Bukan di Dieng, Ternyata Ini Daerah Terdingin di Indonesia dengan Suhu Mencapai Titik Beku

Distrik Mulia dan Kota Mulia adalah dua kota yang bisa dibilang sebagai daerah terdingin di Indonesia. Dua wilayan ini berada di ketinggian 2.448 mdpl

Ditulis Oleh Wike

Foto/goodnewsfromindonesia

Banyak orang yang bilang Dieng adalah daerah terdingin di Indonesia. Namun ternyata anggapan ini kurang tepat karena daerah terdingin di Indonesia berada di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Distrik Mulia dan Kota Mulia adalah dua kota yang bisa dibilang terdingin di Indonesia.

Dua wilayan ini jadi wilayah terdingin karena pemukiman penduduknya berada di ketinggian 2.448 mdpl, dan menjadi kota dengan daratan tertinggi di Indonesia. Luas wilayahnya 883 kilometer persegi dan jumlah penduduknya mencapai 24.649 jiwa.

Baca juga: Deretan Kota dengan Cuaca Ekstrem, Hati-hati Liburan ke Sini

Malam yang dingin bisa membuat Anda menggigil

daerah terdingin di indonesia

Ini dia daerah terdingin di Indonesia. Foto/ goodnewsfromindonesia

Pada malam hari, suhu di kota ini mencapai 9 derajat celcius. Bahkan karena jaraknya yang tak jauh dari pegunungan Jaya Wijaya membuat suhu udaranya turun hingga titik beku, alias nol derajat celcius.

Selain itu, curah hujan di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya menurut BMKG terjadi hampir setiap tahun.

Lokasi kota ini kurang lebih satu jam dari Kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang mampu memuat sembilan penumpang. Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Baca juga: 5 Restoran Dekat Danau Sentani Terbaik untuk Cicipi Kuliner Jayapura

Sedangkan untuk jalur darat membutuhkan waktu 16 jam. Perjalanan daratnya cukup menyulitkan karena jalan berupa tanah dan bebatuan. Bajkan melewati bukit dan jurang curam di kanan kirinya.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang INDONESIA, tulisan lain Wike

Di fitur baru Phinemo, Anda bisa pesan paket liburan dengan mudah. Ingin tahu lebih banyak? Masukkan email Anda pada kolom di bawah.

* indicates required

Tag :



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post