facebook pixel

Liburan itu penting banget buat produktivitas karyawan. Kalau perusahaan pelit ngasih jatah libur, ya udah.. terima aja kita kerja seadanya

Nggak munafik, setiap pekerja pasti butuh liburan. Kamu yang bekerja begitu keras demi keuntungan perusahaan pun sudah selayaknya dapat penghargaan yang pantas. Nggak cuma berupa barang atau pun uang, sepertinya dibiayi liburan gratis ke destinasi impian bakal lebih menyenangkan, seperti yang dilakukan perusahaan Cohesity ini. 

liburan perusahaan

Foto kebersamaan para karyawan Cohesity dan keluarganya saat liburan di Hawaii. Sumber foto

Cohesity, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi di bagian sistem hyperconverged secondary storage ini memberikan penghargaan yang nggak biasa buat karyawannya. Jika umumnya perusahaan memberikan reward berupa bonus duit, Cohesity berikan paket liburan gratis ke Hawaii buat 110 karyawannya. Yang bikin iri lagi, masing-masing karyawan berhak mengajak keluarganya buat ikutan liburan bersama! Duh, mau dong kerja di sana.

Nah, ternyata nih nggak cuma Cohesity aja yang memanusiakan karyawannya dengan sangat baik. Ada 10 perusahaan terkemuka di dunia yang ngasih penghargaan fantastis atas kerja keras karyawannya. 

1. Pertama, ada perusahaan Web Development Basecamp yang memberikan paket liburan buat karyawannya dan bonus uang sebesar 53 juta rupiah!

Setiap tahunnya, Basecamp ngasih 16 pilihan paket perjalanan. Kalau kerja di sana, Kamu boleh memilih satu paket perjalanan manapun yang Kamu suka. Sudah dikasih paket liburan gratis, Kamu juga bakal dapet uang jalan. Nominalnya sebesar 53 juta rupiah! 

2. Sedangkan BambooHR, mengizinkan karyawannya liburan kemanapun yang mereka mau dengan uang saku sebesar 26 juta rupiah

Peraturan ini berlaku buat karyawan BambooHR yang udah bekerja minimal 6 bulan. Kalau sudah lewat masa itu, Kamu bisa dapat liburan kemanapun yang Kamu mau dan dapatkan uang saku sebesar 26 juta rupiah! 

3. Yang lebih bikin mupeng lagi adalah penghargaan yang diberikan perusahaan perjalanan G Adventure Tours. Mereka berikan kebebasan kepada karyawannya untuk memilih tour perjalanan gratis selama 17 hari 16 malam dengan uang saku sebesar 53 juta rupiah! AMAZING! 

Nggak cuma sampai di situ aja. Bahkan, G Adventure juga menyediakan biaya penerbangan hingga 10 juta rupiah! Kurang apalagi coba? Ikutan tour gratis, tiket pesawat dibayarin, udah gitu dapat uang saku lagi! Such a heaven, right?!

4. Lalu, ada perusahaan FullContact content management yang membayar karyawannya 100 juta rupiah untuk liburan! 

CEO FullContact Bart Lorang mengatakan bahwa anak buahnya harus liburan, nggak boleh terhubungkan dengan sosial media, dan meninggalkan segala pekerjaannya selama 15 hari kerja. Nah, untuk bisa dapatkan fasilitas tersebut, karyawannya harus penuhi kriteria yang udah ditentukan perusahaan. 

5. Menganut konsep reward yang diberikan FullContact, MOZ berikan kesempatan buat karyawannya untuk nikmati liburan selama 21 hari dengan uang saku sebesar 53 juta!  

Prinsip yang diterapkan MOZ, kalau Kamu nggak ngambil jatah liburan yang diberikan, ya udah Kamu nggak bakal dapat kesempatan itu lagi. MOZ hanya ngasih kesempatan setahun sekali. Lagi pula nih, emangnya ada gitu, yang nyianyiakan kesempatan emas kayak gini? 

6. Yang unik adalah aturan yang diberikan perusahaan EVERNOTE. Karyawan yang ambil cuti liburan 5 hari kerja berturut-turut dapat bonus uang 13 juta rupiah

Kata CEO Evernote, karyawan mereka memang wajib banget liburan. Setelah jalan-jalan, karyawan bakal lebih produktif dan berikan ide-ide cemerlang. Tentunya berdampak positif juga kan buat kemajuan perusahaan? Bos idaman banget nih.

7. Perusahaan agency thinkParallax menawarkan program liburan kemana aja kepada karyawannya dengan uang saku sebesar 20 jutaan 

Tahun lalu, semua karyawan thinkParallax diberikan liburan gratis ke Meksiko dan mewajibkan setiap karyawannya untuk menuliskan pengalaman liburan mereka di blog pribadi.

Duh, kalau cuma nulis di blog doang, mah, mau banget. 

8. AFAR Media Travel Company mengizinkan anak buahnya untuk liburan selama 30 hari dengan uang saku 26 juta rupiah

Mereka percaya banget dengan kekuatan jalan-jalan. Maka, AFAR Media nggak tanggung-tanggung berikan banyak hari libur buat karyawannya. Bahkan, untuk karyawan senior bisa dapatkan jatah liburan yang lebih panjang! 

9. Yang terakhir ada AirBnB yang sediakan uang sebesar 26 juta rupiah kepada para karyawannya untuk menikmati liburan dan paket perjalanan

Nominal uang sebesar 26 juta rupiah ini akan dipergunakan karyawan untuk menyewa AirBnB dimanapun yang ada di planet ini. Selain itu, total uang saku yang diberikan pun merupakan penggabungan dari kupon perjalanan wisata dan biaya sewa AirBnB yang bisa kadaluwarsa kalau nggak segera dipakai. 

***

Well, memang sudah seharusnya sih kita sebagai pekerja dapatkan jatah libur yang nggak cuma sehari atau pun dua hari doang. Minimal seminggu berturut-turut deh. Terus lebih seru lagi kalau dapat uang saku buat liburan. Hahahhaha… semoga sih Pak Bos Phinemo.com dan perusahaan-perusahaan lainnya baca tulisan ini dan terbukakan pintu hatinya. Lalu, ngasih kita jatah liburan dan uang saku juga. 😀 

banner experience