facebook pixel

8 Fakta Unik Tanah Lot Ini Akan Membuatmu Takjub

Tanah Lot tetap berdiri kokoh di atas karang meski telah dihempas ombak puluhan tahun karena


Keelokan Pulau Dewata sudah tersohor hingga mancanegara. Harus diakui, Bali lebih dikenal dunia internasional ketimbang Indonesia sendiri. Tanah Lot adalah salah satu alasan mengapa banyak turis asing yang berbondong-bondong datang ke Bali. Lalu, apa sih yang menarik dari Tanah Lot?

1. Faktanya, Tanah Lot sajikan tiga kombinasi wisata sekaligus, wisata alam, sejarah, dan religi

Daya tarik Tanah Lot tidak hanya eksotisnya pura yang berdiri kokoh di atas batu karang besar. Tanah Lot semakin memesona dengan latar pemandangan pantai yang indah. Apalagi saat senja tiba, begitu sakral, mistis, dan menggetarkan hati. Bagi wisatawan beragama Hindu bisa berwisata sambil sembahyang di pura Tanah Lot.

2. Menakjubkannya, jalan menuju Tanah Lot akan “menghilang” saat air pasang

pura tanah lot

Tanah Lot seperti terapung! Foto berasal dari sini

Tanah Lot berada di tengah laut. Tak perlu menggunakan perahu, wisatawan bisa berjalan kaki menuju Pura Tanah Lot saat air laut sedang surut. Namun, jalanan akan tertutup air saat pasang. Tanah Lot terlihat seperti pulau kecil yang mengapung di lautan dari kejauhan.

3. Tetrapod menjadi jawaban mengapa Tanah Lot tetap berdiri kokoh di atas karang meski telah dihempas ombak puluhan tahun

 

Berpuluh-puluh tahun, Pura Tanah Lot terkena abrasi dan pengikisan karena ombak dan angin. Oleh karena itu dipasang tetrapod sebagai pemecah gelombang yang berupa karang buatan. Konstruksi bangunan pemecah gelombang sepanjang 182 meter dengan lebar sekitar 70 meter diletakkan di bawah air laut agar tidak mengganggu keasrian Tanah Lot.

4. Tanah lot “dijaga” beberapa ekor ular belang berwarna hitam dan putih berusia ratusan tahun?

pura tanah lot

Meski jinak, bisa ular welang mematikan lho! Foto berasal dari sini

Menurut pengakuan juru kunci, ular penjaga Tanah Lot telah berusia ratusan tahun. Namun, belum ada yang tahu pasti berapa usia ular welang itu. Ular sengaja tidak dipindahkan dari habitatnya di dalam gua agar tetap bisa dikunjungi turis.

5. Terdapat sumber mata air tawar alami di bawah Tanah Lot. Masyarakat setempat percaya bahwa air tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit

pura tanah lot

Foto berasal dari flickr.com

Yang mengagumkan adalah mata air tawar ini berasal dari deburan ombak laut yang asin. Ketika mata air ini diminum tidak terasa asin sama sekali malahan rasa segar yang didapatkan.

h2>6. Tanah Lot direnovasi dengan bantuan dana pinjaman Jepang sebesar 95 Milyar rupiah

pura tanah lot

Foto berasal dari flickr.com

Upaya perlindungan Tanah Lot dilakukan secara bertahap sejak tahun 1987. Pemerintah membutuhkan dana sekitar 95 miliar rupiah untuk melakukan perawatan Pura Tanah Lot. Dana pinjaman tersebut diperoleh dari Japan Bank for International Cooperation.

7. Tanah Lot memiliki 4 pura

pura tanah lot

Siluet Pura saat senja di Tanah Lot. Foto berasal dari Flickr.com

Pura Hindu yang digunakan untuk memuja dewa-dewa laut ini memiliki 4 pura yaitu Pura Tanah Lot, Pura Batu Bolong, Pura Batumejan dan Pura Enjung Galuh.

8. Jangan kunjungi Tanah Lot bersama pasangan, nanti putus di tengah jalan? Itu hanya MITOS!


Tahun 2014 silam, saya mengunjungi Tanah Lot sendirian tanpa pasangan. Kenyataannya, saya tetap saja putus dengan pasangan. Intinya sih, kisah percintaanmu dengan doi tidak tergantung pada Tanah Lot. Tapi bergantung pada komitmen kalian dan Tuhan Yang Maha Esa. Bukankah Tuhan maha membolak-balikkan perasaan? Iya kan? Tapi kenapa saya jadi membahas perasaan di Tanah Lot?

***

Turis asing saja jauh-jauh datang ke Bali untuk mengagumi keindahan Tanah Lot. Sebagai tuan rumah yang baik, jamulah para tamu dengan suguhan-suguhan yang menyejukan agar mereka datang kembali. Suguhkan wisata yang indah dan bersih dari sampah.

banner experience