Cara Menangani Keluhan Pelanggan Secara Profesional

Cara menangani keluhan pelanggan secara profesional (Flickr/charlesjamesking2019).

Sebagai sebuah bisnis yang menawarkan jasa, bisnis tour travel akan selalu berhadapan dengan pelanggan. Tak jarang walaupun sudah memberikan pelayanan yang maksimal masih saja terdapat pelanggan yang tidak puas dengan memberikan keluhan. Dalam dunia bisnis keluhan merupakan hal lumrah dan mungkin terjadi.

Setiap orang memiliki standar kepuasan yang berbeda-beda. Keluhan menjadi tanda bahwa mereka peduli terhadap bisnis anda. Terlepas dari bagaiaman cara menyampaikannya, keluhan menjadi kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas bisnis anda.

Menurut data dari Help Scout, sembilan dari sepuluh pelanggan akan tetap membeli dan menggunakan jasa dari bisnis anda meskipun baru saja melakukan kesalahan. Hal ini tentunya jika anda berusaha memperbaiki kesalahan tersebut. Saat pelanggan anda mengeluh, lakukanlah beberpa hal berikut agar masalah segera terselesaikan dan pelanggan tidak kecewa.

1. Jadi pendengar yang baik

Hal pertama yang harus dilakukan saat pelanggan mengeluh yaitu menjadi pendengar yang baik. Dengarkan semua keluhan pelanggan dengan seksama tanpa memotong pembicaraannya. Catat semua poin penting yang dikeluhkan oleh pelanggan. Tetaplah bersikap ramah dan jangan sampai tersulut emosi. Tunjukan rasa empati dengan meminta maaf dan meyakinkan pelanggan agar tenang.

2. Berikan solusi dengan cepat dan tepat

Setelah pelanggan telah selesai menyampaikan keluhannya, selanjutnya segera selesaikan permasalahan tersebut dengan cepat dan tepat. Jelaskan secara mendetail solusi atas permasalahan kepada pelanggan, kemudian tanyakan apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan permasalahannya. Jangan coba sekali-kali untuk menghindari keluhan pelanggan karena hanya akan berakibat buruk pada bisnis anda nantinya.

3. Obati kekecewaan pelanggan

Saat menyampaikan keluhannya, sejatinya saat itu pelanggan sedang merasa sangat kecewa. Obati kekecewaan pelanggan dengan memberikan potongan harga, diskon, atau voucher. Jangan biarkan kekecewaan pelanggan berlarut-larut karena dapat memperburuk citra bisnis.

4. Catat keluhan pelanggan untuk evaluasi

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk produk bisnis anda. Yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbaiki kekurangan agar diperoleh produk yang semakin baik. Saat pelanggan memberikan keluhan mereka manfaatkan hal itu untuk menjadi bahan evaluasi meningkatkan kualitas dan pelayanan dari produk bisnis anda.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar