Ini Tempat Wisata Banyuwangi Terfavorit Sepanjang 2017

Destinasi apa yang paling populer di Banyuwangi? Kawah Ijen, Baluran, Alas Purwo, Pulau Merah atau Meru Betiri? Semua destinasi ini memang sangat terkenal di kalangan para wisatawan, namun selain daftar destinasi ini masih ada deret panjang wisata Banyuwangi di 2017 yang tak kalah tenar. Seperti misalnya Songgon yang menggoda dengan pesona alamnya, atau wisata kuliner rujak soto yang siap menggoyang lidah. 

Baca juga: 9 Surga alam tersembunyi di Banyuwangi yang tak melulu soal Ijen dan Baluran, catat!

Masih ada sisa-sisa waktu untuk menikmati keindahan wisata Banyuwangi 2017, jadi pastikan untuk tidak melewatkan daftar destinasi berikut:

1. Waduk Bajulmati yang disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Jawa

wisata banyuwangi 2017

Waduk Bajulmati, wisata Banyuwangi 2017 yang harus dikunjungi. Foto oleh @lika_lastri

Di Kabupaten Bondowoso ada sebuah waduk mirip dengan Raja Ampat yang ada Provinsi Papua Barat. Destinasi ini adalah Waduk Bajul Mati. Waduk ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. 

Di waduk ini terdapat gundukan-gundukan tanah menyerupai bukit kecil yang kalau dilihat dari atas mirip dengan pemandangan di Raja Ampat. Tak heran kalau banyak yang menyebut tempat ini Raja Ampatnya Jawa. Waduk ini bisa dijangkau baik dengan kendaraan roida empat maupun roda dua. Untuk masuk ke kawasan wisata waduk ini wisatawan hanya perlu membayar Rp20.000/mobil atau Rp10.000/motor.

Waduk Bajulmati berada di Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Hutan Pinus Songgon, tempat asyik untuk camping di Banyuwangi

wisata banyuwangi 2017

Hutan pinus Songgon dengan banyak pilihan aktivitas. Foto oleh @aurora_portraiture

Salah satu daftar wisata Banyuwangi yang sedang tenar tahun 2017 ini adalah Hutan Pinus Songgon. Di hutan pinus ini wisatawan dapat melakukan banyak aktifitas, mulai dari bersantai menikmati udara sejuk, berfoto ria, atau bisa juga camping bersama keluarga. 

Pengelolaan hutan pinus Songgon ini sebetulnya meniru pengelolaan hutan pinus yang ada di Dlingo, Jogjakarta. Untuk yang suka berfoto terdapat spot khusus dengan hiasan lampion dan payung warna-warni. Untuk yang ingin bersantaimenikmati udara sejuk hutan pinus bisa memanfaatkan fasilitas hammock. Dan yang jelas wisatawan juga bisa camping ceria bersama pasangan, keluarga dan sahabat. 

Hutan pinus Songgon berada di Sumberbulu, Songgon, Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca juga: Informasi lengkap tentang wisata Songgon untuk yang ingin berlibur ke sini. 

3. Jawatan Benculuk, wisata alam yang cukup populer di Banyuwangi pada 2017

wisata banyuwangi 2017

Jawatan Benculuk, salah satu wisata alam di Banyuwangi. Foto oleh @ayodolan

Nama Jawatan Benculuk mungkin memang baru-baru ini mulai naik daun di kalangan wisatawan Banyuwangi. Jawatan Benculuk ini merupakan kawasan hutan hijau dan asri yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman, seperti wesah, jati, kelengkeng, salak alas, kepong dan santinet. Nuansanya mirip seperti difilm-film hollywood,  salah satunya scene film Transformers dalam adegan berkuda di jalanan dengan pohon berliuk. 

Selain bisa menikmati suasana hutan yang asri, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktifitas. Mulai dari memancing, bakar ikan bersama keluarga atau menantang diri dengan bermain arung jeram. Meski arusnya tidak sebesar aliran Sungai serayu, tapi cukup untuk bersenang-senang dihari libur. 

Jawatan Benculuk berada di Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

4. Berwisata kuliner rujak soto khas Banyuwangi

wisata banyuwangi 2017

Rujak soto Mbok Mbret yang legendaris. Foto oleh @dewipw25

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khasnya. Banyuwangi punya satu kuliner yang tak boleh dilewatkan begitu saja yaitu rujak soto. Hidangan ini rasanya sangat unik, perpaduan rasa rujak yang pedas dengan buah-buahan dan kuah soto plus daging yang gurih membuat hidangan rujak soto ini banyak diserbu oleh wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

Di Banyuwangi sendiri tak terlalu sulit menemukan rumah makan atau warung legendaris yang menjual hidangan rujak soto. Salah satunya adalah rumah makan rujak soto Mbok Mbret yangberada di kawasan Cluring, Banyuwangi. 

5. Desa Gombengsari, paket wisata lengkap sekaligus edukasi

wisata banyuwangi 2017

Paket wisata Banyuwangi 2017 lengkap di Gembongsari. Foto oleh @kopi.lego

Banyuwangi hanya unggul dalam wisata alam? Tidak juga, karena nyatanya Banyuwangi juga punya Desa Gombengsari yang tawarkan paket wisata lengkap, mulai dari wisata alam, sejarah hingga edukasi. Di kawasan Desa Gombengsari ini wisatawan bisa mengikuti tur perkebunan kopi dan akan mendapat penjelasan detail mengenai kopi dari petani lokal. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat proses pengolahan kopi, bahkan bisa ikut terjun langsung mencobanya. 

Aktifitas lain yang ditawarkan adalan wisata edukasi, mulai dari memerah susu kambing etawa, memberi makan, berkeliling wisata alam dan menjelajah sisa-sisa peninggalan Belanda hingga wisata alam berupa air terjun. Lokasinya bahkan tak jauh dari pedesaan. Benar-benar paket wisata yang menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga, terutama anak-anak. 

Lokasi Desa Gombengsari ini berada di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. 

Dapatkan ulasan menarik tentang Banyuwangi dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar