Bubur Pekong, Kuliner Legendaris Singkawang

Bubur Pekong merupakan menu sarapan legendaris di Singkawang. Letaknya strategis dan rasanya terkenal sangat lezat. Bukan hanya itu, harganya pun terjangkau.

Ditulis Oleh Wike

Bubur ini memiliki rasa yang unik karena menggunakan daging sapi dan kaldu sapi sebagai pelengkapnya. Foto oleh

Nama Bubur Pekong mungkin memang kurang familiar di telinga kita. Bubur ini sendiri hanya ada di Singkawang, Kalimantan Barat. Di daerah lain di Indonesia mungkin ada, tapi sangat jarang.

Bubur Pekong, menu sarapan wajib di Singkawang

bubur pekong

Bubur ini memiliki rasa yang unik karena menggunakan daging sapi dan kaldu sapi sebagai pelengkapnya. Foto oleh helloikun

Menu sarapan di Singkawang memang beragam tapi ke Singkawang tak lengkap jika belum mencicipi menu sarapan lezat Bubur Pekong.

Bubur Pekong sendiri adalah bubur khas di daerah Pekong atau Vihara Tri Dharma Bumi Singkawang. Warung bubur ini berada di belakang vihara dan sering menjadi menu sarapan para warga setempat dan para turis yang datang ke Singkawang.

Isian Bubur Pekong sendiri terdiri dari bubur yang diberi racikan ikan teri goreng, irisan kecil daging sapi, lobak, kacang goreng, daun sop, taburan bawang goreng dan tak lupa kuah kaldu daging sapi dan emping sebagai pelengkap.

Rasanya berbeda dari bubur biasanya yang disajikan dengan ayam suwir. Kaldunya pun berbeda karena menggunakan kaldu sapi. Hidangan ini membawa kita merasakan sensasi mencicipi bubur yang berbeda khas Singkawang.

Baca juga: 7 Kuliner Singkawang Wajib Dicicipi Pencinta Kuliner

Legendaris, bubur ini sudah ada sejak 40 tahun lalu

bubur pekong

Bubur Pekong terkenal karena lezat dan legendaris. Foto oleh ragocollectionptk

Iya, Warung Bubur ini memang sangat legendaris. Sudah berdiri sejak 40 tahun lalu dan dikelola Kartinah (62) bersama bersama suaminya (alm) Misno.

Cara membuat bubur ini cukup sederhana, Kartinah hanya perlu memotong-motong daging berbentuk dadu dengan ukuran yang kecil seperti dalam hidangan mie ayam. Setelah itu memasukkannya ke dalam mangkuk yang telah berisi bubur dan ditaburi dengan toping lainnya serta tak lupa kaldu sapi yang telah direbus lama dengan daging sapi yang diiris kecil tadi.

Baca juga: Bubur Gunting, Kuliner Singkawang Cocok untuk Sarapan

Tempatnya unik, cukup luas untuk jadi tempat sarapan dengan keluarga dan teman

bubur pekong singkawang

Pemandangan Warung Bubur Pekong. Foto oleh benny_bento_chaniago

Warung Bubur Pekong ini memiliki dua pilihan tempat atau ruangan, yakni indoor atau outdoor. Agar hidangan bubur pekong menyatu dengan suasana Singkawang, lebih baik pilih ruangan outdoor saja.

Pelanggan bisa makan di gang yang instagenik dengan latar gang yang klasik. Pemilik warung telah menyediakan kursi dan meja untuk menikmati hidangan bubur di lorong gang untuk pelanggan.

bubur pekong

Ruangan di warung bubur Pekong. Foto oleh rikiindardi

Karena letaknya di pusat Kota Singkawang, tepatnya di belakang klenteng tertua di Singkawang, warung ini sering diserbu oleh wisatawan sehingga jika ingin menikmati bubur di sini harus sedikit sabar antre.

Harga seporsi bubur pekong ini sangat terjangkau, yaitu Rp 15 ribu saja. Anda hanya tinggal datang ke jalan Niaga, Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat untuk mencicipi kuliner ini. Selain bubur, di sini Anda juga bisa mencicipi menu lainnya yaitu Sate Taichan dan lontong.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KULINER SINGKAWANG, tulisan lain Wike

Tag : , , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post