Benda Paling Jorok di Bandara Ternyata Sering Kita Sentuh

Foto/IDN Times

Sebagai tempat yang sering disinggahi oleh orang dari berbagai belahan bumi, bandara menjadi salah satu tempat berseliwerannya kuman-kuman. Tanpa disadari, sarangnya para kuman terdapat pada benda yang begitu dekat dengan kita.

Percayakah Anda bahwa nampan di area pemeriksaan keamanan dengan metal detector merupakan benda paling berkuman di bandara?

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh BMC Infectious Diseases, tim riset dari University of Nottingham dan Finnish National Institute for Health and Welfare menemukan nampan di area pemeriksaan memiliki jumlah bakteri yang paling banyak diantara benda lainnya.

benda paling jorok di bandara

Foto/IDN Times

Nampan di tempat umum juga tergolong benda yang mudah “mengumpulkan” kuman, baik di bandara maupun di pesawat. Dalam sebuah studi pada tahun 2015 ditemukan bahwa meja nampan di pesawat mengandung bakteri terbanyak di kabin pesawat.

Bukan hanya itu, beberapa tempat paling berisiko tinggi lainnya adalah area dekat kasir di toko, sepanjang pegangan tangga, loket tempat check-in, hingga area bermain anak-anak.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Dinobatkan Sebagai Bandara Terbaik Dunia

Virus yang paling umum ditemukan adalah Rhinovirus yang mampu menyebabkan gejala flu.

Cara melawan kuman pada benda paling jorok di bandara

benda paling jorok di bandara

Mencuci tangan dengan benar akan meminimalisir penularan virus. Foto/gregetan

Masih menurut para peneliti, jika ingin melawan kuman bandara Anda bisa mencuci tangan dengan benar.

“Orang-orang bisa meminimalisir penularan dengan cuci tangan secara higienis dan batuk ke sapu tangan atau tisu, lakukan setiap saat terutama jika berada di tempat umum,” ungkap Jonathan Van Tam, profesor proteksi kesehatan dari Universitas Nottingham.

Hal sederhana ini dapat mencegah pandemi. Bukan hanya di bandara, tapi juga tempat-tempat wisata yang juga selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Baca juga: Hindari Minum Air Putih di Dalam Pesawat

Hal sederhana ini, lanjutnya, dapat mencengah pandemi. Selain itu, pencegahan tersebut penting dilakukan di area-area dengan banyak orang seperti bandara. Apalagi bandara merupakan tempat orang-orang bepergian dari dan ke berbagai tempat di dunia.

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran