facebook pixel

Lebaran selalu jadi momen untuk berkumpul dan berlibur dengan keluarga besar.

Entah bagi umat muslim atau non muslim, libur panjang lebaran emang selalu jadi momen tepat buat menghabiskan waktu bareng keluarga. 

Booking.com sebagai salah satu platform terdepan dalam pemesanan tempat penginapan di seluruh dunia baru-baru ini merilis 10 destinasi favorit di Indonesia. Kira-kira destinasi mana aja ya yang masuk ke daftar paling favorit pilihan wisatawan Indonesia?

#1 Kota Bandung, Paris Van Java yang pesonanya nggak pernah hilang termakan masa

destinasi pilihan favorit

Glamping di Bandung. Sumber foto

Buat Kamu yang suka dengan suasana sejuk pegunungan dan perkebunan teh, Puncak Eurad Pingping dan Ciater Tea Plantation bakal jadi pilihan yang pas banget. Pencinta makanan unik dan lucu, bisa mampir ke Doraemon D’moners Home yang punya menu dengan karakter kartun doraemon. Wih, asyik banget kan? Bisa makan sambil selfie-selfie.

Nah kalau Kamu termasuk orang yang suka banget nikmatin alam dengan cara camping, cobain deh sensasi camping “mewah” atau glamping di kawasan Lakeside Rancabali. Camping di tengah kebun teh dengan view danau, ciamik banget buat ngisi waktu liburan Kamu. 

Nggak heran sih kalau Bandung jadi kota terfavorit. 

#2 Siapa sangka kalau Jakarta malah jadi destinasi favorit di waktu libur lebaran kemarin

destinasi pilihan favorit

Kepulauan Seribu Jakarta. Sumber foto

Nah tahu nggak sih, kalau ternyata Jakarta yang dikenal dengan keramaian dan kemacetannya ini juga punya banyak destinasi hits yang keren. 

Ada Kepulauan Seribu yang punya pulau-pulau kecil yang cantik, cocok buat Kamu yang pengen menikmati pantai pasir putih. Ada beberapa aktifitas yang bisa Kamu coba, misalnya snorkeling. Atau bisa juga ke Dufan, Ancol atau TMII kalau mau berlibur bareng keluarga sambil menjajal berbagai wahana. 

Jakarta nggak akan habis buat dieksplore sih yang jelas. 

#3 Kota yang tercipta dari segenggam rindu, Yogyakarta

destinasi pilihan favorit

Destinasi hijau di Jogja. Sumber foto

Ada banyak tempat hits di kawasan Jogja yang bisa Kamu ekplore, misalnya De’Mata Museum 3D Art, Taman Sari, Keraton Yogyakarta atau wisata belanja di Malioboro.

Buat Kamu yang suka dengan wisata alam, Gunung Kidul adalah pilihan yang tepat! Kamu bisa liburan ke pantai Gunung Kidul yang udah eksis dengan keeksotisannya atau menjajal olahraga rafting di Arus Progo dan caving di Goa Jomblang. Seru deh pokoknya!

#4 Kuta Bali, di sini berwisata bareng keluarga nggak bakal membosankan dan garing

destinasi pilihan favorit

Waterboom Bali Kuta. Sumber foto

Karena ada banyak banget destinasi yang bisa didatangi. Ada waterboom Bali yang seru buat liburan bareng anak-anak, menjajal wahana surfing di kolam, sampai perosotan ekstrem yang bikin adrenalin memuncak. 

Pengen wisata ke pantai juga ada, Pantai Kuta dan Pantai Kelan yang sunsetnya luar biasa cantek. Ngajak anak buat belajar konservasi tukik di Bali Sea Turtle Society kayaknya juga seru. Jadi bisa sekalianbuat pembelajaran gitu. Soal cafe dan tempat makan, jangan ditanya lagu karena Kuta punya segudang cafe unik dengan pilihan menu yang bervariasi banget.

#5 Semarang, kota hits di pesisir utara Pulau Jawa

destinasi pilihan favorit

Hutan pinus Semarang. Sumber foto

Di kota pesisir ini Kamu bisa menyusuri kisah-kisah masa lalu di bangunan mistis Lawang Sewu. Akan lebih horor saat Kamu datang malam hari. 

Destinasi lain yang bakal memanjakanmu di antaranya Mangrove Edupark, hutan mangrove yang rimbun dan hijau di tepi Pantai Maron Semarang. Kamu bakal ngelihat lalu lalang pesawat yang landing dan take off dari kawasan hutan mangrove ini. 

Ada juga wahana bermain air, Water Blaster yang seru buat menghabiskan waktu libur sama keluarga.

#6 Menjelajah Kota Surabaya, menjajal serunya bermain air di wahana air terbesar di Asia Tenggara 

destinasi pilihan favorit

Serunya jelajah kota Surabaya. Sumber foto

Apa aja sih yang bisa dilakukan di Surabaya? Banyak kok. Mulai dari bermain di taman hiburan Surabaya Carnival Night, menjajal wisata air terbesar Asia Tenggara di Ciputra Waterpark, atau merasakan naik kapal menyeberangi lautan di Quay North Surabaya.

Kalau mau cari spot fotogenik, Kamu bisa mampir ke De Mata Trick Museum, Pantai Kenjeran, Kelneteng Sanggar Agung atau Jembatan Suramadu saat malam hari. 

Gimana, tertarik liburan ke Surabaya juga?

#7 Ubud Bali yang tersohor dengan persawahan cantik dan bikin jatuh hati

destinasi pilihan favorit

Tegallalang Ubud Bali. Sumber foto

Siapa yang nggak tahu teras sawah Tegallalang yang udah terkenalbanget di Ubud. Kawasan persawahan terasering yang cantik dan bikin Kamu betah lama-lama di sini. 

Selain Persawahan Tegallalang, destinasi alam menantang lainnya adalah Ayung rafting, Campuhan Ridge Walk di mana Kamu bisa ngerasain jalan santai di tengah sejuknya alam Ubud. Ada juga Ubud Monkey Forest yangmerupkaan hutan lindung, di dalamnya ada sebuah pura sakral Umat Hindhu. 

#8 Di Bogor Kamu bisa camping ala Indian, mau nyoba juga?

destinasi pilihan favorit

Camping ala Indian. Sumber foto

Bogor punya banyak potensi yang belum banyak tereksplore. Salah satunya adalah Apache Indian Camp, yangbisa bikin Kamu berasa lagi camping di tengah pemukiman warga Indian. Seru ya, apa malah serem?

Destinasi alam lain yang bisa Kamu datangi misalnya penangkaran elang di Kampung Loji, Telaga Warna Puncak, Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak, atau rumah pohon di Jembatan Jonggol.

Bogor juga punya banyak banget air terjun yang nggak akan habis dijelajahi dalam sehari!

#9 Seminyak, kota ketiga di Bali yang jadi favorit para wisatawan

destinasi pilihan favorit

Cafe unik Seminyak. Sumber foto

Seminyak adalah tempat sekaligus surga buat Kamu para pencinta kuliner. Soalnya nih di Seminyak ada banyak banget cafe dan bar yang bisa Kamu jelajahi. Masing-masing punya keunikan sendiri, mulai dari desain ruangannya yang epik sampai menu makanannya yang bervariasi banget.

Beberapa cafe hits di Seminyak misalnya Nirvana Burger Bar, Nook Bali, dan La Laguna. Ketiga cafe ini punya spot fotogenik spesial dengan tema yang beda. Jadi bisa banget buat pilihan destinasi wisata Kamu.

#10 Ada apa ya di Solo, kok bisa masuk ke destinasi favorit?

destinasi pilihan favorit

Wisata alam Solo. Sumber foto

Mungkin karena kotanya yang nggak terlalu ramai. Mungkin juga karena beberapa destinasinya emang menarik. 

Bayangin aja. di Kota solo ini ada Pandawa Water World Solo, wahana bermain air yang kental banget sama nuansa wayang. Unik banget kan tuh? Nggak ada di kota lainnya lagi. Ada juga wisata alam air terjun Jumog dan Tawangmangu yang sejuk banget, bikin hati dan pikiran adem ayem. 

Solo yang masih memiliki silsilah keluarga kerajaan juga jadi daya tarik tersendiri lho. Kamu bisa sesekali mampir ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

***

Dari kesepuluh destinasi favorit wisatawan ini, kota mana sih yang paling pengen Kamu kunjungi kalau ada libur panjang? Bandung, Semarang, Jakarta, Bali atau lainnya?

Nggak masalah mau kemana, yang penting jangan lupa baca artikel dari Phinemo buat cari rekomendasi tempat yang kece dan hits. Oke?

Baca juga:

banner experience