Caruban Carnival 2016 Kenalkan Kearifan Lokal Kota Cirebon

Foto dari Ira Oktarini

Pada Minggu (22/5/2016) Caruban Carnival 2016 meramaikan wisata Cirebon. Menurut Bupati Cirebon sendiri, ini adalah karnaval terbesar di Jawa Barat.

caruban carnival

Foto merupakan siaran pers penyelenggara

The Caruban Carnival 2016 digelar dengan mengangkat tema The Imagine of Mask.

Dalam event ini juga ditampilkan  performing art dari rombongan Solo Batik Carnival yang terdiri dari 15 model, 4 diantaranya menggunakan kostum prototipe SBC IX.

caruban carnival

Foto merupakan siaran pers penyelenggara

Kehadiran rombongan SBC ini selain untuk meramaikan Caruban Carnival, juga sekaligus mempromosikan event Solo Batik Carnival ke 9 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Juli 2016 mendatang yang mengambil tema “Mustika Jawa Dwipa” dengan 4 defile yaitu Keris, Gamelan, Lampu dan Candi.

Caruban Carnival 2016 berlangsung di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev) pada siang hingga sore hari Minggu (22/5/2016) kemarin, para peserta mengenakan kostum unik dengan tema topeng yang merupakan salah satu kesenian khas Cirebon. Menempuh rute sejauh 2 kilometer dari Ruko Cirebon Bisnis Center sampai finish di Hotel Patrajasa.

caruban carnival

Foto merupakan siaran pers penyelenggara

Lima topeng yang selama ini dikenal, yakni Panji yang akan ditemakan (The Imagine of Panji), Samba (The Imagine of Samba), Rumyang, Tumenggung, dan Kelana. yang memiliki makna filosofis mengacu pada sifat-sifat manusia, tampil di Caruban Carnival tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon mengatakan jika tema ‘The Imagine of Mask’ dimaksudkan untuk menguatkan peran tari topeng Cirebon dalam khazanah kepariwisataan.

 

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar