Inilah Rangkaian Acara Banyuwangi Festival 2017! Catat Tanggalnya Ya!

Sumber Foto

Banyuwangi tahun ini akan menggelar “Banyuwangi Festival 2017”. Event yang sudah menjadi acara tahunan ini akan mengusung 72 event lho gais! Pasti ramai dong! Beberapa event pentingnya akan kami ringkas di sini. 

Janjian ke Banyuwangi yuk…!

1. Festival Bambu (12-13 Mei)

Penasaran dengan acaranya!Sumber Foto

Sama halnya dengan Banyuwangi Sail Yacht festival, Bambu festival ini pun tergolong ragkaian acara baru untuk festival Banyuwangi 2017 ini. Biar menjawab rasa penasaran, Kamu pun bisa langsung datang ke sana untuk menyaksikan acara itu ya gais!

2. Barong Ider Bumi (26 Juni)

Wah seru ya lihatnya Sumber foto

Barong Ider Bumi ini merupakan acara tradisi Bayuwangi, lho! Tradisi ini pun ikut di festivalkan demi memeriahkan festival Bannyuwangi. Saat Kamau datang pada bulan Juni mendatang Kamu bisa menyaksikan pertunjukan Barong Ider Bumi. Perunjukan ini diadakan setiap tanggal 2 syawal lho gais! Jadi Kamu jangan sampai ketinggalan menyaksisakan keseruannya. 

3. Seblang (30 Juni & 5 September)

Seblang merupakan tarian mistis yang ebrasal dari Banyuwangi. Penari ini biasanya menggunakan mahkota yang disebut omprok dengan hiasan janur kuning dan ratusan bunga segar di atasnya. Penari ini nantinya akan kerasukan roh Sang Hyang.

Membayangkan memang seram, tapi tarian ini sudah turn temurun lho! Penarinya pun berasal dari keturunan penari sebelumnya. Sambil diiringi 28 gending dan diawali oleh gending Lukito yang dipercaya oleh masyarakat sebagai gending pemanggil arwah.  

4. Banyuwangi International Ijen Green Run (23 Juli)

Ayo lari biar menang Sumber Foto

Kamu hobi lari? Nah, kalau iya Kamu bisa mengikuti acara Banyuwangi Internasional Ijen Green Run Juli nanti. Kamu akan diajak berlari sambil menikmati panorama alam perkebunan, sungai dan lereng gunung ijen Banyuwangi.  

5. Tumpeng Sewu (24 Agustus)

Wah enaknya makan bersama Sumber Foto

Pada acara tumpeng sewu Kamu akan melihat ribuan tumpeng yang digelar oleh warga Using Kemiren. Ritual masal ini dilakukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat yang diterima selama ini. Acara ini digelar satu minggu sebelum Idul Adha, jadi jangan sampai salah jadwal ya!

6. Kite and Windsurfing Competition di Pulau Tabuhan (26-27 Agustus)

wah hebat banget ya! Sumber Foto

Beselancar di pulau Tabuhan? Seru kali ya? Jika Kamu tidak bisa melakukannya, Kamu bisa kok jadi penontonnya. Menikmati para peselancar profesional beraksi. Selain itu Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

7. Banyuwangi Beach Jazz Festival (2 September)

Acaranya rame ya! Sumber Foto

Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) yang digelar kali keempat di Pantai Boom, Banyuwangi, sukses memukau penonton. Pada tahun ini acara serupa pun akan di gelar lagi. Kalau dulu menampilkan Adera, Bunglon, Barsena Bestandhi, Rizky Febrian, Raisa dan Tulus yang berhasil membius penikmat musik jazz. Tahun ini akan diisi oleh siapa ya? Tentunya tak kalah seru dengan tahun sebelumnya dong!

8. Kebo-keboan (14 September & 1 Oktober)

kebonya serem ya! Sumber Foto

Kebo-kenoan ini merupakan tradisi suku Osing Banyuwangi untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Acara ini digelar setiap tahun pada tanggal 1 Muharan. Tujuannya untuk meminta keselamatan. Jika Kamu penasaran dengan acara ini Kamu bisa datang pada tanggal yang sudah dijadwalkan. 

9. Banyuwangi Sail Yacht Festival (15 September) 

penasaran acara baru ini Sumber Foto

Banyuwangi Sail Yacht ini merupakan acara baru yang akan digelar pertama kali di Banyuwangi September mendatang lho! Jika Kamu penasaran maka Kamu bisa catat dulu tangalnya ya! 

10. Internasional Tour de Banyuwangi Ijen  (27-30 September)

Ayo gowes Sumber Foto

Tahun lalu even ini diikuti puluhan peserta dari berbagai negara lho! Internasional Tour de Banyuwangi Ijen merupakan ajang balap sepeda gais. Kamu yang hobi gowes bisa nih ikut acara ini bulan September mendatang! Jangan sampai ketinggalan! 

11. Petik Laut (4 & 23 Oktober)

Kapalnya bagus Sumber foto

Ritual petik laut ini dilaksanan setiap tahun lho! Dan masuk dalam rangkaian acara Banyuwangi Festival 2017 Saat Kamu datang pada bulan Oktober nanti Kamu akan melilat ribuan masyarakat memenuhi Pelabuhan Muncar, Banyuwangi. Apalagi kalau nggak mengikututi ritual petik laut. Ritual ini diadakan rutin setiap taggl 15 Syuro kalender Jawa atau 15 Muharram penanggalan Islam. 

12. Jazz Ijen (6-7 Oktober)

Wah ini pasti seru kalau nonton bareng gebetan Sumber foto

Pertunjukan musik Jazz ini pasti sudah Kamu tunggu-tunggu kan? Kamu bisa menikmatinya pada tanggal 6-7 Oktober. Alunan musik Jazz dapat Kamu nikmati lho di atas pegunungan. Tentunya akan menimbulkan kesan romantis bila Kamu mengajak pasangan untuk menikmati acara ini. 

13. Festival Gandrung Sewu (8 Oktober)

wah penarinya kompak ya! Sumber Foto

Festival gandrung sewu menjadi agenda unggulan Banyuwangi Festival 2017, lho! Kamu sebagai wisatawan dapat langsung datang dan menikmati pertujukan tarian yang dibawakan oleh ribuan penari perempuan. Tarian yang akan dibawaka adalah Tari Gandrung Sewu dan Kamu bisa menikmati pertujukan itu dengan view selat Bali. Gimana? Menarik kan?

14. Banyuwangi Ethno Carnival (11 November)

Ini jangan sampe lewat Sumber Foto

Saat Kamu datang ke Banyuwangi Festival 2017, pada tanggal 11 November besok, Kamu disuguhi oleh puluhan manusia yang sedang meragakan beragam busana pada acara Banyuwangi Ethno Festival 2017. Tahun lalu acara ini mengusung tema legeda Banyuwangi, Sri Tanjung Sidopekso. 

Biar Kamu nggak penasaran Kamu bisa menyempatkan waktu untuk menyaksikannya. Jangan sampai terlewat ya gais!

*** 

Catat semua jadwalnya ya! Jangan sampai Kamu ketinggalan acara seru ini! 

Baca juga artikel mengenai event yang ada di Indonesia tahun ini ya!

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar