Sidebar

7 Kota Teraman di Dunia 2019, Jakarta Tidak Masuk

Safe Cities Index (SCI) dari Economist Intelligence Unit telah memberikan peringkat pada sekitar 60 kota di dunia dalam hal keamanan pribadi dan digital.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Beberapa waktu lalu, Safe Cities Index (SCI) dari Economist Intelligence Unit telah memberikan peringkat pada sekitar 60 kota di dunia dalam hal keamanan pribadi, digital, maupun kesehatan dan infrastruktur. Tiga peringkat teratas kota teraman di dunia dtempati oleh negara-negara Asia, sayangnya Indonesia melalui Jakarta hanya dapat duduk di posisi 53.

Berikut ini disajikan ulasan beberapa kota teraman di dunia berdasarkan penilaian SCI dari Economist Intelligence Unit.

1. Tokyo, Jepang

(globalbasecamps.com)

Tokyo merupakan wilayah satu dari 47 perfektur di Jepang yang menjadi ibukota negara sejak tahun 1869. Awalnya dikenal sebagai Edo, kemudian berubah nama setelah menjadi ibukota kekaisaran yang ditandai dengan pemindahan singgasana Meiji.

2. Singapura

(koalahero.com)

Kota Singapura merupakan ibukota negara dari Republik Singapura yang berlokasi di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya. Kota ini menjadi pusat pemerintahan sekaligus perekonomian negara. Ketatnya sistem kemanan yang canggih membuat kota ini nyaman dan aman untuk wisatawan asing, bahkan solo traveler sekalipun.

3. Osaka, Jepang

(insideosaka.com)

Osaka terletak di wilyah Kansai, Jepang yang ditetapkan sebagai salah satu Kota Terpilih berdasarkan Undang-Undang Otonomi Lokal. Seperti Tokyo, Osaka memiliki tingakt keamanan yang tinggi sehingga sangat jarang terjadi tindak kejahatan yang mengancam secara fisik pribadi. Kasus pencurian data secara digital hampir tidak pernah terjadi di wilayah Osaka.

4. Amsterdam, Belanda

(civitas.com)

Amsterdam merupakan kota terbesar di Belanda yang terletak di wilayah barat negara ini, tepatnya di Provinsi Holland Utara. Saat ini Amsterdam memiliki kedudukan sebagai ibukota dari Kerajaan Belanda yang telah diatur oleh konstitusi 24 Agustus 1815 dan penerusnya. Sistem kemanaan yang canggih membuat Amsterdam masuk dalam deretan peringkat atas sebagai kota teraman di dunia.

5. Sydney, Australia

(marcopolo.tv)

Sydney merupakan kota terbesar di Australia yang menjadi ibukota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki beberapa julukan, beberapa diantaranya adalah The Harbour City, The City of Villages, dan The Emerald City. Sydney sangat memperhatikan keamanan bagi warganya, oleh karena itu sistem keamanan sangat diperketat di kota ini untuk menekan angka kejahatan dan kriminalitas.

6. Toronto, Kanada

(iflymagazine.com)

Toronto menjadi kota terbesar di Kanada yang menjadi ibukota dari Provinsi Ontario. Sebagian besar masyarakat Toronto merupakan keturunan bangsa Eropa yang hijrah ke Benua Amerika. Namun terdapat juga bangsa Asia seperti Tionghoa dan India. Angka kasus kejahatan maupun krimal di Ontario sangat kecil, sehingga menjadikannya sebagai kota yang aman.

7. Washington DC, Amerika Serikat

(viator.com)

Washington DC merupakan ibukota Amerika Serikat yang terbentuk oleh Kongres Amerika Serikat pada 16 Juli 1790. Washington DC begitu istimewa karena tidak menjadi bagian dari negara federasi Amerika Serikat manapun dan secara langsung diawasi oleh pemerintah federal. Washington DC terkenal dengan bangunan White House yang menjadi istana kepresidenan Amerika Serikat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel RedDoorz Mewah dengan Harga Murah di Jakarta untuk Liburan

5 Hotel dengan Penorama Alam Terbaik di Sekitar Jakarta untuk Staycation

Kenapa Hindu di Bali Berbeda dengan Hindu di India? Ini Penyebabnya

Kehidupan Unik Kerajaan Inggris dan Fakta Gila yang Jarang Diketahui

Mendaki Gunung Himalaya Saat Pandemi, Siapkan Uang Rp 72 Juta!

7 Tips Hadapai Resesi, Terus Liburan Tapi Keuangan Tetap Aman

FALLBACK
The END