Sidebar

9 Destinasi Unggulan Buat Kamu yang Mau Mudik ke Tegal

Bukankah lebaran nggak lengkap kalau nggak jalan-jalan bareng keluarga?

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Lebaran nggak lengkap kalau nggak jalan-jalan, betul? 

Sudah masuk H-5 menjelang lebaran, pastinya udah banyak yang mulai mudik ke kampung halaman. Salah satu kota di Jawa Tengah yang jadi tujuan mudik adalah Tegal. Kota yang dikenal dengan dialek “ngapak-nya” ini ternyata punya banyak potensi wisata buat Kamu jelajahi saat mudik nanti.

Kalau Kamu lagi mudik di Tegal, mending jalan-jalan ke tempat-tempat ini aja gengs. Ajak keluarga, saudara, atau temen-temen Kamu buat ngerasain keseruan libur lebaran.

#1 Destinasi pertama adalah pemandian Air Panas Guci. Kamu bisa ajak keluarga buat berendam rame-rame di pemandian air panas Guci sambil menghirup udara segar pegunungan

Serunya berendam di air panas Guci. Sumber foto

Capek setelah berhari-hari mudik di perjalanan? Tenang, pemandian air panas Guci siap membuat tubuhmu rilkes dan bugar kembali. Pemandian air panas alami ini emang selalujadi favorit buat warga Tegal dan sekitarnya. 

Nggak cuma bisa berendam di mata air panasnya, ada juga penginapan atau villa dengan fasilitas kolam air hangat. Kamu dan keluarga bisa menginap di sini biar lebih puas.

Salah satu villa yang ada di Guci. Sumber foto

#2 Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati semilir angin di Pantai Alam Indah

Serunya main air di Pantai Alam Indah. Sumber foto

Pantai selalu jadi tempat wisata favorit, nggak cuma buat keluarga tapi juga anak-anak muda. Pantai Alam Indah tegal jadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi. Selain garis pantainya yang panjang dan landai, di pantai ini juga ada spot fotogenik berupa jalan kayu yang mengarah ke tengah laut.

Ada juga Monumen dan Museum Bahari di sini. Makin lengkap dengan sajian makanan khas Tegal dan sunset yang luar biasa cantik saat sore hari.

#3 Bosan dengan suasana kota yang gerah dan penuh polusi? mainlah ke Waduk Cacaban yang masih hijua dan alami ini

Bisa keliling waduk dengan kapal juga lho. Sumber foto

Di Waduk Cacaban ini Kamu nggak cuma bisa menikmati keindahan waduk yang masih alami dan sejuk. Tapi bisa juga melihat cantiknya Gunung Semar, Bukit Mbah Santi dan rerumputan hijau luas yang sering dijadikan area gembala kerbau. Suasana khas pedesaan.

Kamu juga bisa sewa kapal untuk berkeliling waduk. Ada juga fasilitas lain seperti panggung hiburan, taman bermain anak, warung apung, area road race, dan juga rumah makan yang menyediakan makanan khas tegal.

#4 Yang terbaru, Tegal punya Transmart! Kamu bisa ajak ponakanmu buat menjajal wahana permainan di Trans Studio Mini Tegal yang nggak kalah seru dengan Trans Studio Bandung!

Serunya main wahana permainan kayak jaman kecil dulu. Sumber foto

Ada wahana bermain baru di Tegal lho. Trans MiniStudio  ini kayak miniaturnya Trans Studio yangada di Bandung. Ada banyak permainan yang bisa dicoba di sini. Misalnya bumper car, new york swing, city convoy, happy swing, sky rider, sky scraper, soft play dan crazy cab coaster.

Jadi tempat yang cocok buat menghabiskan waktu libur lebaran dengan anak, sepupu atau ponakanmu.

#5 Kalau Kamu rindu dengan suasana alam yang Tegal, bolehlah mampir ke Curug Pengantin Cawitali 

Wih, asyik ya bisa bersantai gitu. Sumber foto

Disebut curug penganten soalnya tempat ini punya dua air terjun yang berdampingan, kayak sepasang pengantin gitu. Posisinya yang berada di cerukan tanah, bikin Kamu serasa dikepung batuan raksasa saat turun ke area aliran sungainya.

Mumpung lagi pulang kampung, nggak ada salahnya juga kan eksplore destinasi alam yang cantek kayak gini.

#6 Yang nggak kalah seru, berkeliling perkebunan tebu dengan kereta antik jaman dulu! Tertarik buat nyoba?

Menikmati sisa-sias jaman kolonial di Tegal. Sumber foto

Ada yang unik nih di Tegal. Kamu bisa lho berkeliling perkebunan tebu yang luas dengan menggunakan kereta antik jaman dulu. Kamu sekeluarga bisa datang ke Agro Wisata Loco Antik. Agro wisata ini ternyata dikelola oleh PG. Pangkah yang dulunya adalah milik Belanda. 

Bakal jadi pengalaman yang seru pastinya ya, apalagi kalau ngajak ponakan-ponakanmu.

#7 Kamu bisa memacu adrenalinemu dengan berkeliling kebun di Kaki Gunung Slamet dengan ATV di Sulaku Bumi Jawa Park

Liburan asyik kalau bisa main ATV gini. Sumber foto

Sulaku Bumi Jawa Park hampir mirip dengan Wisata Alam Umbul Sidomukti yang ada di Semarang. Di Sulaku Kamu bisa menjajal kolam renang yang memiliki air dengan suhu sekitar 20 derajat celcius sambil menikmati hijaunya alam di kaki Gunung Slamet. 

Serunya lagi Kamu bisa menjajal permainana ATV untuk berkeliling area wisata. Ada juga area outbound, tempat bermain, kedai jamu, agrowisata, area futsal dan juga penginapan. Cocok buat liburan bareng keluarga besar deh!

#8 Bagaiaman kalau Kamu menjajal serunya bermain air di kolam ombak Gerbang Mas Bahari Waterpark?

menjajal kolam ombak di Gerbang Mas Bahari Waterpark. Sumber foto

Karena Tegal dikenal sebagai Kota Bahari, jadi nggak heran kalau ada banyak destinasi wisata yang berbau-bau air. Gerbang Mas Bahari Waterpark jadi salah satu wahana bermain air favorit di tegal. Ada wahana kolam ombak yang selalu jadi primadona di area waterpark ini.

Ngajak keluarga main air bareng di Gerbang Mas Bahari Waterpark kayaknya seru deh ya. Hehe..

#9 Reunian sama temen lama, asyiknya sih kalau sambil hunting foto di Bukit Balapulang

Bisa jadi stok foto instagrammu nih. Sumber foto

Bukit Balapulang jadi salah satu spot fotogenik favorit di Tegal. Dari bukit ini Kamu bisa menikmati lanskap Kota Tegal dari ketinggian. Cocok buat hunting foto yang cantik dan unik saat Kamu pulang kampung ke Tegal nanti. 

Karena kondisinya yang cukup terjal, jadi hati-hati ya gais!

***

Itu tadi beberapa rekomendasi destinasi yang bisa Kamu kunjungi bareng keluarga atau temen-temenmu saat mudik ke Tegal nanti. Yang pasti sih harus liburan ya, mumpung nih lagi kumpul-kumpul. Kan biasanya setahun nggak ketemu. Biar makin greget kumpul keluarga atau temennya. 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Jadwal Pembukaan Pendakian Gunung di Indonesia di Masa New Normal

Bolu Batik Kukus, Oleh-oleh Baru dari Kota Batik Pekalongan

Bolu Batik Kukus, Kuliner Unik yang Bermotif dan Khas Indonesia

Sejarah Mudik Lebaran, Ternyata Pernah Dilarang Juga Pada Tahun 1946

Cara Refund Tiket Pesawat Online dari OTA, Mudah dan Uang Kembali!

Cara Refund Tiket Air Asia Domestik, Dijamin Uang Kembali!

FALLBACK
The END