Sidebar

Antisipasi Kebakaran Hutan, Ganjar Pranowo Akan Tutup Seluruh Gunung di Jawa Tengah

Antisipasi Kebakaran Hutan, Ganjar Pranowo Akan Tutup Seluruh Gunung di Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berinisiatif melakukan penutupan jalur pendakian semua gunung di Jawa Tengah demi antisipasi kebakaran hutan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Jazuli

Foto dari berita360

Melalui akun twitter dan sejumlah dialog dengan masyarakat, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencoba berinisiatif melakukan penutupan jalur pendakian semua gunung di Jateng untuk sementara. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi serius terhadap kebakaran gunung pada puncak musim kemarau. Namun ide ini masih menimbulkan pro-kontra.

Ganjar mendapat laporan bahwa seluruh gunung di Jateng seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Slamet dan bahkan Gunung Lawu seluruhnya sudah terdampak kebakaran.

Terkait kebakaran Gunung Lawu yang kini sudah merembet ke wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, Ganjar mengaku sudah mengintruksikan langsung tim SAR, BPBD, TNI-Polri untuk turun langsung memadamkan api. Meski begitu, pihaknya mengakui cukup sulit mengatasi kebakaran gunung karena luasan lahan dan belum adanya alat pemadaman yang canggih.

“Saya minta masyarakat jangan naik gunung dulu, dan juga ikut bergerak membantu pemadaman,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, kebakaran Lawu harus jadi pelajaran bagi kita. Harus ada peringatan bagi pendaki untuk tak sembarangan membuat api unggun di gunung.

“Dulu, haram untuk membuat api unggun di gunung. Apalagi musim kering. Kalau api merembet sedikit larinya sudah akan jauh,” ujar Ganjar yang bernah menjadi Ketua Mapala Universitas Gajah Mada, Yogyakarta itu.

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END