Sidebar

9 Alasan Mengapa NTB Layak Disebut Sebagai 'Bali Baru'

9 Alasan Mengapa NTB Layak Disebut Sebagai 'Bali Baru'

Bahkan Gunung Rinjani, Lombok, NTB memiliki tingkat ketenaran yang lebih jika dibandingkan dengan Gunung Agung di Bali.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Siapa sih yang nggak kenal dengan Bali? Bahkan seluruh dunia pun tahu Bali dengan baik.  Pulau dengan budaya yang melekat kuat dengan pantainya yang indah.

Dengan gugusan pulau yang terhampar indah dari Sabang hingga Meraoke, Indonesia sebenarnya memiliki banyak pulau dengan keindahan dan kebudayaan yang kental layaknya Bali. Salah satunya adalah Nusa Tenggara Barat.

Menurut saya, NTB layak disebut sebagai Bali baru, mengapa? Ini alasannya!

Sama halnya dengan Bali, NTB juga memiliki rumah adat yang unik

Foto dari sini

Rumah adat di NTB, khususnya di Pulau Sumbawa sering disebut dengan Dalam Loka Samawa, rumah adat atau istana yang didirikan dan dikembangkan oleh pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III ini hingga sekarang masih berdiri kokoh.

Selain adanya rumah adat di Pulau Sumbawa, masih banyak rumah adat Bale, rumah adat suku Sasak di dusun Sade. Rumah adat ini  terdiri dari berbagai macam Bale yang semuanya beratap jerami atau alang –alang dan memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Jika Bali memiliki tari tradisional, NTB juga memiliki tari tradisional yang nggak kalah kece

Tari Oncer. Foto dari sini

NTB terkenal dengan tarian yaitu Tari Lenggo dan Taro Batu Nganga. Meskipun begitu, masih banyak tarian-tarian lain yang dimiliki oleh NTB.

Karena memiliki campuran antara Hindu, Islam, dan Kristen, NTB benar-benar kaya akan tarian tradisonal.

Kalau Bali punya Pantai Kuta, NTB punya sederet pantai Indah yang masih asri dan memiliki keunikan warna seperti Pantai Pink

Pantai Pink NTB. Foto dari sini

Pantai-patai yang terkenal di NTB adalah si Pantai Pink di Lombok. Ada juga pantai Senggigi, pantai Kuta Lombok, pantai Gili Meno, pantai Pulau Kenawa, pantai Pulau Mayo, dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya.

Kamu nggak bakalan kehabisan pantai jika berada di NTB.

Bali memang terkenal dengan dunia malam yang tak pernah mati, kalau NTB malah punya pulau khusus untuk party

Dunia malam di Gili Trawangan. Foto dari sini

Gili Trawangan terkenal dengan fasilitas yang sangat lengkap. Mirip dengan Bali. Jika dibandingkan dengan Bali, Gili Trawangan memiliki aktivitas party yang lebih intensif. Hem.. Kurang lengkap apa coba NTB?

Kalau Bali punya makanan khas Bebek Betutu, NTB punya Ayam Taliwang dengan cita rasa yang khas

Ayam Taliwang terkenal di kalangan para turis yang mengunjungi Lombok. Foto berasal dari sini

Soal makanan khas, NTB tidak kalah dengan Bali. Ayam Taliwang yang merupakan salah satu masakan khas Lombok, NTB banyak memiliki penggemar. Bukan hanya dari kalangan turis dalam negeri, tapi juga turis mancanegara. Inilah salah satu alasan mengapa NTB layak disebut sebagai “Bali baru”.

Kalau di Bali para Turis harus naik bus komotra unik untuk masuk ke wisata Pantai Kuta, NTB juga memiliki transportasi unik bernama Cidomo untuk keliling Lombok

photo daritravelblog.org

Nggak cuma Kuta yang punya transportasi unik dan khusus. Lombok, NTB juga memiliki transportasi bertenaga kuda untuk mengelilingi Pulau Lombok.

Bali terkenal dengan keramah-tamahan warga lokalnya, warga lokal NTB pun tak kalah ramahnya

Foto dari sini

Teman saya pernah bercerita tentang keramah-tamahan warga NTB kala ia traveling ke sana. Tak kalah dengan warga Bali.

Bali terkenal sebagai “Pulau Seribu Pure”, NTB memiliki “Pulau Seribu Masjid”

Foto dari sini

Pulau Lombok terkenal dengan nama “Pulau Seribu Masjid”. Warganya yang mayoritas beragama islam memiliki adat tersendiri yang mana memiliki sebutan yang hapir mirip Pulau Bali, “pulau seribu Pure”.

Kalau Bali punya Gunung Agung, NTB punya gunung yang nggak kalah keren, yaitu Gunung Rinjani

foto berasal dari sini

Bahkan Gunung Rinjani memiliki tingkat ketenaran yang lebih jika dibandingkan dengan Gunung Agung. Pemandangan di Danau Segara Anak dan puncak yang indah membuat para wisatawan berbodong-bondong ke Gunung Rinjani.

NTB memang sudah layak disebut the next Bali.

***

Ada banyak hal yang membuat NTB layak disebut sebagai Bali baru. Selain beberapa hal di atas, mungkin masih banyak hal yang membuat NTB layak disebut sebagai penerus Bali. Setuju dengan nggak? Apalagi dengan keberadaan Gili Trawangan yang sudah terkenal seantero jagat.

Baca juga:

SHARE :


Rekomendasi

FALLBACK
The END