu bagaimana jika semua gunung ditutup?

Pernahkah Anda berpikir suatu saat gunung tutup? Menurut saya, mungkin saja. Melihat kenyataan saat ini terlalu banyak manusia tumpah ruah di gunung-gunung dan mengganggu ekosistem. Ditambah lagi para tim SAR yang harus susah payah menemukan orang hilang yang karena ulahnya sendiri tidak memperhatikan keselamatan saat pendakian.

Lalu, apa yang seharusnya Anda lakukan jika semua gunung di dunia tutup?

1. Jalan-jalan ke Pulau Komodo

gunung ditutup

Foto oleh Vivi Suciana

Indonesia itu bukan hanya ada gunung. Hamparan pulau tersaji dari Sabang sampai Merauke. Bisakanlah move on dari hobi naik gunung Anda. Bawa ransel Anda ke Pulau Komodo untuk mengenal Indonesia lebiha dekat.

Jangan menyesal jika Anda dibilang ‘anak gunung yang tidak tahu apa-apa tentang Indonesia’. Jangan kalah dengan turis mancanegara yang menghabiskan uang mereka hanya untuk mampir ke Pulau Komodo dan melihat kadal raksasa secara langsung di habitatnya yang telah dicatat UNESCO sebagai warisan dunia.

2. Diving ke Raja Ampat

Sebagai seorang pendaki, apakah Anda sempat berpikir untuk sekedar tahu tentang dunia menyelam? Dunia yang diagung-agungkan oleh presenter Nadine Chandrawinata ini mungkin akan menjadi solusi jika gunung-gunung di dunia tutup.

Alasan mengapa Anda harus diving ke Raja Ampat adalah karena menurut saya diving adalah sebuah aktivitas yang akan membuat Anda belajar tentang hidup, belajar tentang menghargai sebuah sumber kehidupan (air) yang harus terus dijaga untuk kelestarian penghuni air. Dan Raja Ampat menjadi pilihan diving, karena menurut para diver, spot diving paling keren di Indonesia itu ada di Raja Ampat.

3. Menyusuri Goa Gong, Jawa Timur

Pernahkah Anda mendengar sebuah rumor yang mengatakan jika Goa terindah di Asia Tenggara itu ada di Indonesia? Yap! sebenarnya rumor tersebut adalah sebuah kebenaran. Goa Gong yang berada di Pacitan, Jawa Timur adalah Goa yang sering dibicarakan menjadi goa terindah di Asia Tenggara.

Saya pastikan Anda akan segera move on dari rasa patah hati Anda dari larangan mendaki. Saat mengunjungi Goa Gong Pacitan, Anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.

4. Menengok Budaya di Tana Toraja

gunung ditutup

Foto oleh Korlena

Budaya di Indonesai sangatlah beragam. Sayang jika Anda tidak datang dan mencoba mengenal budaya-budaya Indonesia yang unik dan beragam itu.Menurut media Internasional, budaya paling unik yang dimiliki Indonesia itu berada di Tana Toraja.

Para penduduk Tana Toraja terkenal karena adatnya yang unik, rumah, pakaian, hingga proses acara kematian yang sangat tidak masuk akal hingga membuat seluruh dunia berbondong-bodong penasaran ingin menengok Tana Toraja. Anda tentu tidak ingin ketinggalan.

5. Menyusuri Pantai di Lombok dan Bali

pantai terindah indonesia

Foto oleh Balifun

Yakinlah, Anda tidak akan mati jika meninggalkan dunia pendakian. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam tetap bisa dinikmati di sebuah Pantai.

Cobalah untuk mampir ke Lombok atau Bali, Anda akan menemukan matahari terbit dan tenggelam terindah di pantai terbaik Indonesia. Selain itu, banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan sembari menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam.

6. Menikmati Danau Toba

Tahukah Anda, jika Danau Toba merupakan danau terluas di Asia tenggara? Bagi pecinta sejarah, wisata Danau Toba bisa menjadi pilihan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berada di wisata Danau Toba, Sumatera Utara ini. Anda tidak akan mati bosan dengan pemandangan indah disini. Tidak akan kalah dari pemandangan gunung yang sering Anda cari selama ini.

7. Melihat Terumbu Karang Wakatobi

gunung ditutup

Gambar diperoleh dari sini

Kata para pecinta pemandangan bawah laut, Wakatabo adalah surganya bawah laut dengan berbagai jenis ikan yang manari-nari di dalam air berikut dengan terumbu karang yang yang cantik. Di taman laut Wakatobi, Anda akan bertemu dengan terumbu karang langka yang jarang ditemui di laut lain di seluruh dunia.

Anda tidak akan kehabisan destinasi wisata saat gunung-gunung tutup. Yakinlah, Indonesia itu banyak memiliki keindahan.

Baca juga:

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar