facebook pixel

Mengapa Hong Kong Sering ‘Dipersalahkan’ Orang Indonesia?

Adek: "Bang, duitnya lagi banyak ya? Kok jalan-jalan terus sih? Ajakin adek dong, Bang!" || Abang: "Banyak duit dari Hong Kong, dek!"


Hong Kong; kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok di Pearl River Estuari dan Laut Tiongkok Selatan.

hong kong

Hong Kong memiliki keindahan yang bikin jatuh cinta. Tapi mengapa banyak orang sering mempersalahkan hal Hong Kong? Foto dari sini.

Bicara tentang Hong Kong, kota yang terletak di negara Tiongkok ini tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Apalagi dengan meme-meme lucu yang sering muncul di media sosial sering menyentilnya sebagai bahan lelucon. Contohnya meme berikut ini.

hong kong

Jika diingat-ingat, kata “dari Hong Kong” pasti pernah kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Entah untuk bercanda maupun untuk menimpakan sesuatu yang tidak benar ketika ditanya hal-hal (yang mugkin) serius oleh orang di sekitarmu.

Kamu tahu nggak sih mengapa orang Indonesia sering mempersalahkan “Hongkong” dalam setiap obrolan?

Kalau kamu orang Indonesia tulen pasti nggak asing dengan percakapan semacam ini.

Adek: “Bang, duitnya lagi banyak ya? Kok jalan-jalan terus sih? Ajakin adek dong, Bang!

Abang: “Banyak duit dari Hong Kong, dek!

Menurut saya, percakapan dengan imbuhan kata “..dari Hong Kong” ini sudah lumrah di Indonesia. Yang belum lumrah adalah asal muasal kata “..dari Hong Kong” dan siapa pencetusnya. Nah loh.. Siapa coba? Coba pikir deh.. Kira-kira bapak dan ibu kamu paham nggak kalau diajak ngomong soal si “Hong Kong” ini? Terus, kenapa harus Kota Hong Kong? Kenapa nggak Kota Paris atau negara Zimbabwe atau kota-kota lain di dunia?

Oke, mari kita kuak misteri mengapa orang Indonesia sering mempersalahkan “Hong Kong” saat ngobrol.

Ada dua versi cerita asal mula mengapa “Hong Kong” jadi tren di Indonesia

Well, karena di dunia ini banyak orang yang bingung saat saya tanya asal mula kata “..dari Hong Kong”, maka dari itu, saya memutuskan untuk bertanya dengan dukun andalan, yaitu Mbah Google.

Berdasarkan hasil tanya jawab saya dengan Mbah Google, akhirnya saya mendapatkan berbagai jawaban yang cukup bervariasi tentang asal mula kata “..dari Hong Kong” atau “Hong Kong” yang sering nongol di obrolan orang-orang Indonesia.

Versi 1: Kata “..dari Hong Kong” muncul dari para mahasiswa tahun 70’an

hong kong

Anak UI penyebar kata “..dari Hong Kong”? Mungkin aja sih! Sumber Foto

Ceritanya berawal ketika seorang mahasiswa UI di tahun 70’an pamer foto kuburan China yang ia potret di Hong Kong ke teman-temannya. Tapi, seiring waktu, ternyata mahasiswa ini terbukti berbohong dan ternyata foto tersebut di potret di Medan. Sejak saat itu, mahasiswa ini di sindir dengan kata “..dari Hong Kong”.

Hingga akhirnya kata “..dari Hong Kong” menjadi populer dan sering menjadi istilah yang menunjukkan berbagai hal yang berkaitan dengan kebohongan, penolakan, pengabaian, dan berbagai hal yang tidak sesuai dengan fakta. Tanpa sadar, kata ini menyebar ke eluruh daerah di Indonesia dan menjadi guyonan renyah hingga saat ini.

Versi 2: Kata “..dari Hong Kong” muncul karena banyak barang impor dari Hong Kong di tahun 60’an

hong kong

Baju Made In Hong Kong jadi promadona di tahun 60’an. Foto dari sini

Ceritanya berawal ketika Hong Kong mengekspor barang dan baju ke Indonesia di tahun 1960. Sejak saat itu, Indonesia yang saat itu masih menggunakan baju tradisional bergeser menggunakan baju-baju impor dari Hong Kong yang bagus-bagus.

Orang Indonesia pun sering mengartikan semua hal “dari Hong Kong” adalah segala hal yang berhubungan dengan hal bagus dan sempurna. Seakan-akan Hong Kong merangkum segala keterbatasan dan ketidaklengkapan.

Intinya, Hong Kong adalah segalanya

Sehingga, kata “..dari Hong Kong” sering menjadi kata untuk mengartikan berbagai hal.

***

Meskipun dua versi cerita ini masih belum diketahui kevalidannya, tapi saya rasa dua cerita ini cukup membantu kamu yang penasaran mengapa “Hong Kong” selalu dipermasalahkan oleh orang-orang di Indonesia.

Kamu punya versi cerita yang berbeda dengan saya? Boleh deh tulis ceritamu di kolom komentar agar ceritamu bisa dibaca oleh para pembaca Phinemo.

banner experience