Cara Menghitung Harga Paket Tour Agar Tak Merugi

Cara mnyusun harga paket wisata gar bisanis tidak merugi (Flickr/

Pada bisnis tour travel, harga produk merupakan aspek penting yang harus disusun dengan pertimbangan matang. Harga yang terlalu tinggi akan membuat produk sulit bersaing di pasar bebas, sedangkan harga yang terlalu rendah berpotensi menyebabkan kerugian bisnis. Harga produk yang baik harus diperhitungkan dengan tepat agar mampu bersaing di pasar namun tetap memberikan profit.

Penyusunan harga produk tour didasarkan atas seluruh komponen biaya peyusunan paket wisata. Oleh karena itu biaya komponen yang diperkirakan akan dikeluarkan sangat mempengaruhi dan menentukan penyusunan harga produk tour. Cara penyusunan harga produk tour ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu,

  • Menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan, baik biaya langsung maupun tak langsung.
  • Hanya menghitung biaya langsung saja (meminimalisir biaya tak langsung). Perhitungan jenis ini tidak akurat tapi mendekatkan kepada tujuan penyusunan harga dan tidak berorientasi pada profit.

Harga dari produk yang berbentuk paket wisata terdiri atas harga paket dan harga satuan. Harga paket adalah total yang harus dibayarkan oleh rombongan, sedangkan harga satuan adalah biaya yang ditanggung oleh setiap wisatawan. Prosedur menentukan perhitungan penyusunan harga paket wisata yang dapat mencapai pendekatan untuk menentukan harga per orang adalah sebagai berikut.

  1. Mengiventarisasi seluruh komponen biaya penyusunan paket yang dapat terdeteksi (terhitung).
  2. Menyusun harga berdasarkan perhitungan, tidak menurut perasaan atau kira-kira.
  3. Mengambil kebijaksanaan menggunakan serving cost dan stand by cost, untuk mencegah dampak bila terjadi perubahan terhadap harga yang telah disusun.
  4. Dari awal perhitungan telah mencari biaya yang menyatakan biaya per pax, baru dilakukan penjumlahan untuk mencari jumlah biaya per orang.
  5. Menjumlahkan seluruh biaya untuk sejumlah pax, baru melakukan pembagian dengan jumlah pax yang diperhitungkan.
  6. Pada jumlah biaya per orang yang diperoleh ditambhakan dengan perhitungan (a) sur charge, mark up, atau margin atas keuntungan yang diharapkan, besar kecilnya disesuaikan dengan kebijaksanaan dari setiap perusahaan; (b) harga jual bila memakan jasa distribusi harus ditambah dengan persentase komisi yang akan diberikan kepada distributor; (c) bila diperlukan dalam harga jual sudah termasuk dalam perhitungan kondisi harga, misalnya complimentary.
  7. Menghitung harga paket wisata yang dinyatakan dalam mata uang tertentu. Umumnya di Indonesia menggunakan US$.
  8. Menghitung harga dengan cara/metode Cost ditambah Pricing.

Setelah harga tersusun selanjutnya yaitu memasarkan produk. Di era digital seperti sekarang sangat penting untuk melakukan pemasaran secara online, salah satunya dengan bergabung Phinemo Marketplace. Syarat yang sederhana dan gratis akan membuat produk dapat dilihat oleh seluruh pembaca Phinemo.com di Indonesia.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar