facebook pixel

9 Wisata Patung di Indonesia yang Belum Banyak Diketahui Orang

Nah kalau Kamu bosan dengan wisata alam kayak gunung maupun pantai, wisata patung ini nggak kalah keren kok!


patung guan yu

Patung Guan Yu di Tuban. Sumber foto.

Kontroversi Patung Guan Yu di Tuban, Jawa Timur jadi perbincangan hangat akhir-akhir ini nih guys. Patung tersebut menuai banyak protes dari warga sekitar karena tingginya. Selain itu, Patung Guan Yu ini dianggap tidak sesuai dengan ajaran agama, karena dianggap menduakan Yang Maha Esa.

Patung Guan Yu tersebut didominasi warna hijau, kuning emas, dan coklat, selain itu patung Guan Yu ini menghabiskan dana sekitar Rp 2,3 M. Guan Yu adalah jenderal perang pada Zaman Tiga Negara. Bagi Kamu penggemar game Dynasti Warrior atau ‘penggemar cerita 3 kerajaan’ pasti nggak asing lah ya sama dia.

Nah tapi selain Patung Guan Yu yang berada di Tuban itu, masih banyak lho wisata patung-patung-an yang ada di Indonesia yang nggak kalah menarik. Mau tahu apa aja? Simak yuk di bawah ini:

#1. Patung Budha Tidur, Mojokerto

patung budha mojokerto

Patung Budha Tidur di Mojokerto. Keren nggak? Sumber foto.


Patung ini terletak di Maha Vihara Majapahit, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto.


Patung ini menjadi Patung Budha terbesar ke-3 di dunia lho guys! Mantap yekan?

Jadi kalau Kamu lagi jalan-jalan ke Mojokerto, Kamu wajib sih mengunjungi patung ini. Kan lumayan bisa pamer biar dikira lagi liburan di Thailand. Ditambah, Kamu juga bisa mempromosikan tempat ini biar makin rame pengunjung!

#2. Patung Garuda Wisnu Kencana, Bali

gwk bali

Garuda Wisnu Kencana yang wajib dikunjungi kalau ke Bali. Sumber foto.


Terletak di Jalan Raya Uluwatu Desa Ungasan Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali


Garuda Wisnu Kencana (GWK), menjadi rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi di Bali.

Kamu nggak akan kesusahan kalau mau ke sini, nggak perlu buka peta pasti udah gampang bermodalkan tanya-tanya orang.

Patung GWK ini direncanakan akan memiliki tinggi sekitar 126 meter dan lebar 60 meter, namun saat ini patung tersebut belum terselesaikan. Kita doakan ya guys biar cepet jadi patungnya.

#3. Patung Yesus, Toraja

patung yesus toraja

Mirip di Rio de Janeiro, Brazil ya? Sumber foto.


Berada di Bukit Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi Selatan


Di Tana Toraja, kamu bakal menemukan patung ini nih. Patung ini berada di atas bukit bernama Bukit Buntu Burake. Berada di atas ketinggian 1100 mdpl, berdiri kokoh Patung Yesus dengan tinggi sekitar 40 meter.

Sekilas lihat, patung ini mirip Patung Yesus yang ada di Rio de Janeiro, Brasil. Jadi kamu yang pengen ke Brasil tapi belom kesampaian, bisa nih foto di sini biar dianggep udah berhasil ke Brasil.

#4. Patung Merlion, Bontang

patung merlion bontang

Mirip banget ya sama yang di Singapura? Sumber foto.

Jangan kaget guys! Ini bukan di Singapura lho, tapi ada di Bontang, Kalimantan Timur. Patung ini memang mirip dengan patung yang menjadi ikon di Singapura, bahkan namanya aja sama, yaitu Patung Merlion.

Patung ini menghadap ke Kilang Badak LNG, dan di samping patung ini terdapat sebuah cafe bernuansa Singapura, Cafe Singapore namanya. Makin terlihat seperti di Singapura ya?

Nah kalau kamu ke sini, jangan lupa buat berfoto di bawahnya ya guys!

#5. Patung Dewa Murugan, Langkat

patung dewa murugan

Patung Dewa Murugan di Kabupaten Langkat. Sumber foto.


Patung ini dapat kamu temui di Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara


Patung ini tingginya sekitar 16 meter lho! Dan kamu nggak perlu jauh-jauh ke Malaysia kalau pengen ketemu Patung Dewa Murugan ini, cukup ke Medan aja udah ketemu sama dia.

Patung ini berada di sekitar Kuil Shri Raja Rajeswari Amman Kovil. Semua bahan dan pekerjanya didatangkan dari India lho! Patung ini sendiri dibangun pada tahun 2012.

Dewa Murugan adalah dewa perang yang melindungi Tamil. Nah bagi Kamu yang pengen ke sini, Kamu bisa masuk ke kuil ini karena dibuka setiap hari, namun hanya sampai pukul 12.00 saja. Jangan lupa tuk berfoto ya!

#6. Patung Kwan Im, Pematang Siantar

Siapa yang nggak tahu dia? Sumber foto.


Berada di Komplek Vihara Avaloskitespera, Kota Pematang Siantar


Bagi kamu yang mengikuti kisah Sun Go Kong, pasti nggak asing dengan nama Kwan Im. Dalam cerita tersebut Kwan Im banyak membantu Sun Go Kong ketika dia mengalami kesulitan, tapi tak jarang juga menghukum jika Sun Go Kong melakukan kesalahan.

#7. Patung Bunda Maria, Maumere

patung bunda maria maumere

Patung Bunda Maria di Maumere. Sumber foto.


Berada di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Flores


Berlibur di Flores? Jangan cuma ke pantainya aja yaa! Kamu juga harus mengunjungi salah satu patung terbesar di Indonesia. Berada di Desa Wuliwutik, patung ini berdiri kokoh dengan tinggi mencapai 28 meter.

Jika kesini pastikan dalam keadaan fit yaa! Karena kamu bakalan mendaki Bukit Nilo dan jalannya cukup terjal. Selain digunakan untuk berfoto, patung Bunda Maria ini juga digunakan untuk kegiatan kerohanian juga lho. Jadi tetap hormati mereka yaa.

#8. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Manado

Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus memberkati di Manado. Sumber foto.

Patung Yesus Memberkati di Manado ini  memiliki tinggi 30 meter dengan penopang setinggi 20 meter, sehingga total tinggi patung ini adalah 50 meter. Uniknya, dengan tinggi 50 meter tersebut, patung ini dapat berdiri kokoh meski mempunyai kemiringan 20 derajat! 

#9. Patung Jalesveva Jayamahe, Surabaya

Patung Jalesveva Jayamahe

Wih gagah banget ya posenya? Sumber foto.

Kamu dapat menemukan patung ini di Kota Surabaya. Bernama Patung Jalesveva Jayamahe, yang berarti di “di lautan kita jaya”, patung ini berdiri dengan kokoh setinggi 30,6 meter.

Pembangunan patung ini memakan waktu selama 6 tahun. Lama juga ya?

Selain untuk spot berfoto, di patung ini juga ada museum TNI AL-nya juga lho, tapi harus izin ke petugas dulu sih untuk masuk. Di dalam museum, Kamu bisa lihat miniatur dan model kapal-kapal yang udah pernah dipakai oleh TNI AL.

Selain itu ada suvenir juga yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh.

Kalau lapar? Tenang aja di sini juga ada pujasera yang menjual berbagai macam kuliner, jadi kamu nggak akan kelaparan kok.

***

Nah kalau Kamu bosan dengan wisata alam kayak gunung maupun pantai, wisata patung ini nggak kalah keren kok. Emang Indonesia ini lengkap ya, mau apapun ada semua!

banner experience